Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Tentang Virus Corona Lebih Dalam

Kamu mungkin saja cemas adanya virus corona yang wabahnya menjadi berita populer saat ini. Virus corona adalah jenis virus penyebab penyakit seperti pilek dan penyakit saluran pernapasan yang lainnyq. Di bulan Januari 2020 lalu, otoritas kesehatan di Tiongkok memberi informasi wabah virus corona akhir-akhir ini yang menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia. Bila kamu menduga terinfeksi virus corona, maka kamu harus beradi didalam rumah untuk mengurangi risiko penularan terhadap orang lain. Meskipun belum virus ini tidak ada obatnya, namun kamu masih bisa mengatasi gejala penyakit virus corona tersebut.

Waspadai Gejala Virus Corona

Mengenal Tentang Virus Corona Lebih Dalam

Kamu perlu mengamati gejala pada saluran pernapasan seperti sakit batuk dan ingusan. Oleh sebab itu virus ini busa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan, batuk serta ingus adalah gejala yang paling lazim timbul. Kamu mungkin saja sakit batuk berdahak ataupun batuk kering. Segeralah periksa ke dokter bila kamu menduga hal tersebut adalah gejala batuk dan ingus yang diisebabkan oleh virus corona.

Batuk dan ingusan bisa saja gejala alergi dan infeksi saluran pernapasan yang lain. Jadi, jangan terlalu cemas. Periksa ke dokter bisa membantu kamu untuk mencari tahu penyebab penyakit Anda yang sebenarnya.

Ingat lagi apa kamu pernah bertemu dengan orang yang sedang sakit. Apabila hal itu terjadi, ada kemungkinan kamu tertular penyakitnya.

Berusahalah dengan semaksimal mungkin menjauhi diri dari orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah atau berisiko tinggi mengalami komplikasi seperti manula yang suday berusia di atas 65 tahun, bayi yang baru lahir serta anak-anak, ibu hamil, dan pengguna imunosupresan.

Pengobatan dan perawatan dari virus corona hanyalah perawatan suportif karena infeksi ini bisa disebabkan oleh virus yang tidak merespons antibiotik. Bila kamu mengalami gejala saluran pernapasan yang berat, pergilah ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan sesegera mungkin.

Tahukah kamu? virus corona hanya terbatas pada area tertentu. Oleh sebab itu jangan terlalu mencemaskan bila di daerah tempat tinggalmu tidak ada kasus yang terjangkit virus corona serius. Sampai bulan Januari 2020, hanya ada orang-orang pernah bepergian atau tinggal ke Tiongkok bisa kemungkinan besar terjangkit virus corona baru, seperti dilaporkan di berita. Walaupun demikian, ada kasus yang dilaporkan di Thailand, Jepang, Kanada, serta Korea Selatan. Selain itu pula, ada juga kasus yang sama telah dikonfirmasi di AS di negara bagian Washington pada pelancong yang kembali dari Tiongkok.

Perhatikan juga apa kamu mengalami batuk alami yang disertai sakit tenggorokan. Virus corona juga bisa gejala sakit tenggorokan. Jadi hal ini mungkin bisa jadi tanda infeksi. Pada umumnya, sakit pada tenggorokan muncul disaat awal infeksi virus corona dan tidak disebabkan karena keseringan sakit batuk. Oleh sebab itulah kamu harus ingat ketika tenggorokan kamu mulai sakit untuk mengetahui apakah benar gejala kamu disebabkan oleh virus corona.

Kamu bisa saja meredakan sakit pada tenggorokan dengan meminum teh hangat atau obat tenggorokan.

Kamu perlu istirahat jika mengalami sakit pada bagian kepala, tubuh yang nyeri atau kelelahan pada umumnya. Sama seperti pada infeksi saluran pernapasan lain, virus corona bisa menyebabkan sakit pada kepala, nyeri tubuh, dan kelelahan. Secara umum, Anda akan merasa tidak enak badan. Gejala ini mungkin saja adalah tanda infeksi virus corona jika Anda juga mengalami gejala penyakit saluran pernapasan lain. [6]Dokter akan menentukan jenis virus penyebab gejala Anda. Selain virus corona, Anda bisa saja mengalami infeksi lain, seperti pilek atau flu.

Coba cek dengan mengukur suhu badan kamu untuk mengetahui apakah  demam atau tidak. Oleh sebab itu, demam meruapakan gejala yang lazim terinfeksi virus corona. Demam yang melebihi 38 derajat Celsius bisa saja mungkin suatu tanda bahwa kamu terinfeksi virus corona atau virus yang lain. Bila kamu demam, coba dokter konsultasi ke dokter.

Bila kamu demam, kemungkinan besar kamu bisa menularkan penyakit. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan orang disekitarmu.

