Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Cara Mengobati Penyakit Ginjal


Cara mengobati penyakit ginjal tidak boleh asal-asalan. Pasalnya ginjal adalah salah organ yang memiliki kerja penting dalam tubuh. Penyakit tersebut merujuk pada penggambaran setiap gangguan yang acap kali menyerang ginjal. Secara umum jika seseorang terserang penyakit ginjal otomatis mengalami gangguan pada fungsi penyaringan racun dalam darah.

Ginjal sendiri merupakan satu pasang organ di dalam tubuh manusia. Organ tubuh tersebut berbentuk layaknya buah kacang yang letaknya di area punggung dan bagian bawah. Apabila ginjal mengalami gangguan umumnya penderitanya mulai merasakan komplikasi. Hal inilah yang dinilai berbahaya bagi keselamatan setiap orang.

Komplikasi yang terjadi akibat serangan penyakit ginjal adalah penumpukan racun dan limbah di dalam tubuh. Selain itu komplikasi juga menyebabkan anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan organ tubuh tersebut. Lebih-lebih jika Anda melakukan pencegahan sejak dini.

Cara mengobati penyakit ginjal juga mengacu pada jenis-jenisnya. Secara umum penyakit ginjal terbagi ke dalam beberapa jenis dan karakteristik. Mulai dari ginjal kronis, batu ginjal, gagal ginjal, dan infeksi ginjal. Masing-masing jenis penyakit yang menyerang ginjal tersebut dipengaruhi oleh faktor penyebab.

Mengobati ginjal dapat dilakukan dengan melakukan bantuan diagnosis dokter. Hal ini efektif dilakukan untuk mengetahui kondisi dan gejala klinis yang muncul. Namun, setiap penderita harus memahami waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan bagi penderita ginjal.





Pengobatan dengan Diagnosis Dokter

Cara mengobati penyakit ginjal adalah dengan diagnosis dokter. Dalam dunia medis diagnosis medis menjadi sangat penting. Diagnosis dilakukan untuk mengetahui lebih rinci mengenai penyakit Anda. Kegiatan tersebut juga dilakukan dengan tujuan mendeteksi jenis penyakit ginjal yang diderita. Hal ini penting demi mengetahui langkah penanganannya.

Umumnya dokter yang menangani kasus Anda akan melakukan serangkaian pemeriksaan. Anda juga akan diberikan sejumlah pertanyaan seputar gejala yang dirasakan. Pertanyaan awal juga membahas riwayat kesehatan penderita dan keluarga. Barulah dokter nantinya akan melakukan sejumlah pemeriksaan secara fisik kepada pasien tersebut.

Pemeriksaan fisik ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah medis. Seperti menekan bagian pinggang pasien. Hal tersebut dilakukan guna dapat mendeteksi adanya rasa nyeri. Cara mengobati penyakit ginjal dengan diagnosis ini juga melibatkan tanda-tanda khusus. Seperti tanda pembengkakan yang terjadi di area tungkai.

Tanda lain yang diperiksa dan didiagnosis adalah infeksi pada tubuh. Tanda tersebut menyebabkan tubuh mengalami demam. Langkah diagnosis tidak terhenti sampai di situ saja. Setelah melihat sejumlah tanda dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang. Pada tahapan ini terdapat beragam pemeriksaan guna menunjang diagnosis penyakit.

Pemeriksaan penunjang terbagi ke dalam empat hal. Pertama adalah tes dara yang berguna untuk mendeteksi fungsi ginjal. Kedua USG ginjal untuk melihat kondisi dan struktur pada organ tersebut. Ketiga melakukan tes urin dengan tujuan melihat adanya protein, albumin atau bakteri. Terakhir adalah pemeriksaan biopsi ginjal.

Pengobatan dengan Resep Dokter

Cara mengobati penyakit ginjal selanjutnya adalah dengan menggunakan resep atau pilihan obat dari dokter. Obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita ginjal tidak boleh sembarangan. Hal ini perlu menjadi perhatian lantaran salah memilih obat justru memperparah kondisi ginjal. Karena itu sebelum mengonsumsi obat sebaiknya penderita melakukan konsultasi.

Terdapat beragam obat yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit tersebut. Salah satunya yaitu obat untuk mengontrol darah tinggi penderita penyakit ginjal. Sesuai dengan namanya obat tersebut diformulasikan untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh penderita. Tidak hanya itu obat jenis ini efektif menjaga kinerja dan fungsi ginjal.

Pemberian obat untuk mengontrol jumlah kadar kalium dalam darah biasanya juga diresepkan kepada penderita. Obat tersebut diberikan dengan maksud mencegah tubuh terhindar dari komplikasi. Seperti misalnya otot lemas dan jantung berdebar akibat penyakit ginjal. Cara mengobati penyakit ginjal juga dilakukan dengan memberikan antibiotik.

