Apa Sih Festival Halloween Itu Sebenarnya? | Lulus SMK

Apa Sih Festival Halloween Itu Sebenarnya?

Apa sih yang dimaksud Halloween itu?. Kalian pasti tau tradisi barat di eropa yang di saat hari H tiba banyak anak dan orang dewasa disana menggunakan kostum bertema hantu yang mencari permen dengan berkunjung ke setiap rumah orang.

Halloween diperingati pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Festival ini dirayakan di berbagai belahan dunia terutama di Amerika Serikat.

Tradisi Halloween dirayakan orang-orang terutama anak-anak dengan mengenakan pakaian atau kostum menyeramkan.

Lalu, bagaimana awal mula Perayaan Halloween diadakan? Dan apa arti dari perayaan ini?.

Asal Usul Halloween?

Apa Sih Festival Halloween Itu Sebenarnya?

Halloween adalah sebuah festival yang berasal dari Bangsa Celtic atau Kelt yaitu nenek moyang Bangsa Eropa.

Festival ini diawali dari festival Samhain dari bahasa Irlandia kuno "Samain" yang berarti akhir musim panas.

Bangsa Kelt mempercayai jika tanggal 31 Oktober merupakan waktu dimana pembatas antara dunia orang mati dan hidup terbuka.

Dalam keyakinan mereka pada tanggal ini Orang-orang yang sudah mati akan turun ke bumi untuk membawa penyakit dan merusak tanaman yang akan mereka panen.

Oleh sebab itu, agar terhindar dari gangguan tersebut Bangsa Kelt kemudian mengenakan kostum menyeramkan untuk berpura-pura menjadi arwah jahat dan berupaya untuk berdamai dengan para roh yang datang.

Makna Simbol Halloween (Labu)

Salah satu simbol dari Halloween adalah labu yang dibentuk menyerupai wajah yang menyeramkan atau yang biasa disebut dengan Jack o’ Lantern.

Budaya ini berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan area penghasil labu.

Menurut legenda, "Jack" adalah seorang petani malas yang cerdas Dia berhasil menipu iblis agar tidak dimasukkan ke dalam neraka, tapi juga tidak diizinkan masuk ke surge karena dosanya.

Dan pada akhirnya arwah Jack berkeliaran dengan membawa sebuah lentera Sehingga disebut dengan Jack o’ Lantern atau Jack of the Lantern.

Makna Kalimat Trick or Treat Di Halloween

Tradisi lain dari Halloween adalah Trick or Treat dimana anak-anak menggunakan kostum menyeramkan dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga untuk meminta permen atau cokelat sambil berkata “Trick or Treat”.

Kalimat Trick or Treat awalnya digunakan sebagai mantra yang dipercaya dapat menenangkan roh jahat, tapi kemudian mulai digunakan anak-anak saat mencari permen di malam Halloween.

Dahulu hanya anak-anak yang kurang mampu yang menggunakan kalimat "Trick or Treat" untuk mendapatkan permen, Tapi sekarang trick or treat adalah budaya untuk semua kalangan.

Halloween adalah representasi sejarah yang kaya akan budaya Tak seperti yang orang kira. Perayaan ini bukanlah perayaan iblis ataupun setan.

Halloween adalah perpaduan dari perayaan yang menandai berakhirnya musim tanam dan menyambut kedatangan musim dingin sebagai tradisi rakyat karena orang Eropa suka berkelana.

Baca juga : Apa Itu Clickbait ?

Budaya ini perlahan tersebar hingga ke benua lain seperti Amerika dan Australia. Bahkan saat ini seluruh dunia pun ikut merayakan euforia Halloween.

0 Response to "Apa Sih Festival Halloween Itu Sebenarnya?"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus