Wednesday, February 19, 2020

Tips Pencegahan Virus Corona Yang Mematikan

Beredarnya wabah virus corona di internet tv dan media lainnya yang belakangan ini membuat banyak orang merasa cemas. Apa itu Virus corona sebenarnya?, Virus corona adalah sejenis virus penyebab penyakit seperti pilek atau penyakit saluran pernapasan lain yang berpotensi mematikan. Meskipun dapat berakibat fatal, ada beberapa Tips untuk pencegahan untuk membantu anda melindungi kesehatan dan terhindar dari virus corona.

Tips Ampuh Mencegah Virus Corona

Tips Mencegah Virus Corona

  1. Cucilah bersih tangan anda menggunakan sabun dan air untuk meminimalkan risiko infeksi. Cara tepat ini dapat mencegah infeksi virus corona adalah dengan hanya mencuci tangan sesering mungkin. Basahi tangan Anda dengan air hangat terus tuangkan sabun. Usap sabun hingga berbusa selama 20-30 detik kemudian basuh tangan dengan air hangat. Pastikan juga Anda selalu mencuci tangan sebelum makan atau minum. Namun, ada baiknya Anda mencuci tangan kapan pun ketika berada di luar rumah.
  2. Jauhkan tangan dari mata, hidung, dan mulut Anda. Ada kemungkinan Anda bersentuhan dengan virus corona di permukaan seperti gagang pintu atau meja dapur. memang hal ini terlihat sepele namun bisa kemungkinan terjadi, kuman bisa menempel di tangan Anda dan mudah masuk ke dalam tubuh saat Anda menyentuh langsung dengan wajah. Jadi, hindarilah menyentuh mata, hidung, dan mulut untuk berjaga-jaga jika ada virus di kulit Anda. Jika harus menyentuh wajah, cucilah tangan terlebih dahulu.
  3. Jauhi orang yang sedang batuk atau bersin. Virus corona menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan, batuk dan bersin adalah gejala yang lazim timbul. Selain itu, batuk dan bersin bisa mengeluarkan virus ke udara sehingga dapat meningkatkan risiko Anda terinfeksi. Jadi, jagalah jarak Anda dengan orang-orang yang mengalami gejala infeksi saluran pernapasan. Selain itu, Mintalah orang tersebut untuk menjauh dari Anda atau bisa anda yang menjauh bila merasa sungkan.
  4. Disinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari menggunakan produk pembunuh virus. Sayangnya, virus corona bisa menempel di permukaan benda seperti pintu, meja, kaca dan benda lainnya. Gunakan semprotan disinfektan untuk membersihkan permukaan tersebut setiap hari. Langkah ini akan meminimalkan risiko virus menempel di permukaan benda yang berpotensi menyebabkan infeksi. Di rumah, khususnya bersihkan gagang pintu depan, meja dapur, wastafel kamar mandi, serta keran air dengan disinfektan.
  5. Gunakan masker sekali pakai selama di luar ruangan. Virus corona bisa menyebar lewat udara, ada kemungkinan Anda menghirupnya. Jadi, tutupilah hidung dan mulut Anda dengan menggunakan masker wajah sekali pakai untuk meminimalkan risiko Anda tertular virus. Jangan gunakan masker tersebut lagi karena justru dapat meningkatkan risiko Anda tertular virus corona. Selalu cuci tangan Anda setelah melepas masker untuk berjaga-jaga saja. Jika Anda melepas masker dan kemudian menyentuh wajah, Anda bisa saja sakit jika ada virus pada masker. Jika Anda berisiko tinggi mengalami infeksi saluran pernapasan, atau menderita penyakit paru-paru seperti asma, dan bepergian ke negara lain, kenakan masker ini juga selama berada didalam pesawat untuk membantu mencegah penyebaran infeksi.

