Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Lolos Menjawab "Apa Kekuranganmu?" Saat Interview Kerja

Cara Lolos Menjawab "Apa Kekuranganmu?" Saat Interview Kerja

Halo teman-teman semua! membahas soal Interview atau wawancara memang hal yang wajib dipersiapakan, karena hal ini menyangkut soal ketrima atau tidaknya kamu kerja diperusahaan yang kamu lamar tersebut.

Interview sebuah acara dimana kita menjelaskan sejelas-jelasnya bagaimana melakukan wawancara dengan baik dan benar dan menggambarkan sejelas-jelasnya supaya kamu bisa diterima di pekerjaan impian kamu. Pada pembahasan kali ini kita akan menbongkar rahasia gimana caranya kamu menjawab sebuah pertanyaan klise yang sering muncul ketika interview yaitu "Apa sih kelemahan kamu?". Berikut simak percakapan Interview kerja antara HRD dan kandidat atau calon karyawan :

Okay Mas, Bisa ceritain gak kekurangannya Mas itu ada dimana sih?

Kamu yang sering interview pasti pernah ketemu pertanyaan ini, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Sebenarnya pertanyaan ini tuh klise banget, Kenapa?.

Karena seorang interviewer pasti akan tau kalau mereka gak akan mendapatkan jawaban yang 100% jujur dari pertanyaan ini.

Meskipun terlihat klise ada beberapa alasan mengapa pertanyaan ini tetap muncul di sebuah interview. Tujuan dari pertanyaan ini cukup sederhana yaitu seorang interviewer ingin mengulik lebih dalam tentang dirimu yang sebenarnya.

Oke Mas, Bisa ceritain gak kekurangannya Mas itu dimana aja?

Ada beberapa kesalahan yang paling sering banget dilakuin oleh kandidat saat menjawab pertanyaan ini. Dab yang pertama, mereka mencoba menjawab pertanyaan ini dengan kekurangan yang sifatnya positif. Ya, contohnya kayak gini lah :

Yang paling jadi kekurangan saya itu adalah saya itu terlalu perfeksionis.

Jawaban seperti tuh basi banget yah, dan justru kamu terlihat seperti pengen nutupin sesuatu gitu loh.  Terus gimana cara menjawab yang benar dan baik ketika ditanya seperti itu? Jawaban paling baik untuk menjawab pertanyaan ini harus mengandung 2 hal utama. Yang pertama kekurangan kamu yang sebenarnya dan yang kedua upaya yang telah kamu lakukan untuk menutupi atau menangani kekurangan tersebut, contohnya kayak gini :

Kekurangan utama saya itu ketika saya mengerjakan tugas selalu lama selesainya, sebab apabila terlalu cepat dan tergesah-gesah saya pasti banyak yang salah dan itu sebabnya saya tidak ingin kerja dua kali, namun jika diharuskan selesai secepat mungkin saya akan berusaha semaksimal mungkin lagi.

Gimana?, Jawabannya terdengar lebih enak dan lebih meyakinkan kan?. Inget ya ada 2 hal utama yang paling penting yang harus kamu ketahui untuk menjawab pertanyaan ini. Yang pertama kamu harus bisa mengidentifikasi kekurangan kamu yang ada dengan sebenar-benarnya.

Dan yang kedua kamu sudah harus melakukan sebuah upaya untuk menangani atau mengatasi kekurangan tersebut. Namun, inget ya meskipun harus jujur namun jangan sampai kamu mengeluarkan jawaban yang sifatnya bisa bikin kamu ditolak secara mentah-mentah oleh si Interviewer, Misalnya kayak yang berikut ini:

Kekurangan saya itu salah satunya adalah susah bangun pagi bu.

Jadi kalau misalnya perusahaan mengharuskan saya untuk masuk jam 8 gitu susah banget, soalnya jam 8 saya baru bangun, Jadi ya susah juga kalau mau merubah itu.

Atau yang kayak gini :

Jadi kalau berdasarkan sama komentar dari teman-teman dan manajer saya yang dulu, ya menurut mereka saya ini kurang motivasi gitu Jadi kalau misalnya gak di-push gitu ya gak selesai kerjaannya.

Memang jujur itu baik, namun jika tertalu jujur dengan jawaban yang negatif ketika Interview, maka kamu bisa jadi di tolak mentah-mentah. Ada baiknya kamu menambahkan sedikit sifat positifmu untuk menutupi kekuranganmu supaya HRD sedikit mempercayaimu untuk bekerja di perusahaan yang di pimpinnya.

Post a Comment for "Cara Lolos Menjawab "Apa Kekuranganmu?" Saat Interview Kerja"

Berlangganan via Email