Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menjawab "Kenapa Kamu Resign?" Saat Interview Kerja

Tips Menjawab "Kenapa Kamu Resign?" Saat Interview Kerja

Halo teman-teman semua, kali ini kita akan menjelaskan sejelas-jelasnya bagaimana melakukan wawancara dengan baik dan benar dan menggambarkan sejelas-jelasnya supaya kamu bisa diterima di pekerjaan impian kamu untuk lebih lanju. Pada kali ini kita akan membahas bagaimana caranya kamu menjawab pertanyaan "Kenapa resign dari pekerjaan sebelumnya?" saat interview. Simak contoh percakapan berikut :

Okay mas, kalau boleh tau kenapa nih kemarin resign dari perusahaan sebelumnya?

Sebenarnya pertanyaan ini hadir dalam 2 konteks dan bentuk yang cukup umum. Pertama kalau kamu sedang bekerja dan sedang mencari pekerjaan baru di tempat yang lain kamu pasti akan ditanya Kenapa kamu ingin mencari kesempatan baru?, atau Kenapa kamu ingin meninggalkan pekerjaanmu yang sekarang?, Kenapa nih sekarang cari opportunity baru?. Kedua pertanyaan "Kenapa kamu resign dari pekerjaan sebelumnya?" Kalau boleh tau, kenapa nih kemarin resign dari perusahaan sebelumnya?. Pertanyaan ini biasa diajukan bagi kamu yang sudah pernah bekerja dan sudah resign dari tempat tersebut. Kita bahas yang pertama, yah kunci jawaban saat ditanya "Kenapa kamu ingin mencari kesempatan baru?", atau "Kenapa kamu ingin meninggalkan pekerjaanmu yang sekarang?".

Secara general, jawabanmu atas pertanyaan ini haruslah menunjukkan bahwa kamu ingin berkembang atau ingin berpindah ke tempat yang lebih baik. Ini adalah nilai plus jawaban seperti ini membuat si interviewer merasa bahwa perusahaannya lebih baik daripada tempat kamu bekerja sebelumnya. Sebagai contoh lihat jawaban kandidat berikut ini :

Kenapa nih sekarang cari opportunity baru?
Jadi di perusahaan saya yang sekarang ini saya sudah bekerja selama 2 tahun dan di 2 tahun itu saya sudah planning dan contributing di 5 campaign, tapi setelah 2 tahun berkarya disana saya pikir sekarang saatnya saya mencari opportunity yang lebih menantang dan yang lebih fresh, lah saya merasa bahwa perusahaan ibu bisa mengakomodasi dan memberikan tantang-tantangan yang lebih untuk saya, jadi saya bisa grow lebih jauh, saya mendapatkan tantangan yang lebih luas dan saya yakin we can grow together and make this company bigger.

Namun perlu diingat jangan pernah berbohong saat interview apabila alasanmu pindah bersifat negatif sah-sah aja kok mengutarakannya selama hal negatif tersebut tidak menurunkan value kamu di mata interviewer. Misalnya bisa jadi department tempat kamu bekerja saat ini dihilangkan atau kamu bekerja pada posisi yang tidak kamu inginkan selama ini dan kebetulan lowongan yang sedang buka saat ini adalah pekerjaan impian kamu.

Nah, kita bakal bahas yang kedua kunci jawaban untuk pertanyaan Kenapa kamu resign dari pekerjaan sebelumnya?. Ketika kamu ditanya pertanyaan tersebut kamu harus bisa menjelaskan sejelas mungkin alasan kamu kenapa resign atau bisa jadi dipecat kalau kamu resign berdasarkan inisiatifmu coba jelaskan alasan dibalik inisiatif tersebut. Contohnya, kayak kandidat berikut ini :

Kenapa nih kemarin resign dari perusahaan sebelumnya?
Jadi sebenarnya kemarin itu kan saya ngelamar ke pekerjaan yang di luar area study saya Setelah saya coba selama 6 bulan ternyata gagal dan gagal terus sehingga akhirnya saya memutuskan untuk berhenti daripada menjadi liabilitas di perusahaannya itu terus setelah melihat lowongan dari Ibu Rizca saya merasa pekerjaan yang ibu tawarkan jauh lebih sesuai dengan area study saya dan fokus saya yang saya minati untuk saya explore lebih jauh sehingga makanya saya apply disini agar bisa mengembangkan minat dan fokus study itu oh I see.

Nah, tapi kalau kamu posisinya dikeluarkan atau dipecat dari pekerjaan sebelumnya highlight sisi positifnya saja ya yang negatifnya disimpan belakangan lah. yuk kita lihat contohnya :

Oke Mas, boleh ceritain gak kemarin kenapa resign dari perusahaan sebelumnya?
Jadi di perusahaan yang sebelumnya itu kan kami ini agensi jadi sangat tergantung dengan proyek dan klien. Kebetulan kemarin kami kehilangan klien yang sangat besar dan kemudian setelah itu perusahaan memutuskan untuk melakukan efisiensi saya salah satu orang yang berinisiatif untuk mengundurkan diri. For the sake of the company for the sake of our team, jadi saya resign demi efisiensi perusahaan pada waktu itu.

Kalau dipikir-pikir kenapa ya ada pertanyaan seperti ini di interview? Jawabannya sederhana, mereka pengen tau apakah alasanmu resign adalah inisiatifmu atau kamu diminta oleh perusahaan untuk keluar alias kamu dipecat. Kalau dipecat interviewer akan gali lagi lebih dalam alasan pemecatan tersebut. Secara garis besar interviewer ingin mengetahui apa yang terjadi denganmu di pekerjaan sebelumnya, apakah kamu menghargai pekerjaanmu apakah pekerjaan sebelumnya membuatmu stres dan sebagainya.

Post a Comment for "Tips Menjawab "Kenapa Kamu Resign?" Saat Interview Kerja"

Berlangganan via Email