Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jangan Samakan Leader Dan Manajer, Apa Perbedaannya ?

LulusSMK.com - Tahukah Anda, apa perbedaan antara manajer dan leader?. Kita ketahui, Manajer adalah orang yang mengelola sebuah departemen di dalam organisasi. Sedangkan Leader, orang yang dikenal memiliki kemampuan dan jiwa kepemimpinan.

Jangan Samakan Leader Dan Manajer, Apa Perbedaannya ?

Lantas, apakah kedua hal ini sama, atau adakah perbedaan yang jelas antara leader dan manajer? Mari kita temukan jawabannya berikut ini:

Jika saya bertanya kepada karyawan perusahaan dalam sesi pelatihan, saya tanyakan begini:

tahukah Anda, apa beda antara seorang manajer dan leader? 

#Manajer

Maka jawaban yang sering muncul adalah: Manajer adalah orang yang memiliki sebuah jabatan, jabatan untuk mengelola sebuah unit maupun departemen di organisasi. Manajer mengelola pekerjaan, membagi tugas kepada timnya, kepada karyawannya, dan manajer sering menyuruh atau meminta sesuatu kepada karyawan masing-masing.

#Leader

Sementara kalau leader, maka peserta sering menjawab: yang disebut dengan Leader adalah orang yang punya kemampuan untuk mengayomi, layak menjadi contoh dan juga sekaligus layak untuk menjadi pemimpin karena dia bisa menunjukkan sikap-sikap yang baik.

Sekilas kita lihat bahwa manajer dan leader ini berbeda, manajer lebih condong banyak negatifnya dibandingkan leader. Sementara si leader ini lebih memiliki kecenderungan yang positif.

Namun, apakah benar demikian? Menurut saya, tidak. Jika kita melihat definisi manajer dan leader ada baiknya kita coba mengamati pendapat dari Warren Bennis, seorang tokoh di bidang leadership.

Leader VS Manajer

Dia mengatakan, Leader adalah orang yang mengerjakan the right things. Leaders are people who do the right things. Jadi leader di sini mempunyai kemampuan untuk memberikan visi, menentukan arah apa yang hendak dituju.

Dan sedangkan manajer adalah: "Managers are people who do things right." Jadi, Manajer adalah orang yang ketika sudah jelas visinya mau ke mana, dia orang yang pintar, jago dalam mengelola dan mengeksekusi misi tersebut sehingga bisa mencapai sasarannya. Oleh karena itu, jika kita lihat apa itu manajer dan leader, maka keduanya seharusnya berjalan berdampingan, berjalan beriringan.

Jika sekarang Anda sudah menjadi seorang manajer maka belajarlah untuk memiliki aspek-aspek leader dalam diri Anda di mana itu bisa dikenali dari kemampuan Anda untuk memiliki visi, melihat wawasan yang jauh ke depan, dan memberikan teladan yang baik buat orang lain.

Sementara, jikalau Anda belum menjadi seorang manajer per hari ini, tidak harus menyurutkan bahwa Anda pun bisa belajar menjadi seorang leader. Kenapa? Karena leader tidak diatur oleh sekat-sekat formal. Orang yang tidak punya jabatan sekalipun, layak disebut sebagai seorang leader jika memang dia memiliki kapasitas dan kualitas sebagai leader yang baik. Dia punya visi, dia bisa mengayomi, dan tahu ke mana harus mengarahkan seseorang.

Oleh karena itu, jadilah seorang manajer yang juga sekaligus leader. Jangan sampai Anda menjadi manajer yang tidak punya kapabilitas, kemampuan sebagai seorang leader. Terima kasih Anda sudah membaca artikel ini. Kita sudah memahami apa bedanya manajer dan leader, dan bagaimana keduanya bisa berjalan berdampingan, beriringan.

Post a Comment for "Jangan Samakan Leader Dan Manajer, Apa Perbedaannya ?"

Berlangganan via Email