Saturday, January 25, 2020

Rahasia Cara Mengambil Kartu ATM Yang Tertelan

LulusSMK.com - Pernah gak kamu ketika ambil uang, transfer atau cuma sekedar cek saldo ngalamin kejadian yang membuat kamu kesal sekaligus kawatir. Ketika memasukkan kartu ke ATM salah password/sandi 3x atau gak tau kenapa tiba-tiba kartu tidak bisa diambil atau kata lain tertelan di mesin ATM.

Rahasia Cara Mengambil Kartu ATM Yang Tertelan
Gambar ilustrasi : ATM

Kejadian ini gak cuma satu atau dua kali saja, dan bukan kamu saja yang pernah ngalamin. kartu fisik ATM yang tertelan bisa disebabkan oleh beberapa hal dan juga dikarenakan oleh kecerobohan pemilik kartu itu sendiri. Faktor utama yang sering kejadian yaitu lupa atau salah memasukkan sandi 3x atau mungkin lupa mengambil kartu ATM.

Nah, terus bagaimana tips agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dan adakah cara alternatif mengambil kartu yang tertelan di mesin ATM.

Nah, berikut lulusSMK akan membeberkan kode rahasia yang harus kamu pencet jika suatu hari kartu kamu tertelan dimesin ATM?

Apa yang harus dilakukan saat pertama kali menggunakan kartu ATM?. Semua jenis ATM entah itu dari bank BCA, Mandiri, BRI, BNI dan lain sebagainya sama saja untuk proses penggunaannya. Jika sekedar untuk kebutuhan transfer dan cek saldo saja nasabah bisa menggunakan lewat mobile banking di HP. Jika ingin pergi ke ATM maka hal pertama tentu saja nasabah pergi ke ATM Setor/Tarik tunai, terus memasukkan kartu ke mesin ATM. Di dalam mesin ATM terdapat komponen yang dikhususkan untuk menjalankan fungsi menerima dan membaca kartu, komponen inilah yang dinamakan card reader.

Di mesin terdepat mulut yang berfungsi untuk memasukkan kartu Nasabah yang persis berada disisi depan card reader. Kartu akan ada di dalam mesin jika nasabah masih melakukan aktifitasnya. Dan setelah selesai, kartu yang di dalam mesin akan dimuntahkan atau dikeluarkan dari tempat yang tadi dimasukkan nasabah sebelumnya. Kartu tersebut masih separuh badan keluar hingga nasabah mengambilnya. Ada waktu toleransi kesempatan untuk pengambilan kartu tersebut dengan adanya peringatan suara Beep berkali-kali supaya nasabah sadar bahwa kartu masih tertancap sebelum meninggalkan mesin ATM. Namun, bila nasabah masih saja lupa mengambilnya, maka mesin ATM secara otomotis akan melakukan tindakan mekanisme keamanan dengan menelan kartu nasabah.

Lantas seperti apa kerja mesin ATM saat kartu tertelan?

Saat kartu ATM dikeluarkan dari mesin, secara otomatis card reader mengeluarkan kartu nasabah dan memindahkannya ke bagian mulut card reader. Disaat kartu tidak secepatnya diambil, dalam beberapa waktu card reader kembali bekerja dengan mendorong kartu ke dalam. Dari rongga mulut yang posisinya ada di belakang card reader, kartu akan di buang atau di simpan di perut mesin ATM. Perut yang dikhususkan untuk kartu yang tertelan inilah yang di namakan retract box.

Ketika kartu ATM di dalam retract box ini, tidak kemungkinan bisa nasabah atau orang lain mengeluarkan kartu dengan cara apapun, namun bukan berarti kartu yang tertelan tersebut hilang.

Nah, lantas gimana cara supaya kartu yang sudah terlanjur tertelan bisa diambil kembali?.

Satu-satunya cara yaitu dengan mengambilnya secara langsung dengan membuka retract box, namun sayangnya hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses atau membuka retract box itu cuma petugas bank.

Tapi jangan kawatir, sebab kamu bisa kok mengambil kartu yang sudah tertelan tersebut dengan cara menghubungi call center bank atau langsung datang ke Bank dan menjelaskan kenapa kartu bisa tertelan?. Teller Bank akan membuatkan kartu ATM yang baru tanpa menunggu waktu lama. Itulah rahasia cara mengambil kartu ATM yang tertelan dengan cepat, mudah sekaligus aman. Apakah ada kode rahasia alternatif mengambil kembali kartu ATM yang tertelan?, jika memang ada, tulis komentar di bawah ini. Trimakasih dan semoga ulasan ini bisa membantu kamu.

Wahyu Muttaba Merupakan Penulis Blog Sejak Tahun 2013 Waktu Dimana Saya Masih Duduk Di Bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tepatnya Di SMK PGRI Pandaan Dan Masih Aktif Menulis Hingga Sekarang Dengan Topik Seputar Teknologi, Bisnis, Pendidikan Dan Lainnya. Saya Tinggal Di Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Tujuan Saya Membuat Dan Menulis Di Blog Hanya Sekedar Berbagi Pengalaman D

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus
EmoticonEmoticon