Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Root Android Tanpa PC Terbaru 2020






Inilah Cara Root Android Tanpa PC
Anda merasa bosan dengan tampilan ponsel android yang seperti itu saja? Lalu ingin mengubah atau mengutak-atik software supaya tampilan di android anda lebih menarik untuk dilihat? Tenang, ada cara yang cukup mudah untuk bisa seperti itu, yaitu dengan melakukan root di Android yang Anda miliki. Cararoot android tanpa PC akan dijelaskan di artikel ini nanti, namun sebelum itu sebaiknya mengetahui dahulu tentang apa itu root. Berikut adalah pembahasannya untuk Anda:

Pengertian Root












Apa itu root? Mungkin sebagian banyak orang sudah sering mendengar istilah rooting Android. Namun, meski sudah sering mendengar tentang istilah tersebut tapi belum tentu mengetahui arti atau definisi yang sebenarnya dari root itu sendiri. Rooting merupakan proses yang memungkinkan untuk pengguna ponsel pintar, tablet serta perangkat lainnya yang menjalankan sistem operasi dengan Android untuk mencapai kontrol yang istimewa atau akses penuh sebagai administrator di dalam subsistem program Linux Android. Tujuan hal ini dilakukan adalah untuk mengatasi keterbatasan yang sudah ditetapkan oleh produsen perangkat serta operator. Dapat dikatakan juga jika proses rooting Android akan memungkinkan para pengguna ponsel pintar, tablet atau perangkat lainnya untuk memacu perangkatnya menembus batas kemampuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Apabila sebuah proses rooting sukses, sangat memungkinkan pengguna untuk mengganti atau mengubah sistem serta pengaturan dari aplikasi, lalu juga dapat menjalankan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa. Selain itu, pengguna pun akan bisa mengakses program yang tidak bisa diakses oleh pengguna Android biasanya sebelum di root. Ada beberapa cara melakukan root pada android baik dengan menggunakan PC maupun tidak. Namun, di dalam artikel berikut akan membahas tentang cara rooting tanpa PC untuk Android. Inilah ulasannya:

Beberapa Cara Root Android Tanpa PC



Semua ponsel pintar dan tablet yang menggunakan sistem operasi Android bisa di root, seperti contohnya HP Asus dan tablet Advan. Nah, di sini akan membahas contoh bagaimana cara ngeroot HP Asus namun juga dapat digunakan untuk ponsel pintar Android lainnya. Begitupula cara root tablet Advan yang tentunya sama juga. 

Cara root HP Asus tanpa pc yang juga bisa untuk ponsel Android merk yang lain ini dapat menggunakan aplikasi Kingroot, aplikasi Framaroot dan juga Supersu. Beginilah caranya:

1.     Root Android dengan Kingroot
Cararoot android tanpa PC yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Kingroot. Cara root android dengan Kingroot merupakan salah satu cara yang mudah untuk rooting android. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
·         Unduh dahulu aplikasi Kingroot di Playstore yang ada di Android milik Anda, setelah itu install untuk dapat menikmati layanannya. 
·         Jika sudah berhasil mengunduh aplikasi tersebut Anda dapat membukanya untuk memulai rooting
·         Apabila sudah terbuka pilih Try to Root, setelah itu proses rooting akan berjalan
·         Tunggu proses rooting sampai ponsel Android Anda selesai
·         Lalu jika proses rooting sudah selesai, sistem operasi Android biasanya akan muncul pemberitahuan Root Succesfully sebagai tanda jika ponsel tersebut sudah berhasil di root dengan aplikasi Kingroot
·         Namun, apabila Anda kurang masih kurang yakin, Anda dapat mengecek dengan manual di King User 
Itulah cara root menggunakan Kingroot di HP Asus ataupun di ponsel pintar Android lainnya. Rooting Android dengan aplikasi Kingroot ini termasuk yang paling banyak digunakan sebagai cara root tanpa PC. Hal itu karena menggunakan aplikasi ini dinilai mudah dan juga cepat proses rooting-nya. 

2.     Root Android dengan Framaroot
Cara yang kedua root Android tanpa PC adalah dengan menggunakan aplikasi Framaroot. Cara root dengan Framaroot juga termasuk cara root Android yang mudah selain dengan menggunakan aplikasi Kingroot. Bahkan dapat dikatakan jika melakukan root dengan Framaroot dapat dilakukan cukup sekali klik saja. Inilah langkah-langkahnya:
·         Pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi Framaroot di Google Playstore yang ada di Android Anda, lalu install setelahnya
·         Jika sudah selesai, buka aplikasi Framaroot tersebut lalu pilih Install SuperSu ataupun Superuser yang sesuai dengan keinginan Anda
·         Kemudian akan muncul pilihan Gandalf atau Aragorn yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda juga, namun disarankan untuk memilih Gandalf saja
·         Setelah itu proses root akan berjalan
·         Tunggu sampai semua proses selesai. Nantinya akan muncul pemberitahuan jika proses root sudah berhasil
·         Kemudian restart Android Anda, lalu pastikan jika aplikasi SuperSu atau Superuser sudah ada di daftar aplikasi di Android

3.     Root Android dengan Supersu
Cara rootandroid tanpa PC selain Framaroot dan Kingroot adalah dengan menggunakan aplikasi SuperSu. Cara root dengan SuperSu langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.     Langkah yang pertama untuk dilakukan adalah memastikan jika ponsel mempunyai daya baterai minimal 50% serta ponsel tidak akan mati selama proses root berlangsung. Selain itu, jangan lupa untuk cadangkan atau backup semua data yang penting di ponsel Android Anda supaya data tidak hilang.
2.     Kemudian unduh aplikasi SuperSu di Google Playstore yang ada di Android Anda. Biasanya fila dari SuperSu berbentuk .zip, jangan lupa untuk mengaktifkan terlebih dahulu mode Unknown Source yang ada di menu setting atau pengaturan di ponsel. 
3.     Setelah itu, unduh dan install juga aplikasi TWRP agar dapat akses root aplikasi SuperSu.
4.     Jika sudah selesai mengunduh dan install TWRP, masuklah ke mode TWRP Recovery, kemudian klik install. 
5.     Lalu selanjutnya cari file SuperSu yang berbentuk .zip tadi, klik file tersebut. Kemudian proses flash akan berlangsung, tunggu sampai beberapa saat
6.     Jika proses flash sudah selesai, selanjutnya klik Wipe Cache / Dalvik, lalu lakukan konfirmasi
7.     Kemudian klik Reboot System supaya boot kembali lagi ke Android. Setelah itu akan muncul apakah Anda akan memasang SuperSu, Anda dapat memilih “Do Not Install”
8.     Tunggu sampai proses reboot tersebut selesai. Hingga di sini, proses flash telah berhasil. Selanjutnya Anda sudah bisa menjalankan aplikasi SuperSu untuk melakukan root
Nah, itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk root Android anda tanpa harus menggunakan PC. Cukup banyak dan mudah bukan? Ternyata melakukan root untuk Android memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut adalah kelebihan-kelebihan tersebut:

Kelebihan-Kelebihan dari Root Android
1.     Ponsel pintar atau smartphone Anda menjadi lebih ngebut
2.     Bisa install aplikasi game sepuasnya
3.     Dapat custom ROM
4.     Dapat membuang aplikasi bawaan
5.     Baterai menjadi lebih hemat
6.     Dapat memblokir iklan

Demikian pembahasan tentang cara root android tanpa PC yang dapat Anda coba sendiri pada ponsel yang dimiliki. Cara rooting tersebut dapat digunakan untuk ponsel Android apa saja, bahkan juga dapat menjadi cara root android 6.0. Namun, perlu diingat sebelum melakukan rooting Anda sebaiknya tahu resiko apa saja yang akan terjadi pada ponsel Android Anda. Jadi, jika sesuatu terjadi nantinya Anda tidak kaget dan bingung lagi. 

Post a Comment for "Cara Root Android Tanpa PC Terbaru 2020"

Berlangganan via Email