Mengenal Jurusan SMK Dengan Prospek Kerja Bagus Tahun Ini

LulusSMK.com - SMK adalah sekolah menengah kejuruan yang mempersiapkan siswa untuk bekerja setelah lulus. Selain belajar teori, praktek, juga dapat dikatakan bahwa SMK bisa langsung kerja setelah lulus tanpa melanjutkan ke jenjang Universitas. Namun, bukan berarti harus selalu berhenti mencari ilmu ke bangku kuliah, banyak juga kok yang memutuskan untuk mengajar ilmu lagi ke universitas, dan baru memasuki ke dunia karir setelah tamat sarjana.

Manfaat siswa memilih SMK adalah karena mereka sering berlatih, tahu lebih banyak tentang subjek mereka, memiliki gambaran yang lebih jelas tentang rutinitas dan tempat kerja, sehingga memiliki arah yang jelas ketika memilih jurusan.
Mengenal Jurusan SMK Dengan Prospek Kerja Bagus Tahun Ini
Divisi yang dipilih tidak harus sama dengan jurusan selama SMK. Jika Anda merasa itu tidak cocok dengan jurusan yang dipelajari selama SMK dan ingin jurusan lain untuk belajar juga.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Jurusan SMK Yang Tepat

Apa jurusan sekolah yang cocok untuk anak SMK? Ada setidaknya 14 pilihan jurusan untuk  anda mempertimbangkan sebagai berikut :

1. Adminitrasi Perkantoran

administrasi untuk mempelajari masalah administrasi seperti korespondensi, pengarsipan dan etika kerja di kantor. Lulusan Administrasi Kantor dapat bekerja di berbagai perusahaan sebagai staf administrasi atau kesekretariatan. Baik di sektor publik maupun swasta.

2. Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu jurusan yang memikat dengan gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan membutuhkan laporan keuangan untuk menghitung hilangnya keuntungan. Laporan ini membantu tidak hanya untuk menilai kinerja perusahaan, tetapi juga untuk menentukan strategi masa depan perusahaan.

3. Perbankan

Serupa dengan departemen akuntansi, Departemen bank juga akan memberikan siswa dengan keterampilan berhitung. Namun, jurusan Bank lebih fokus pada aktivitas yang berhubungan dengan Bank seperti penghitungan uang, akuntansi, dan dokumentasi.

4. Marketing Pemasaran

Di jurusan pemasaran, siswa belajar tentang strategi pasar, Kewirausahaan dan kesempatan membaca di dunia bisnis. Juruasan ini akan meningkatkan kemampuan siswa untuk memasarkan produk/jasa mereka. Prospek pekerjaan mereka tidak terbatas, mereka dapat bekerja di sektor apapun, karena setiap upaya membutuhkan pemasar untuk mempromosikan produk Jasa.

Baca Juga : Rencananya Mau Kemana Setelah Lulus SMK/SMA

5. Jurnalistik

Jurusan Jurnalis untuk menjadi seorang wartawan dapat bekerja di mana saja, seperti Kantor Surat Kabar, majalah, publikasi Stasiun TV, radio dan banyak lagi. Selama penugasan untuk mendapatkan data dan materi yang akurat dan menarik, mereka harus menghadiri berbagai acara dan pertemuan, melakukan wawancara, berkonsultasi dengan para ahli atau konsultan. Setelah informasi yang diperlukan selesai, mereka mulai menulis dan hasil tulisan yang baik dicetak atau diterbitkan secara digital.

Untuk melakukan tugas dengan benar, mereka juga harus menguasai margin teknis, seperti mengatur tampilan skrip, memilih atau mengambil foto yang benar untuk membuat bahan tulisan lebih menarik, dan seterusnya.

6. Animasi

Jurusan animasi adalah bagian dari produksi film dan TV yang belajar bagaimana membuat sebuah animasi/anime gambar dan video, dari dasar hingga penciptaan animasi dengan alat canggih. Pekerjaan seorang animator membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan ide, pesan dan efek dalam animasi, sehingga membutuhkan rasa antusias yang tinggi.

7. Multimedia

Jurusan multimedia belajar tentang pengembangan web, multimedia, permainan/Games, produksi bioskop dan industri media. Pada era digital saat ini, jurusan multimedia sangat dicari. Karena hampir semua perangkat digital membutuhkan ahli multimedia.

8. Tata Busana

Jurusan Tata Busana belajar tidak hanya bagaimana merancang produk fashion saja, tetapi juga bagaimana memasarkan produk, bagaimana melihat tren fashion, membuat tren fashion dan menggunakan teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Di juruaan tata busana, siswa akan mempelajar jenis gambar, memotong pola pakaian, memilih bahan untuk membuat pakaian.

9. Perhotelan

Jurusan perhotelan mempelajari standar hotel dan layanan hotel. Lulusan dari Perhotelan ini dapat bekerja di hotel bintang 5 sesuai dengan standar internasional.

10. Pariwisata

Salah satu alasan mengapa siswa memilih bidang ini karena mereka ingin melakukan perjalanan ke banyak tempat, apalagi membayar untuk melakukannya. Bukankah itu terdengar lucu?

Jurusan pariwisata ini cocok bagu Anda yang tidak menyukai pekerjaan indoor, yang terikat oleh rutinitas seperti bekerja di kantor dan berurusan dengan orang yang sama setiap hari. Daerah ini membawa berbagai Pelanggan yang membutuhkan layanan hiburan dan pariwisata.

11. Otomotif

Di Jurusan Teknik otomotif, siswa akan mengetahui berbagai mesin otomotif, bagaimana mobil dan sepeda motor dapat dirakit di transportasi. Dengan keterampilan yang mereka pelajari, mereka kompeten dalam perakitan dan modifikasi kendaraan, dalam penciptaan tanaman mereka sendiri dan di industri otomotif.

12. Elektronika

Tidak seperti teknologi otomotif, yang berfokus pada mesin, teknik elektronika mempelajari hal yang berbau fisika, seperti kekuatan dan daya elektromagnetik.

Hari ini, kebutuhan untuk elektronik lebih besar. Dimulai dengan teknisi telekomunikasi; Rasar teknisi, Sonar dan navigasi; Frekuensi radio dan teknisi microwave; Teknisi servis, teknisi sistem jaringan, dan banyak lagi.

13. Farmasi

Dalam jurusan ini, siswa belajar tentang zat kimia untuk peracikan obat-obatan. Setelah lulus, ia dapat bekerja sebagai pekerja farmasi di perusahaan farmasi, apotek dan rumah sakit.

14. Analisis Kimia

Analis jurusan kimia sendiri mempelajari hal-hal tentang kimia yang secara terperinci untuk memproduksi atau mempelajari produk kimia. Prospek jurusan kimia analis adalah sebagai kemerahan seperti yang diperlukan dalam banyak sektor terkait seperti farmasi, pertambangan, pertanian, dan kimia yang berhubungan dengan sektor industri.

Meskipun disebut sebagai analis kimia, jurusan juga mengandung sedikit matematika dan fisika. Kursus ini cocok jika Anda memiliki gairah yang kuat untuk ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Apa Saja Program Studi Mata Kuliah Jurusan Astronomi S1

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel