Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Hernia

Cara Mengobati Penyakit Hernia


Cara mengobati penyakit hernia dapat diupayakan sejak dini. Misalnya dengan melakukan perubahan pola makan sampai konsumsi obat-obatan. Meski demikian, tidak semua jenis hernia dapat diobati tanpa adanya langkah operasi. Penyakit turun berok ini perlu mendapat perhatian sejak munculnya gejala klinis. Tujuannya agar lebih mudah mengobatinya.

Hernia sendiri merupakan penonjolan organ dalam pada bagian permukaan tubuh. Ini dapat terjadi lantaran adanya kelemahan dinding otot dalam tubuh manusia. Dalam beberapa kasus kondisi yang demikian menyebabkan tingkat keparahan. Bahkan penderitanya akan merasakan sakit dan susah buang air besar.

Bila sudah demikian, biasanya dokter menyarankan cara mengobati penyakit hernia dengan tindakan operasi kepada pasien. Lantas apakah penyebab hernia yang menyerang kebanyakan orang? Hernia disebabkan karena faktor kombinasi otot yang meregang dan melemah. Sebenarnya hal tersebut bisa terjadi pada kebanyakan orang lantaran beragam pemicu.

Faktor pemicunya mulai dari bawaan lahir sampai sembelit. Hernia yang juga bisa menyerang pada penderita batuk kronis. Beberapa aktivitas layaknya mengangkat beban berat juga menjadi pemicu munculnya hernia. Selain itu, masih ada komplikasi dan cidera yang bisa menjadi faktor munculnya hernia pada diri seseorang.

Hernia terbagi ke dalam beberapa nama. Pertama yaitu jenis inguinalis yang melibatkan usus atau jeringan perut. Kedua yaitu umbilikalis dengan karakterisitik penonjolan usus di dinding perut. Ketiga hiatus dimana lambung menonjol pada rongga dada. Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengonati hernia seperti di bawah ini.



Pengobatan dengan Mengubah Pola Makan

Cara mengobati penyakit hernia pertama adalah dengan mengubah pola makan. Secara umum pola makan yang teratur menentukan kebiasaan orang tersebut. Dengan demikian pola makan yang sehat juga akan menentukan seberapa sehat orang tersebut. Sebaliknya pola makan yang kurang menyehatkan berpotensi menjadikan orang tersebut terserang penyakit.

Sebagian orang cenderung mengabaikan pola makan. Bahkan justru menganggap pola makan adalah hal yang sepele. Padahal pola makan menjadi akar masalah pada beberapa penyakit. Termasuk salah satunya penyakit hernia. Seorang penderita hernia diwajibkan menjaga pola makan sebaik mungkin. Tujuannya adalah meminimalkan rasa sakit akibat hernia.

Seiring waktu, hernia yang tidak tertangani akan berkembang. Bila sudah seperti ini hernia rentang menjadi penyakit yang parah. Demi menekan perkembangan hernia pada tubuh Anda harus melakukan perubahan pola makan. Artinya jika Anda memiliki pola makan yang tidak baik maka penting untuk mengubahnya.

Cara mengobati penyakit hernia ini cocok bagi Anda yang sudah terkena jenis hiatus. Pasalnya jenis hernia tersebut mengacu pada lambung. Apabila lambung mengalami gangguan maka hal tersebut akan membuat hernia semakin parah. Terlebih lambung merupakan salah satu organ dalam yang sifatnya fital bagi keselamatan tubuh.

Langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi makanan secara berlebihan. Artinya Anda harus mengontrol porsi makan agar seimbang setiap harinya. Hal ini sangat penting demi membuat tubuh terhindar dari obesitas. Selain itu, penderita hernia juga sebaiknya tidak berbaring setelah makan.

Menghindari Sering Mengejan ketika BAB

Cara mengobati penyakit hernia juga bisa Anda lakukan dengan menghindari kebiasaan mengejan. Mengejan merupakan aktivitas mengeluarkan tenaga secara berlebihan saat buang air besar. Kebanyakan orang akan mengejan saat terkena sembelit. Kondisi feses yang keras dan sulit keluar dari anus juga menjadi faktor orang mengejan.

