Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Baterai HP Cepat Habis, Ini Penyebabnya



penyebab batre hp cepat habis

Seputar Ilmu Teknologi - Baterai hp cepat habis membuat aktivitas kalian jadi terhambat karena terlalu sering ngecash. Masalah baterai boros tidak selalu diakibatkan kerusakan baterai, tetapi bisa juga disebabkan pola penggunaan ponsel yang berlebihan.
Pola pemakaian dan spesifikasi baterai mempengaruhi sekali daya tahan baterai hp. Agar dapat menghemat baterai gunakan ponsel dengan bijak, seperti menutup aplikasi yang tidak digunakan dan mengurangi durasi layar aktif.
Melansir berbagai sumber, dan menurut pengalaman pribadi ada beberapa hal yang tanpa disadari menguras daya baterai ponsel.
1. Kecerahan Layar
Semakin terang cahaya layar, daya baterai yang digunakan akan semakin besar. Agar baterai lebih awet, gunakan kecerahan layar yang rendah, tapi dalam batas nyaman untuk mata. Menggunakan wallpaper berwarna gelap juga membuat baterai bisa bertahan lebih lama, karena meminimalisir cahaya yang ditampilkan.
2. Aplikasi di Background
Meskipun layar mati, beberapa aplikasi tetap memperbarui datanya. Hal ini membuat baterai terkuras, sebab sistem terus bekerja menjalankan aplikasi. Agar tidak terlalu boros baterai, matikan mode aktif di latar belakang pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan dan matikan beberapa notifikasi yang tidak terlalu penting.
Untuk aplikasi yang rutin dibuka seperti aplikasi chatting dan sosial media biarkan berjalan di latar belakang agar tetap menerima notifikasi pesan.
3. GPS Aktif
GPS secara berkala meng-update posisi terkini ponsel, melalui koneksi internet. Menjalankan sistem GPS dan koneksi internet membuat baterai semakin terkuras. Oleh sebab itu, matikan GPS jika tidak dibutuhkan dan matikan setelan GPS pada aplikasi tertentu yang tidak butuh pembaruan lokasi.
4. Koneksi Internet
Ketika sambungan data atau Wi-Fi aktif, ponsel akan menerima sinyal internet dan memperbarui data dari sejumlah aplikasi. Aplikasi pun tetap berjalan di balik layar, sehingga menyedot daya baterai terus menerus.
Untuk menghemat daya, matikan internet atau aktifkan mode pesawat agar ponsel bisa beristirahat sejenak, sehingga daya baterai menjadi awet. Hal itu dapat dilakukan di saat tidak ada aktivitas menggunakan ponsel, seperti ketika tidur malam hari.
5. Virus

Cara diatas sudah dilakukan semua tetapi tetap saja baterai boros, mungkin faktor lainnya yaitu ada virus yang bersemayam di sistem hp kalian, coba rutin sebulan sekali scan hp kalian dari virus dan hapus aplikasi yang dirasa kalian tidak install dan mencurigakan.


Jika semua cara diatas tetap saja batrai kalian boros, berarti daya batrainya sudah menurun dan kalian harus mencoba mengganti batrai, jika ada tambahan atau pengalaman kalian bisa di share di kolom komentar juga yaaa.



Post a Comment for "Penyebab Baterai HP Cepat Habis, Ini Penyebabnya"

Berlangganan via Email