Perhatikan juga masalah pada pernapasan dan sesak napas. Virus corona bisa disebabkan karena sulit bernapas, dan ini mungkin suatu gejala yang serius.

Mendapatkan Diagnosis

Pergi dan coba periksalah ke dokter jika kamu menduga terinfeksi virus corona. Cari tau gejala apa yang sebenarnya kamu alami. Dokter akan menyarankanmu menjalani tes laboratorium untuk memastikan penyebab infeksi yang kamu alami. Ikutilah anjuran dari dokter sehingga kamu bisa segera sembuh dan tidak menyebarkan infeksi.

Ingatlah bahwa virus corona masih belum ada obatnya. Oleh karena itu, dokter tidak dapat memberikan resep obat untuk kamu bila memang kamu terinfeksi virus tersebut.

Coba tes ke laboratorium bila dokter menganjurkannya. Dokter mungkin akan mengambil sampel lendir dari hidung atau sampel darah untuk memeriksa infeksi. Pemeriksaan ini akan membantu kamu mengesampingkan kemungkinan infeksi lain dan kemungkinan, mengonfirmasi infeksi virus corona. Biarkan dokter mengambil sampel dari hidung atau darah agar dapat menegakkan diagnosis yang tepat.

Tahukah kamu? Sejak bulan Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) memantau wabah virus corona yang berasal dari Tiongkok. Jika dokter menduga bahwa kamu terinfeksi virus corona, kemungkinan besar, mereka akan memeriksamu dan mengirimkan  datanya tersebut ke WHO.

Menyembuhkan Virus Corona

Tetaplah di dalam rumah sehingga kamu tidak berisiko menginfeksi orang lain. Kemungkinan besar kamu bisa menularkan penyakit kepada orang disekitar. Oleh sebab itu, jangan keluar dari rumah selama kamu merasa sakit. Selain itu, beri tahu orang lain bahwa kamu lagi sakit agar mereka tidak mendekatimu. Jika kamu pergi ke dokter, gunakanlah masker penutup hidung untuk mencegah penyebaran virus.Tanyakan kepada dokter apakah kamu boleh pulang dan beraktivitas seperti biasa. kamu mungkin bisa menularkan penyakit dari beberapa hari sampai 10 hari.

Beristirahatlah untuk memulihkan diri kamu. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan beristirahat dan bersantai selama tubuh terjangkit infeksi. Berbaringlah di tempat tidur atau sofa dengan menyangga tubuh bagian atas menggunakan bantal. Selain itu, siapkan selimut di kamar untuk digunakan saat kamu merasa kedinginan.

Meninggikan tubuh bagian atas akan membantu mengurangi batuk-batuk. Jika kamu tidak punya cukup banyak bantal, manfaatkan selimut atau handuk yang dilipat untuk menyangga tubuh kamu.

Gunakan obat pereda sakit dan demam. Virus corona sering kali menyebabkan nyeri tubuh dan demam. Untungnya, obat bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), atau parasetamol (Panadol, Sanmol) dapat membantu. Tanyakan kepada dokter apakah obat tersebut aman untuk kamu gunakan. Setelah itu, gunakan obat sesuai petunjuk dalam kemasannya.

Sekalipun gejala kamu tidak membaik juga, jangan gunakan obat melebihi jumlah yang dinyatakan aman dalam labelnya.

Gunakan humidifier untuk melegakan tenggorokan dan jalan napas kamu. Kemungkinan besar, kamu mengalami sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Humidifier bisa membantu meredahkannya. Uap dari alat ini akan melembapkan tenggorokan dan nafas sehingga meredakan sakit pada tenggorokan. Selain itu, udara lembap juga bisa membantu mengencerkan lendir.

Minumlah banyak cairan untuk membantu pemulihan tubuh. Cairan akan membantu tubuh kamu melawan infeksi dan mengencerkan lendir. Minumlah air, air panas, atau teh untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, makanlah sup kaldu untuk menambah asupan cairan. Cairan yang hangat adalah pilihan terbaik yang juga mungkin bisa meredakan sakit tenggorokan. Cobalah minum air panas atau teh hangat dengan perasan lemon dan sesendok madu.

Tips : Masa inkubasi virus corona sekitar 5 hari. Jadi, kemungkinan besar kamu tidak akan merasakan gejalanya setelah terinfeksi. Bandara di seluruh dunia telah mulai memeriksa gejala infeksi virus corona pada orang yang datang dari Tiongkok sejak kasus yang pertama tiba di AS pada bulan Januari 2020. Ini adalah upaya untuk meminimalkan wabah tersebut.

Peringatan : Virus corona bisa menyebabkan komplikasi serius. Segera periksakan ke dokter jika kamu mengalami sesak napas atau jika gejala kamu bertambah berat.

Post a Comment for "Mengenal Tentang Virus Corona Lebih Dalam"

Berlangganan via Email