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan mengejan juga bisa memperparah penyakit hernia. Saat Anda mengejan maka bagian tubuh yang mengalami hernia akan mengalami kondisi tidak normal. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda perlu menghentikan kebiasaan mengejan. Langkah yang harus diambil adalah mencari akar masalah tersebut.

Mengejan adalah kondisi dimana Anda memiliki percernaan yang tidak normal. Pencernaan yang tidak lancar menyebabkan Anda susah buang air besar. Tidak hanya itu, penyebab pencernaan kurang lancar adalah kebiasaan terlalu lama duduk. Cara mengobati penyakit hernia ini lebih mudah apabila Anda memulainya dengan hidup sehat.

Kebiasaan menunda buang air besar juga menjadi faktor adanya sembelit. Keadaan sembeli bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Hal ini bertujuan untuk menghindari mengejan saat buang air besar. Sebaiknya konsumsi minum air putih secara rutin untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Tidak hanya itu, cara tersebut akan maksimal jika Anda mengonsumsi makanan seperti sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Konsisten mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu Anda mengatasi sembelit. Apalagi sembelit merupakan pemicu utama Anda mengejan saat buang air besar. Sehingga Anda tidak perlu mengejan lagi.

Memilih Olahraga yang Tepat

Cara mengobati penyakit hernia selanjutnya ialah dengan selektif memilih olahraga. Aktivitas olahraga adalah hal yang mutlak dilakukan. Dewasa ini kegiatan tersebut menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih bagi generasi milenial seperti sekarang menjadikan olahraga sebagai tren hidup sehat. Namun, meski demikian memilih olahraga menjadi penting.

Sejak lama olahraga dikenal sebagai aktvitas yang bermanfaat. Utamanya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda salah memilih olahraga justru berakibat fatal. Tidak selektif dalam memilih olahraga akan berdampak pada berkembangnya beberapa jenis penyakit. Salah satu jenisnya adalah penyakit hernia.

Olahraga memang sah dilakukan setiap orang. Namun, tidak semua jenis olahraga cocok untuk Anda pilih sebagai pelengkap gaya hidup sehat. Cara mengobati penyakit hernia ialah dengan menghindari olahraga berat. Setiap orang memang menginginkan otot yang kuat dan terbentuk. Apalagi hal tersebut bisa menunjang penampilan.

Cara yang dilakukan biasanya dengan melakukan olahraga beban berat. Namun, ingatlah bahwa olahraga tersebut tidak dianjurkan oleh penderita hernia. Olahraga angkat beban berat membuat kerja otot dan organ dalam terbebani. Bila ini terjadi olahraga justru akan memperparah kondisi tubuh Anda.

Langkah yang perlu diambil adalah memilih olahraga yang memperkecil resiko hernia. Olahraga yang tepat biasanya akan membuat berat badan tubuh menjadi seimbang. Pengobatan ini juga efektif jika olahraga dilakukan secara konsisten. Seperti olahraga jalan kaki, yoga dan renang paling cocok untuk pengidap hernia.

Mengonsumsi Obat Hernia denga Tepat

Cara mengobati penyakit hernia terakhir ialah dengan mengonsumsi obat-obatan. Hal ini akan menjadi hal yang penting pada penderita hernia hiatus. Meski begitu obat yang dikonsumsi merupakan resep dari dokter. Sebaiknya, demi kesehatan hindari konsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dengan riwayat penyakit Anda.

Terdapat beberapa jenis obat khusus untuk asam lambung. Penggunaan obat dimaksudkan untuk mengurangi rasa yang tidak nyaman akibat hernia hiatus. Tidak hanya itu, obat tersebut masuk ke dalam golongan antasida. Sementara itu, jenis lain perlu menggunakan obat anti inflamasi non steroid.

Obat untuk penyakit hernia ini diberikan kepada penderita untuk meringankan gejala yang muncul. Sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, penderita perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu. Terutama konsultasi secara medis kepada dokter yang menangani masalah Anda. Tujuannya agar obat bisa memberikan efek maksimal.

Pengobatan penting pada semua jenis penyakit. Terutama pada penderita penyakit hernia. Beragam pengobatan dipadukan dengan kebiasaan baik guna meringankan gejalanya. Apabila gejala yang muncul tidak kunjung sembuh Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Sembari itu, Anda dapat menerapkan cara mengobati penyakit hernia di atas secara mandiri.


Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Hernia"

Berlangganan via Email