Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Daftar Peralatan Untuk Servis HP Profesional Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Teknisi Agar Pekerjaannya Lebih Mudah, Praktis, Dan Nyaman Dalam Perbaikan.

Sebelum melakukan perbaikan atau servis ponsel maka yang kita persiapkan terlebih dahulu yaitu alat-alat yang dibutuhkan untuk servis.
Daftar Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Penting sekali ketika memilih dan membeli alat servis handphone berkualitas, meskipun biayanya sedikit lebih mahal dibandingkan alat murah yang mudah rusak atau tidak nyaman saat gunakan.

Seorang teknisi ponsel profesional mengatakan; dalam memilih alat servis ponsel yang lebih mahal namun berkualitas bisa membantu agar pekerjaannya lebih nyaman dan praktis dalam perbaikan ponsel dan juga lebih awet dalam jangka waktu yang panjang dibandingkan alat servis ponsel murahan yang cepat rusak.

Jawab beberapa pertanyaan di bawah dengan jujur :
  1. Apakah anda ingin menjadi teknisi ponsel profesional?,
  2. Apakah anda adalah seorang pemula yang ingin terjun ke dunia servis ponsel?
  3. Apakah anda pernah menggunakan alat servis ponsel yang berkualiatas atau sebaliknya?

Jika anda sudah paham dasar-dasar dalam perbaikan ponsel dan ingin lebih mendalami tentang servis hp, maka yang anda perlukan pertama kali yaitu beberapa perlatan servis hp profesional.

Daftar Perlatan Perbaikan Ponsel Profesional

Ada ratusan peralatan untuk perbaikan ponsel yang tersedia di pasar. Penting sekali dalam memilih merek alat perbaikan ponsel terbaik. Di bawah ini adalah daftar semua alat peralatan profesional yang dibutuhkan untuk perbaikan ponsel:

1. Solder Listrik

Solder Listrik - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Solder listrik digunakan untuk menyolder komponen-komponen kecil di dalam ponsel seperti kapasitor , resistor , dioda , transistor , regulator, speaker , mikrofon , dll. Solder listrik dengan daya 50 Watt cukup untuk teknisi hp.

Saat membeli solder, pilih yang mudah dipegang dan safety. Solder harus memiliki opsi yang berbagai jenis dan bentuk tip atau bit solder. Kiat atau bit ini harus diganti. Itu juga harus ESD-Safe ( Antistatic ) karena sebagian besar komponen elektronik dalam ponsel sangat sensitif dan dapat rusak karena muatan statis atau listrik statis. Goot dan Weller adalah dua merek terkenal dunia yang bisa anda dapatkan di toko elektronik atau market place.

2. Solder Station

Solder Station - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Tidak jauh berbeda dengan solder biasa pada umumnya, namun untuk Solder Station ini memiliki beberapa kelebihan yaitu terdapat opsi untuk mengontrol suhu tergantung untuk panas yang dibutuhkan dalam penyolderan. Solder terpasang dengan holder stand. Station Solder lebih nyaman, mudah dan cepat daripada solder tradisional pada umumnya. Ketika membeli solder station untuk servis hp, anda bisa memilih model ESD-Safe ( Antistatic ) seperti Merek Solder Station Sugon, Goot, Weller, dan Soldron.

3. PCB Stand / Dudukan PCB

PCB Stand - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Printed Circuit Board atau lebih dikenal dudukan PCB digunakan untuk menampung berbagai jenis PCB pada ponsel yang hendak disolder atau diperbaiki. Alat ini berguna untuk memegang PCB dengan sangat kuat dan tidak memungkinkannya bergerak sehingga dapat membantu dalam perbaikan.

4. Kawat Solder

Kawat Solder - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Kawat solder digunakan untuk menyolder komponen elektronik , IC atau jumper . Komposisi kebanyakan kawat solder adalah Tin / Lead dalam perbandingan 60:40 atau 63:37. Kawat solder tersedia dalam banyak komposisi tetapi komposisi yang paling umum adalah Timah / Perak / Tembaga dalam Rasio 96,5% / 3,0% / 0,5. Kawat solder tersedia dalam berbagai diameter seperti 2.0mm, 1.5mm, 1.0mm, 0.5mm, 0.2mm dll. Untuk perbaikan ponsel kawat solder 0.5mm paling cocok.

5. Multimeter / AVO Meter

AVO Meter Digital - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

AVO Meter atau Multimeter ada 2 jenis yaitu analog dan digital. Dalam perbaikan ponsel, sebagian besar multimeter digital digunakan untuk mencari kesalahan, memeriksa trek, dari komponen. Untuk mengukur tegangan pada kompenen lebih praktis dan profesional menggunakan Multimeter jenis Digital, sebab dapat memberikan nilai yang detail dibandingkan AVO Meter / Multimeter Analog..

