Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenapa Masih Takut Dengan Jarum Suntik?,

LulusSMK.com - Saya pas waktu kecil takut dengan yang namanya suntik. Dan ketika beranjak dewasa mulai tahu kalo disuntik itu tidak sesakit rasa sakit hati pas lagi sayang-sayangnya.

Kamu tahu gak sih etakutan itu ngga lahir begitu aja. Dan ketakutan ini sama aja kaya kita takut sama benda lainnya.

Kenapa Masih Takut Dengan Jarum Suntik?,

Gara-gara cuma takut disuntik oleh dokter atau bidan, kita jadi susah melakukan banyak hal berbau obat-obatan kesehatan, seperti, vaksin, tes kesehatan, hingga donor darah. Namun, sebenernya apa yang membuat ada sebagian orang yang saat ini masih takut sama jarum suntik?

Rasa takut yang kita rasakan ketika sama jarum suntik tersebut sebenernya sama saja kita takut sama hal benda yang lain. Ketakutan seperti ini memiliki nama "Trypano Trypanophobia phobia". Lalu, apa yang membuat orang bisa mengidap Trypanophobia?

Baca Juga : APA Gejala Dan Tips Mencegah MALARIA?

Singkat cerita, Orang yang jadi takut sama jarum suntik, dikarenakan sering ditakut-takutin waktu dia masih kecil. "

"Pada saat disuntik itu sakit banget!"

Dan itulah kenapa kita sampai menjerit seperti orang kesurupan waktu disuntik, keringet dingin, lemas, kepala pusing, cemas bahkan sampai pingsan setiap melihat jarum suntik.

Buru-buru disuntik, baru melihat jarumnya saja udah ketakutan.

Nah, gara-gara rasa perasaan itulah yang membuat rasa takut sampai sekarang tidak hilang-hilang dan tidak heran sampai dewasa pun masih kebawa takut. Terus, bagaimana sih cara menyembuhkan Trypanophobia?

Fakta Trypanophobia ini, bukanlah cuma satu orang aja yang mengidapnya. Sebab ada dari 80% rata-rata orang diidunia memiliki rasa takut dengan namanya jarum suntik.

Akan tetapi, setiap rasa takut pada hal sesuatu maka cara menyembuhkannya ialah harus ada yang dikorbankan, yaitu kesehatan kita sendiri. Pasti kita tidak ingin kan seperti ini terus, ya masak sih udah gede masih takut sama jarum suntik!.

Singkatnya, salah satu tips yang sering buat menyembuhkan rasa takut ini bernama cognitive-behavioral therapy, dengan hipnoterapi, supaya kita perlahan-lahan menyukai keberadaan jarum suntik, agar kita tidak lagi takut sama jarum suntik saat ingin periksa kesehatan, diambil darahnya dll.

Oleh karena itu, kita bisa membayangkan kalau kita terus-menerus takut sama jarum suntik dan si dokter, takut kalau mau tes kesehatan, atau takut donor darah untuk orang yang membutuhkan diluar sana. Masak sih gak kasihan sama orang yang lain yang butuh pertolangan kita untuk kelanjutan hidupnya dengan mendonor darah.

Mungkin saat pertama pasti kita masih ragu dan takut jarum suntik. Tetapi kita bisa kok jadi pahlawan karena bisa membantu orang lain, cuma lewat darah kita! dan pastinya perlahan-lahan, kita jadi berani.

Post a Comment for "Kenapa Masih Takut Dengan Jarum Suntik?,"