Jenis obat tersebut memang diformulasikan untuk mengatasi terjadinya infeksi bakteri yang biasanya menyerang bagian ginjal. Dokter memberikan resep pengaplikasian obat antibiotik ini. Misalnya dengan mengaplikasikan obat secara oral. Bisa juga melalui suntikan. Pengaplikasiannya juga tergantung dari tingkatan infeksi yang diderita.

Obat yang diresepkan barangkali juga bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan tubuh. Untuk fungsi yang demikian jenis obatnya seperti diuretik. Pemberiannya dilakukan dengan tujuan mengurangi area pembengkakan di tungkai. Selain itu masih ada obat pereda nyeri dan pelemas otot pada saluran kemih.

Pengobatan dengan Gaya Hidup

Cara mengobati penyakit ginjal juga bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Dewasa ini masyarakat dihadapkan pada perkembangan zaman yang pesat. Aktivitas yang padat sering kali menjadi pemicu gaya hidup yang kurang sehat. Hal tersebut jika terjadi dalam waktu lama mempengaruhi kesehatan tubuh.

Termasuk kesehatan organ tubuh yang memiliki peran penting layaknya ginjal. Perubahan gaya hidup sebenarnya bisa dilakukan untuk menghindari adanya penyakit ginjal. Namun, perubahan gaya hidup juga dianjurkan bagi penderita yang sudah didiagnosis mengidap penyakit ginjal. Perubahan gaya hidup dilakukan tentunya demi memulihkan kondisi penderitanya.

Tidak hanya itu, sejatinya mengubah gaya hidup yang tidak sehat menjadi terkontrol sangat bermanfaat. Pada penderita penyakit ginjal misalnya. Hidup sehat secara umum meringankan kinerja ginjal setiap harinya. Cara mengobati penyakit ginjal dengan pola hidup sehat bisa dilakukan lewat banyak hal.

Misalnya mengurangi asupan makanan yang tinggi kolesterol. Anda juga dapat membiasakan diri untuk mengurangi makanan dengan kandungan gula dan garam berlebih. Artinya untuk kesehatan ginjal makanan dan minuma manis harus dihindari. Termasuk konsumsi gorengan yang identik dengan garam dan kolesterol tinggi.

Pola hidup sehat juga dilakukan dengan rutin mengonsumsi air putih dari 2 sampai 3 liter per harinya. Hal tersebut lebih maksimal jika Anda memulai hari dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Untuk menjaga ginjal tetap sehat Anda juga perlu membiasakan diri berolahraga setiap hari.

Pengobatan dengan Tindakan Medis

Cara mengobati penyakit ginjal terakhir ialah dengan melakukan tindakan medis. Langkah yang satu ini perlu diambil apabila kondisi penderita sudah dikategorikan parah. Tindakan medis bertujuan untuk menghindari terjadinya komplikasi. Hal tersebut juga bertujuan untuk mengembalikan kesehatan penderita penyakit ginjal sampai sembuh.

Tindakan medis terbagi ke dalam tiga langkah. Pertama adalah penghancuran batu ginjal. Langkah ini diambil bagi penderita yang terserang batu ginjal dengan ukuran besar. Batu dihancurkan dengan teknik khusus salah satunya ureteroscopic lithotripsy. Tindakan medis kedua yaitu dengan melakukan cuci darah.

Cuci darah diperlukan apabila ginjal penderita tidak berfungsi dengan maksimal. Biasanya penderitanya perlu melakukan prosedur dialiasis. Tujuannya adalah menggantikan peran ginjal di dalam menyaring darah dan racun dari tubuh. Waktu yang dibutuhkan untuk cuci darah secara umum berkisar 3 jam lamanya.

Untuk pencucian darah paling tidak dilakukan 3 sampai 5 kali per minggunya. Terakhir adalah tindakan operasi. Operasi menjadi langkah paling akhir apabila penanganan dan pengobatan lainnya kurang efektif. Terdapat beragam operasi yang berkaitan dengan ginjal. Seperti operasi yang bertujuan untuk mengambil kista di area tersebut.

Pada akhirnya, pengobatan menjadi upaya manusia untuk memulihkan kondisi tubuh. Jika yang bermasalah adalah ginjal sudah selayaknya diobat sejak dini. Apalagi ginjal memiliki peran penting sebagai organ tubuh manusia. Selagi menerapkan cara mengobati penyakit ginjal di atas penderita juga perlu membiasakan diri untuk hidup sehat.

Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Ginjal"

Berlangganan via Email