6. Mat Anti Static (ESD Mat)

Mat Antistatic - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Mat ESD atau Mat Antistatik diletakkan di atas meja kerja tempat perbaikan ponsel dilakukan. Matras dengan menggunakan kabel yang berfungsi untuk mencegah kerusakan dari listrik statis.

7. Mikroskop / Magnifier

Mikroskop / Magnifier - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Ini digunakan untuk melihat memperbesar beberapa komponen kecil secara detail di Board/PCB Hp. Alat Ini tersedia dalam berbagai opsi zoom seperti 2X, 3X, 5X, 10X dll. Banyak mikroskop juga dapat dihubungkan ke Laptop/PC untuk melihat dan mengatur penglihatan dari layar Monitor

Untuk meringankan pekerjaan teknisi, maka kita membutuhkan alat atau peralatan perbesaran untuk melihat dan memperbesar komponen di PCB. Alat ini terdapat Mikroskop USB, Table Top Magnifying Lamp dan Head Magnifier dengan LED Light.

10. Lampu Kaca Pembesar

Lampu Kaca Pembesar KIT - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Tidak jauh berbeda dengan alat diatas, Lampu kaca pembesar ini juga digunakan untuk melihat dan memperbesar tampilan PCB ponsel dengan memberikan penerangan lampu led. Lebih murah dab  tersedia dalam berbagai opsi pembesaran seperti 3x, 4x, 5x, 10x, 50x dll.

11. Solder Uap Panas / Blower

Blower Solder - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Solder Uap / Blower udara panas disebut. Memiliki kontrol untuk mengatur suhu dan aliran udara panas. Fungsinya sama dengan solder listrik, hanya saja menggunakan udara atau uap panas untuk menyolder komponen, reball IC maupun komponen pada Hp.

12. Tool Kit Ponsel 1 Set

Tools KIT - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

alat elektronik khusus perbaikan ponsel terdiri dari sebagian besar kebutuhan alat kecil dalam satu pack. Sebagian besar alat tersebut terdiri dari solder, penyedot timah, kawat solder, obeng presisi, pinset dll. Jadi sangat praktis, mudah di bawa, dirapikan dan yang terpenting tidak perlu membeli beberapa secara individual.

13. Kit Obeng Presisi 

KIT Obeng Presisi - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Obeng presisi digunakan untuk membuka, melepas dan mengencangkan baut sekrup saat memasang dan membongkar telepon seluler. Obeng presisi ada beberpa ukuran dan jenis ; T4, T5, T6.

Lebih baik membeli obeng Kit karena lebih praktis dan memiliki beberapa obeng dengan berbagai bentuk dan ukuran yang lengkap untuk membongkar dan memasang ponsel.

14. Alat Pembuka Ponsel

Pembuka Ponsel Pick - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Alat ini bentuknya ada banyak, namun umumnya seperti pick gitar yang digunakan untuk membuka kesing atau body ponsel tanpa merusak kuku. Pada umumnya pick pembuka ini juga berfungsi untuk membuka LCD & Touchscreen.Pembuka ponsel tersedia dalam berbagai bentuk dan terbuat dari bahan yang berbeda seperti plastik atau logam. Anda harus selalu menggunakan pembuka ponsel non-logam dan Aman-ESD untuk menghindari kerusakan.

15. Sikat Pembersih PCB

Sikay Pembersih PCB - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Sikat kecil ini digunakan untuk membersihkan bagian PCB ponsel sebelum dan sesudah diperbaiki. Ketika ponsel rusak terkena air maka alat ini berguna sekali sebab anda bisa membersikannya dengan bantuan sikat dan cairan IPA (Thinner) agar PCB bisa bersih. Penting untuk hanya membeli sikat pembersih ESD-Safe.

16. Pinset Ponsel

Pinset HP - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Pinset diperlukan untuk memegang bagian komponen, IC, kawat jumper dll saat menyolder dan Desoldering. Banyak jenis pinset dengan ujung mata yang berbeda namun fungsinya sama yaitu memegang komponen, IC, ataupun Kawat ketikan ingin menjumper dari titik satu ke titik yang lain.

17. DC Power Supply

DC Power Supply - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

DC Power Supply ini digunakan untuk memasok arus DC ke ponsel. Kebanyakan orang teknisi smartphone perlu dan wajib mempunyai Power Supply DC. Power Supply DC berguna untuk menghidupkan telepon seluler tanpa menggunakan baterai. Alat ini juga berguna sebagai pengisi daya dan juga berfungi sebagai multimeter atau AVO.

18. Tes JIG Box

Test JIG Box - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Perangkat ini digunakan untuk mendiagnosis dan menemukan kesalahan atau masalah di ponsel. Tes JIG membantu ponsel menyala dan bekerja secara normal tanpa memasang kasing. Alat ini juga membantu untuk menguji dan memeriksa tegangan dan titik uji lainnya pada PCB. Dengan kata lain membantu ponsel bekerja/hidup tanpa memasang baterai.

19. LCD Tester

LCD Tester - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

LCD Tester digunakan untuk memeriksa apakah layar LCD ponsel rusak atau tidak. Dengan adanya alat ini pekerjaan teknisi akan lebih prakstis karena tidak perlu cek langsung menggunakan ponsel.

20. BGA Kit

BGA KIT - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

BGA Repair Kit digunakan untuk Reball dan memperbaiki IC. BGA singkatan dari "Ball Grid Array".

21. IRDA Welder Infrared Heating Rework Station

IRDA Welder Infrared - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Mesin ini mirip dengan solder blower. Satu-satunya perbedaan adalah dapat memberikan panas melalui inframerah. Alat ini sangat tepat dan memberikan panas yang lebih fokus pada titik atau target tertentu sehingga bisa mencegah kerusakan pada komponen elektronik yang terdekat pada PCB lainnya.

22. Ultrasonic Cleaner

Ultrasonic Cleaner - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Alat atau mesin ini digunakan untuk membersihkan atau mencuci PCB ponsel dari komponen elektronik yang menempel. Lebih pratis tanpa harus membersih dengan alat manual.

23. Kawat Jumper

Kawat Jumper - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Kawat jumper adalah kawat tembaga yang tipis yang digunakan untuk menyambung dari satu titik ke titik lain pada jalur komponen di telepon seluler yang putus. Kebanyakan Teknisi melakukan Servis Hp dengan mengandalkan kawat jumper serta juga alat pendukungnya yaitu solder listrik + timah + penyedot timah.

24. Paste Timah Solder

Paste Timah - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Paste Solder adalah cairan timah dengan bentuk semi-padat seperti pasta. Paste solder sangatlah berguna untuk teknisi hp yang ingin memperbaiki masalah dibagian IC ataupun komponen dengan menggunakan alat pendukung ; Blower Udara Panas. Biasanya sering digunakan untuk kepentingan Reballing pada IC seperti IC Emmc atau IC Power.

25. Flux Paste dan Cair

Flux Paste - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Ada dua jenis flux yaitu Paste dan Cair. Flu Paste (Tempel) adalah cairan khusus pendukung solder maupun blower uap panas untuk kepentingan servis. Tujuan utama pada fluks Paste adalah untuk menghilangkan oksida dan kotoran lain dari Track PCB dan dari lead komponen elektronik untuk penyolderan yang baik dan konduktivitas listrik. Fluks cair tidak jauh berbeda fungsinya dengan fluxs paste yaitu juga dapat meningkatkan kualitas penyolderan.

26. Thinner PCB

Thinner PCB - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Thinner PCB digunakan untuk membersihkan PCB ponsel. Pembersih PCB yang paling umum digunakan dalam perbaikan ponsel adalah cairan IPA atau Isopropyl Alcohol. Penting sekali membeli pembersih PCB yang berkualitas baik karena pembersih PCB berkualitas buruk dapat merusak board.

27. Spons + Stand Solder

Spons & Stand Solder - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Spon ini khusus digunakan untuk membersihkan mata/ujung solder yang tertempel bekas timah ketika ingin dan setelah menyolder. Stand Holder Solder ini berguna sebagai tempat / rumah solder agar lebih rapi.

28. Penyedot Timah

Penyedot Timah - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Desoldering wire atau penyedot timah digunakan untuk menghilangkan kelebihan timah. Penggunaan alat ini cukup sederhana hanya dengan menekan dan menyedot timah pada target/titik tertentu timahnya kebanyakan.

29. Peredam Asap Solder

Peredam Asap Solder - Peralatan Servis HP Profesional Apa Saja?

Alat ini seperti exhaust fan yang membantu untuk menyaring asap yang keluar ketika hendak menyolder dan Desoldering. Kesehatan seorang teknisi hp juga perlu di perhatikan karena asap yang dikeluarkan dari solder/blower cukup berbahaya bagi paru-paru.

Baca Juga Tips Dan Trik Servis HP :



Akhir Kata

Itulah 29 alat yang sangat dianjurkan bagi rekan-rekan yang ingin lebih profesional lagi sebagai seorang teknisi ponsel. Sebenarnya masih banyak lagi alat pendukung lain untuk seorang teknisi profesional seperti halnya BOX Flashing dll. Namun yang baru memulai terjun ke dunia servis hp, lebih baik menggunakan alat-alat servis umum seperti, solder, timah, pinset, obeng, avo meter, blower dan power supply. Apabila ingin mendalami lagi, maka anda bisa beli satu persatu alat yang saya sebut diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel