Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sistem Operasi Itu Apa?

LulusSMK.com - Apa sih fungi dan tujuan dari penanaman Sistem Operasi di dalam Komputer dan Smartphone. Kenapa semua perangkat seperti komputer dan ponsel wajib ada Sistem Operasinya?. Nah mari kita membahasnya bersama-sama.

Beberapa dari kalian pasti pernah melihat logo Window dan Linux, atau mungkin kalian pernah mendengar tentang Mac OS, Android. Windows disini bukan windows yang ada di rumah kamu lho yah!.

Windows Sistem Operasi disini yang dimaksud merupakan Sistem Operasi pada sebuah perangkat, seperti pada Smartphone dan Komputer. Lantas, apa itu Sistem Operasi ?, yuk mari kita bahas secara ringkas dan jelas!.

Sistem Operasi Itu Apa?

Apa Itu Sistem Operasi?

Berikut adalah pengertian tentang Sistem Operasi yang terpasang di Komputer serta Perangkat Smartphone seperti Hp Android, Apple, Windows Phone, Blackbarry dan lain sebagainya.

Berbicara soal ini, Sistem Operasi adalah penerjemah, penghubung, jembatan antara manusia dengan komputer atau perangkat yang lain seperti Smartphone.

Kenapa perlu penerjemah ?, Penerjemah pada Sistem Operasi dibutuhkan untuk komunikasi dengan dua bahasa yang berbeda. Apabila manusia menggunakan bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jawa, bahasa sunda dan lain sebagainya. Namun lain halnya bagi bahasa komputer. Bahasa pada Komputer tidak kenal sama bahasa yang kita pakai sehari-hari.

Sistem Operasi Pada Komputer

Pada dasarnya Sistem Operasi pada Komputer menggunakan bahasa mesin yang hanya cuma mengerti "ya atau tidak", "on atau off", "satu atau nol", dll. Contoh misalnya kita mau mengetik huruf "A" kedalam komputer, maka pertama kita pencet tombol "A" pada keyboard, lalu akan ada sinyal bahwa tombol "A" sedang ditekan karena komputer tidak kenal alfabet A,B,C,D,E sampe Z, nah disinilah sistem Operasi mulai berperan.

Sistem Operasi menerjemahkan huruf "A" tadi kedalam bilangan biner satu dan nol. Dan setelah di terjemahkan kedalam bilangan biner, maka komputer sudah mengerti, lalu setelah komputer tahu bahwa tombol "A" sedang ditekan, maka komputer akan merespon dengan bilangan biner lagi, terus Sistem Operasi akan menerjemahkan lagi bilangan biner itu menjadi huruf "A" yang ditampilkan di monitor. Proses ini akan berjalan terus-menerus berputar dan berjalan dengan cepat. Ya, tapi tergantung komputer yang kalian pakai juga sih, kalau kalian masih pakai pentium 1 dengan ram yang kecil, mungkin gak bakalan secepet pentium dan ram yang besar!.

Nah, kita sekarang kan sudah tahu Sistem Operasi itu fungsinya buat jembatan antara si-manusia dan si-komputer. Lantas apa saja sih macam-macam Sistem Operasi yang ada di Komputer ?.

Sistem Operasi itu ada banyak banget, tapi bakalan aku kelompokan jadi tiga bagian saja khususnya Sistem Operasi pada Komputer yaitu Windows, Mac Os dan Linux. Sebenernya untuk Mac OS itu masih keluarganya Linux tapi biarkan saja deh saya tulis ada tiga saja ya!.

Dan untuk Sistem Operasa pada Windows memiliki sejarah yang cukup panjang mulai dari Windows 1.0 hingga sekarang Windows 10. Dan Mac OS juga mengiringi perjalanan Windows, dan sampai sekarang namanya berubah menjadi OS X.

Yang ketiga adalah Linux. Linux adalah Sistem Operasi yang paling banyak. Sekarang ini Linux lebih dikenal dengan Distro Linux. Distro Linux adalah Hirarki Distro Linux.

Kenapa Linux ada banyak ?, Sebab Linux adalah Sistem Operasi yang open source atau sumber terbuka jadi siapapun boleh memodifikasi sistem operasi itu seenaknya sendiri.

Lain halnya Windows dan Mac OS yang termasuk Sistem Operasi yang close source jadi Windows dan Mac OS tidak bisa dimodifikasi oleh pengguna dan cuma orang tertentu yang bekerja di perusahaan tersebut yang bisa memodifikasinya. Jadi intinya Linux itu gratisan, Windows dan Mac OS itu berbayar.

Buat kalian yang menggunakan Sistem Operasi dari besutan Apple seperti Mac Os biasanya Sistem Operasi-nya sudah dibundle sama hardwarenya. Jadi ketika kalian beli komputer ya harus sekalian dapat sama OS-nya gitu.

Nah, buat kalian yang memakai Sistem Operasi Windows di PC, biasanya terpisah antara Hardware dan Softwarenya ketika membeli. Kalian gak bakalan langsung dapat Windows-nya. Jadi buat kalian yang merasa menggunakan Windows, tapi tidak pernah membeli Windows-nya, ya mau pilih instal Windows bajakan atau Ori, terserah kalian, so itu Komputer kalian sendiri!. Namun saran saya sih bila punya uang lebih, kalian bisa beli dan pakai Windows Orinya saja agar bla bla bla.

Baca Juga : Perbedaan Windows Dan Linux, Mana Yang Lebih Baik?

Sistem Operasi Pada Smartphone

Btw, Smartphone yang kalian pakai sehari-hari juga memiliki Sistem Operasi khusus tersendiri lho. Banyak sekali Sistem Operasi yang ada di Smartphone yaitu seperti Android , iOS, dari apple, Windows Phone yang di pakai Smartphone besutan Nokia, dan ada Blackberry yang sekarang udah tidak lagi rilis/update. Untuk iOS dari Apple dan Android adalah yang paling banyak digunakan saat ini.

Kita kembali lagi ke topik Sistem Operasi, langsung saja masuk ke kesimpulannya saja. Jadi apa itu Sistem Operasi ?, Sistem Operasi adalah Jembatan bukan yang itu jembatan suramadu lho!. Jembatan pada Sistem Operasi adalah jembatan antara manusia dengan komputer, tanpa adanya Sistem Operasi, makai kita gak bakalan bisa mengoprasikan komputer.

Baca Juga : Perbedaan Utama Antara iOS Dan Android Dari Pemakaiannya

AKHIR KATA

Semoga artikel yang saya ulas ini bisa memberikan sedikit wawasan buat kalian yang sedang mencari topik seputer Teknologi dari "Sistem Operasi". Jangan lupa bagikan artikel ini ke medsos, agar yang lain bisa tahu yang anda tahu, Trims....!!!.

Post a Comment for "Sistem Operasi Itu Apa?"

Berlangganan via Email