Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Agar Lolos Interterview Kerja Saat Memperkenalkan Diri

Cara Agar Lolos Interterview Kerja Saat Memperkenalkan Diri

Halo teman-teman semua Selamat datang di acara Interview Analysis sebuah acara dimana kita menjelaskan sejelas-jelasnya bagaimana melakukan sebuah interview dan menggambarkan sejelas-jelasnya bagaimana supaya kamu bisa lolos ke pekerjaan impian kamu Untuk lebih lanjut.

Pada penjelasan kali ini kita akan menjelaskan bagaimana perkenalan diri yang baik dan benar saat Interview. Tentunya kita harus melihat dari perspektif si interviewer Apa sih sebenarnya tujuannya dia melakukan sebuah perkenalan ini. Berikut contoh percekapan antara HRD/Personalia dan si Interviewer.

Halo mas...
siapa?
Yahya mba
Oke mas Yahya
Oke disini perkenalin aku Siska dari HR PT. bla bla.
Mas Yahya boleh ceritain gak tentang diri mas Yahya latar belakangnya/ perkenalan diri mungkin.

Pertama sebenarnya bagi interviewer ini adalah sebuah pertanyaan sederhana untuk memulai percakapan dia ingin tau apakah sebenarnya kamu cocok apa tidak dengan lowongan yang sedang dibuka saat ini.

Nama saya Yahya, saya dulu kuliah di ITB waktu itu saya ngambil jurusan matematika tapi saya lebih tertarik ke Digital Marketing.
Ooh...

Oke Hal yang kedua perkenalan itu gak perlu panjang-panjang apalagi sampai membacakan Resume atau CV kamu Tentunya interviewer ini sudah pegang atau at least sudah membaca CV kamu kan?.

Saya sudah menggeluti Digital Marketing sejak lama sekali bahkan pada waktu SMA saya sudah mempunyai beberapa blog yang saya kembangkan sendiri dan kemudian pada waktu masih kuliah saya juga bantu-bantu bapak. Istilahnya bapak saya kan punya toko offlinenya, tapi kemudian saya buatkan websitenya. 

Hal yang ketiga sebutkan nama pendidikan terakhir dan pengalaman kerja kamu tentunya saat kamu menjelaskan nama kamu gak perlu nama lengkap kamu apa lagi kalo nama kamu panjaaang banget.

Nama saya Alexander Yahya Nursusila Dewa Senaputra Kusuma sarjana Sains.
Oh wow, oke Thank you, boleh ceritain backgroundnya mas... 
Panggilannya siapa?
Alexander atau Yahya kadang-kadang dipanggil Kusuma juga walaupun saya gak suka karena itu nama...

Okay, cukup nama depan atau nama panggilan saja ya, sehabis itu jangan kasih jeda, langsung terus jelaskan pendidikan terakhir kamu kayak kamu kuliah atau sekolah dimana, kota, kampus, atau jurusan kamu sebutin saja. Yang penting jangan merendahkan diri kalau kamu punya penghargaan seperti predikat cum laude atau yang lainnya.

Kalau udah semua kamu coba, tarik nafas sejenak dan jelaskan pengalaman kerja kamu kalau ada, Tapi inget yah, jelasin pengalaman kerja terakhir kamu yang memiliki kaitan dengan posisi yang sedang kamu lamar saat ini.

Biar lebih paham mari kita simak wawancara perkenalan diri berikut ini :

Saya kuliah matematika tapi saya profesional di bidang UX design, Setelah kuliah saya bekerja dari di tiga startup di situ saya membangun skill desain saya.

Pengalaman yang saya dapatkan pada waktu mengerjakan research dan kemudian memimpin tim desain. Akan sangat bisa membantu saya untuk kerja di tim/perusahaan ibu.

Hal yang terakhir kamu gak perlu menceritakan tentang hobi atau minat kamu kecuali kedua hal ini ada kaitannya dengan posisi yang sedang kamu lamar saat ini.

Setiap interview pasti terbatas pada waktu yang telah ditentukan, jadi wawancara kamu gak bisa lama-lama. Jadi ada baiknya kamu tidak menceritakan hobi atau minat kamu yang tidak sesuai dengan posisi yang sedang kamu lamar saat ini. Misalnya hobimu mancing di akhir pekan, kecuali kamu ngelamar jadi castnya Mata Pancing, selain itu gak perlu diceritain lah.

Satu hal kunci yang menurut saya membawa saya sampai ke level ini di profesi saya adalah kesabaran dan kesabaran. Itu saya dapatkan dari hobi saya bu. Hobi saya itu adalah memancing.

Okey karena dengan memancing itu kita belajar sangat sabar sekali menunggu strike itu bisa kita bermalam-malam berhari-hari menunggu sampe kemudian.

Post a Comment for "Cara Agar Lolos Interterview Kerja Saat Memperkenalkan Diri"

Berlangganan via Email