Merawat Orang yang Sakit

  1. Bagi anda yang bekerja dan beraktifitas di rumah sakit alangkah baiknya anda mengenakan alat pelindung sekali pakai selama Anda merawat orang sakit. Kenakan sarung tangan pelindung, masker, dan pakaian pelindung dari kertas sekali pakai sebelum memberikan perawatan. Saat Anda keluar dari kamar orang sakit, lepas semua alat pelindung yang Anda kenakan kemudian buang ke dalam kantong plastik. Jangan gunakan lagi alat pelindung ini karena Anda mungkin bersentuhan dengan virus. Virus corona menyebar melalui udara dan dapat menempel di pakaian. Jadi, lindungilah diri sendiri semaksimal mungkin.
  2. Jangan gunakan peralatan rumah bersama orang yang terinfeksi. Virus corona bisa menempel di benda seperti cangkir, piring, sendok dan garpu, serta handuk. Gunakan peralatan yang berbeda dengan setiap anggota keluarga saat ada seseorang yang sedang sakit. Mencegah lebih baik dari pada mengobati! Jika Anda ragu, maka cucilah alat tersebut sebelum digunakan atau ambillah alat yang lain.
  3. Cuci seluruh pakaian dengan air hangat untuk membunuh kuman yang menempel. Setelah anda bepergian ke luar kota, luar negeri atau ke tempat wisata untuk liburan, segeralah mencuci pakaian dengan air bersih, atau dengan air hangat sekalipun. Jadi, Apapun yang anda bawa saat bepergian itu anda harus mencucinya semua.
  4. Buka jendela rumah anda agar udara bisa mengalir jika cuaca memungkinkan. Oleh karena virus corona menyebar melalui udara, Anda bisa berisiko tertular infeksi. Udara yang masuk akan membantu membersihkan udara di dalam ruangan sehingga meminimalkan risiko Anda tertular virus. Bukalah jendela atau nyalakan AC ruangan jika memungkinkan.

Menghindari Penularan dari Hewan

  1. Masaklah daging atau telur hingga matang untuk mengurangi risiko infeksi. Virus corona bisa menular dari hewan ke manusia. Jadi, Anda harus memasak produk hewani secara sempurna untuk membunuh seluruh kumannya. Ikutilah petunjuk memasak sesuai jenis daging atau telur, dan periksalah suhu internal makanan dengan termometer khusus sebelum makan.
  2. Batasi kontak bersentuhan langsung dengan hewan hidup untuk mengurangi risiko penularan. Jangan ambil risiko dengan memegang hewan yang sedang sakit. Hindari memegang hewan hidup terkecuali Anda memang bekerja merawat hewan atau hewan peliharaan. Jika Anda harus memegang hewan selain hewan peliharaan Anda sendiri, berusahalah untuk meminimalkannya. Hewan ternak dan kelelawar kemungkinan besar adalah sumber infeksi.
  3. Segera cuci tangan setelah memegang hewan hidup, jika Anda terpaksa melakukannya. Jangan sampai kuman dari hewan menempel di kulit Anda terlalu lama. Basahi tangan Anda dan menuangkan sabun. Keringkan tangan dengan handuk kering dan bersih. Jika Anda memegang beberapa hewan, cucilah tangan Anda setiap selesai memegang satu hewan, untuk berjaga-jaga jika ada salah satu hewan yang lagi sakit. Dengan tips ini, Anda tidak akan menyebarkan infeksi ke hewan lain.

Mengatasi Kemungkinan Terinfeksi

  1. Segeralah periksa atau menghubungi dokter jika menduga Anda terinfeksi virus corona. Jika Anda mengalami gejala infeksi saluran pernapasan, Anda mungkin terinfeksi virus corona. Periksa ke dokter untuk mengecek apakah anda terkena gejala.  Waspadailah gejala berikut ini: Batuk, Sakit tenggorokan, Hidung yang mengeluarkan ingus, Demam, Sakit kepala, Nyeri tubuh dan kelelahan. Ketika mengunjungi klinik, pastikan Anda mengenakan masker wajah untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.
  2. Tetaplah berada di dalam rumah bila Anda mengalami gejala infeksi saluran pernapasan. Selain memeriksa ke dokter, Anda tidak boleh keluar rumah selama sakit. Anda bisa menularkan penyakit dan tentu tidak ingin menyebarkan virus ini ke orang lain. Fokuslah beristirahat dan memulihkan diri. Saat pergi ke rumah sakit untuk periksa, gunakan masker wajah sekali pakai jika ada. Masker ini akan membantu mencegah penyebaran kuman.
  3. Tutup mulut serta hidung Anda saat sakit batuk dan bersin. Memang tidak kemungkinan besar batuk dan bersin-bersin adalah gejala terinfeksi virus corona. Alangkah baiknya anda periksa terlebih dulu ke dokter. Lindungilah orang lain dari kuman ini dengan menutupi mulut Anda dengan tisu atau lengan Anda. Tips ini akan mencegah anda dari kuman yang menyebar ke udara. Usahakan untuk selalu membawa tisu kemanapun. Anda juga boleh menutupi mulut dan hidung dengan siku tangan jika tidak ada tisu.

Wahyu Muttaba Merupakan Penulis Blog Sejak Tahun 2013 Waktu Dimana Saya Masih Duduk Di Bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tepatnya Di SMK PGRI Pandaan Dan Masih Aktif Menulis Hingga Sekarang Dengan Topik Seputar Teknologi, Bisnis, Pendidikan Dan Lainnya. Saya Tinggal Di Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Tujuan Saya Membuat Dan Menulis Di Blog Hanya Sekedar Berbagi Pengalaman D

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus
EmoticonEmoticon