Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Melawan Rasa Malas Ala Orang Jepang Prinsip 1 Menit (KEIZEN)

LulusSMK.com - Sering banget gak sih kamu melakukan suatu pekerjaan atau kamu punya target yang ingin kamu capai?, Rasanya itu kayak berat banget saat kamu mulai melakukannya. Bisa jadi nih kamu udah janji ke diri kamu sendiri UNTUK MULAI HARI INI. Tapi setelah kamu pikir-pikir lagi, rasanya mending dilakukan besok aja deh, Dan sayangnya nih pas besoknya kamu malah bilang "ah udah lah lusa aja deh", sampai pada akhirnya pekerjaan itu tidak kamu kerjakan sama sekali.

Dan pastinya banyak banget nih yang punya masalah kayak begini, dan saya sendiri pun sering juga ngerasain hal serupa. Tidak jarang memang kita semua selalu menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya penting buat hidup kita atau biasanya juga kita semua mengerjakan suatu pekerjaan itu diakhir waktu yang udah dikasih alias mepet (Deadline). Jadinya kayak ditunda-terus, entah itu nunda mengerkakan PR, Olahraga, Kerja dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya perilaku tersebut bisa dibilang tidak baik loh jika kamu lakukan terus-menerus. Pada akhirnya akan membuat hasil kerja kamu jadi tidak maksimal.

Nah, terus kira-kira apa sih yang menyebabkannya? Sangat beragam, tapi biasanya yang paling sering saya dengar penyebabnya adalah "Rasa Malas".

Terus gimana dong Tips agar bisa melawan rasa malas dan melawan kebiasaan menunda-nunda?.

Nah, jangan kawatir, simak artikel ini sampai habis karena saya bakal membahas tentang salah satu prinsip untuk mengatasi dan melawan rasa malas atau menunda-nunda.

Tips Melawan Rasa Malas Ala Orang Jepang

Tips Melawan Rasa Malas Ala Orang Jepang Prinsip 1 Menit (KEIZEN)
Gambar ilustrasi KAIZEN

Berbicara soal rasa malas, kita harus tau dulu nih salah satu negara yang bisa kita jadikan contoh yang anti banget dengan rasa malas. Coba kamu tebak negara mana?. Yes, negara Jepang.

Yang kita tahu,orang Jepang itu terkenal dengan etos kerjanya yang baik dan orangnya yang selalu disiplin. Tapi pertanyaannya "Kok bisa sih sebuah negara bisa punya budaya kayak gitu?". Nah, ternyata dari kecil mereka sudah dilatih untuk punya prinsip tertentu. Mereka dilatih untuk mengulang berbagai macam rutinitas kecil yang positif setiap harinya.

Rutinitas tersebut menjadi budaya orang jepang karena rutinitasnya yang anti rasa malas sampai sekarang ini. Konsep tentang rutinitas anti malas dan pribadi yang disiplin dari negara jepang ini akhirnya diberi julukan teknik "KAIZEN"

Apa itu KAIZEN?

Dari segi bahasa KAIZEN itu diambil dari dua suku kata yaitu KAI yang artinya adalah berubah dan ZEN artinya adalah kebijaksanaan. Dua kata tersebut menciptakan satu makna yang artinya adalah perubahan dalam hidup itu bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan.

Prinsip KAIZEN juga dikenal sebagai prinsip 1 MENIT yang maksudnya untuk melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit setiap harinya diwaktu yang sama, contohnya seperti ini:

Jadi misalnya kamu mau Push Up, kamu coba saja 1 menit dulu dalam sehari dan kamu lakukan rutinitas itu setiap hari diwaktu yang sama.

Contoh lainnya, misalnya kamu pengen belajar gitar, dan coba aja kamu bermain gitar dalam waktu 1 menit setiap hari dalam waktu yang sama. Tidak cuma kegiatan itu saja.

Sederhana banget bukan?, Nah, prinsip ini juga bisa kamu lakukan dalam berbagai hal kegiatan lainnya dengan waktu yang sama setiap hari dan selalu fokus.

Menariknya, prinsip 1 Menit ini akan melatih seseoarang untuk melakukan suatu kegiatan secara rutin diwaktu yang sama. Prinsip ini akan melatih diri kamu agar selalu bertanggung jawab, karena ketika kamu berhasil menjalankan 1 Menit itu, maka akan membuat perasaan kamu lebih baik dan juga merasa berhasil melakukannya dalam waktu cuma 1 Menit.

Nah, dengan prinsip ini maka akan membuatmu jadi ketagihan, karena kamu sudah bertanggung jawab dengan tugas yang kamu punya dan kamu juga sudah menyelasaikannya.

Yang membuat prinsip 1 Menit ketagihan, karena jika kamu sudah merasa puas menyelasaikanya di hari ini, maka esoknya akan membuat kamu ingin menambah lagi jadi 5 Menit dan 10 menit lagi di hari-hari berikutnya. Tapi kuncinya balik lagi yaitu tetap Konsisten ya!.

Kenapa harus Konsisten?, karena jika kamu melakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari walaupun waktunya singkat "Hanya 1 Menit Saja", maka akan membuat jadi kebiasaan. Sekilas, memang prinsip ini terlihat meragukan dan tidak efektif. Tapi begini intinya, kalau usaha yang kamu lakukan terlalu keras dan memaksa, maka akan menghabiskan tenaga dan bikin kamu jadi cepat capek, akhirnya kamu jadi males, lama kelamaan kamu akan merasa bosan, dan ujung-ujungnya tidak rutin, sia-sia kan?.

Definisi Prisip 1 Menit (KEIZEN)

Jadi prinsip 1Menit (KEIZEN) ini definisinya adalah perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kesabaran, jadi mendingan dikit-dikit saja tapi rutip daripada langsung dadakan dan memaksa banget.

Post a Comment for "Tips Melawan Rasa Malas Ala Orang Jepang Prinsip 1 Menit (KEIZEN)"

Berlangganan via Email