Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Tips Wajib Untuk Memulai Bisnis Online Pertama Kali

8 Tips Wajib Untuk Memulai Bisnis Online Pertama Kali
LulusSMK.com - Hari ini kita akan belajar mengenai 8 tips sukses wajib bagi pemilik bisnis online pemula.

Mempunyai bisnis online itu memang tidak mudah, karena sekecil-kecilnya bisnis online anda, anda tetap seorang pemilik bisnis!!

Berarti anda seorang entrepreneur!.

Nah anda harus pelajari mindsetnya itu gimana??!!.

Nah hari ini saya akan memberikan, 8 tips sukses wajib bagi anda pemilik bisnis online pemula dan kita akan lanjut sesudah yang satu ini.

Di sini ini kita ngomongin segala sesuatu mengenai teknologi, startup dan juga bisnis online yang saya yakin anda pasti suka.

Semua hal saat ini bisa dilakukan secara online, mulai dari menjalankan bisnis, membangun portofolio diri, Hingga mendulang sumber pendapatan yang mak nyuusss!!!.

Nah, bicara soal online presence, Website adalah sarana terbaik untuk membangun kesuksesan online.

Bahkan punya website Jauh lebih bermanfaat daripada sekedar punya akun media sosial. 

Konsumen terbukti lebih percaya pada brand yang memiliki website sendiri. Mantap banget yah?!

Nah, buat anda yang mau bikin website, Anda harus pilih hosting terbaik. Hosting yang baik akan menjamin keamanan dan kecepatan loading website kalian.

Makanya, saya merekomendasikan kalian buat pakai Niagahoster. Niagahoster merupakan layanan web hosting terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai produk hosting sesuai kebutuhan masing-masing website.

Dari website kecil sampai website dengan jutaan pengunjung, Niagahoster siap menjaga uptime website kalian hingga 99.99%!!.

Tak cuma itu, punya website sendiri berarti juga peluang pendapatan baru misalnya lewat iklan, program afiliasi, partnership, dan sebagainya.

Jadi tunggu apalagi, let’s unlock the power of internet!.

Hari ini saya akan ngomongin mengenai 8 tips sukses wajib buat anda pebisnis online pemula.

Nah, Tips ini akan lebih ke arah mindset ya!! jadi mindsetnya tuh harus benar dulu Tips yang pertama adalah ini!!.

1. Jangan menilai sebuah bisnis hanya dari angka penjualan terbesar saja

Nah ini maksudnya apa??,

Jadi banyak sekali kadang-kadang kalau kita ketemu dengan orang dan kemudian kita ngobrol-ngobrol terus ditanya omsetnya berapa atau gimana, wah dia dengan bangga akan ngomong,

"Wah hari ini saya omsetnya berapa?? atau bulan ini saya omsetnya berapa?? atau bahkan tahun ini saya omsetnya berapa??".

Jadi biasanya mereka tuh akan ngomong mengenai hal-hal yang bagus-bagus saja, Betul bukan?!!.

Dan ini memang kecenderungan yang umum, termasuk kita sendiri kadang-kadang kalau saat kita ngomong karena supaya mau dianggap dengan orang lain kita selalu ngomong,

"oh saya sudah punya misalnya sudah punya 10 ribu customer, Atau saya misalnya sudah punya omset 150 juta sebulan Padahal misalnya bulan lalu hanya 50 juta".

Nah, jangan suka mengukur bisnis sendiri dengan angka yang paling tinggi tersebut Kalau mungkin anda ngomong sama orang lain tidak masalah, tapi dalam hati anda tahu Bahwa 150 juta, 250 juta, 1 milyar atau apapun itu, itu adalah angka tertinggi, ya kan?!!.

Mungkin aja next time tidak seperti itu,

"Jadi, anda harus selalu siap sedia, siap payung sebelum hujan!!" maksudnya apa??,

Jangan cepat terbuai ya, mikirnya selalu wah omset saya 1 milyar-1 milyar. Padahal gak setiap kali seperti itu.

Jadi anda harus selalu prepare dan harus selalu cari Bisnis yang baru atau lini yang baru yang bisa menambah istilahnya income anda.

Jadi saran saya yang pertama tipsnya adalah Jangan menilai bisnis anda dari nilai yang terbesar yang pernah anda capai!!

2. Jangan terlalu cepat ekspansi

Ingat ya, ini adalah penyakit kebanyakan pebisnis online pemula yang baru dapat omset ratusan juta biasanya udah semangat Atau bahkan puluhan juta saja udah semangat banget ya?!!.

Jadi pertama misalnya jual barang-barang baby aja, dan kemudian dia saking semangatnya dia buru-buru langsung Dari baby loncatnya kemana??, loncatnya gak?!!,

Tanggung-tanggung, loncatnya misalnya ke gadget jauh banget dari baju bayi ke gadget. Kalau dari baju bayi misalnya ke baju hamil nah itu masih ada hubungannya, Atau ke aksesoris hamil, atau misalnya makanan bayi itu masih ada hubungannya, Paham ya maksud saya??!!.

Jadi kalau misalnya anda mau ekspansi jangan terlalu dini!!, Fokus saja dulu, misalnya dalam satu tahun, dua tahun benar-benar fokus!!.

Misalnya kalau jual barang-barang bayi berhasil yasudah, Semua tentang peralatan bayi di kembangin, tapi lininya sama "bayi".

Jangan loncat terlalu jauh!!. Banyak sekali orang buru loncat terlalu jauh sehingga akhirnya benar-benar jauh dengan kategori yang pertama kali dia buat.

Dan akhir-akhirnya kategori yang awal ini masih jalan tapi yang baru-baru ini semua gak ada yang jalan, Dan duitnya yang untung dari sini habis semuanya di tempat yang ini ya,

Jadi make sure anda jangan ekspansi terlalu cepat,okey!!.

3. Jangan mudah terbuai sanjungan dan juga jangan mudah merasa gagal atau kalah

Kalau misalnya anda tidak berhasil Karena kenapa?? didalam namanya bisnis, hidup itu tidak ada yang selamanya ya jadi semua itu temporary.

Hari ini anda mungkin bisa naik kemudian nextnya mungkin bisa turun. Udah turun dont worry!!, Nanti bisa naik lagi dan nanti bisa turun.

Jadi anda harus biasa seperti itu, Gak ada yang namanya naik terus dan gak ada juga yang namanya jatuh terus.

Anda harus punya filosofi mindset seperti itu, karena itu adalah hal yang diperlukan seorang pebisnis!!.

Jadi jiwa entrepreneurship itu seperti itu anda harus selalu siap sedia, dan anda harus bisa beradaptasi.

Jadi anda harus pikir kalau misalnya anda sedang naik, anda mikir gimana caranya supaya bisa naik terus atau minimal mempertahankan!!.

Tapi kalau misalnya anda lagi turun, anda harus pikir gimana caranya supaya jangan turun terus. Pikir gimana caranya supaya naik lagi?!!. Jadi anda harus terus beradaptasi dan belajar.

Itulah gunanya kalau mindset-mindset ini tertanam sejak awal anda bisa paham bahwa jadi seorang pebisnis itu memang bukan hanya masalah modal, Bukan hanya masalah teknis, tapi masalahnya adalah mental!!.

4. Selalu upgrade dan investasi ilmu!!

Nah ini menurut saya sangat penting,

karena kenapa??, lSaya sangat yakin dengan peribahasa ini, 

"Diatas langit ada langit, diatas gunung ada gunung". Pernah dengar yang kayak gitu??,

Nah jadi peribahasa ini mengatakan bahwa gak ada orang yang tau semuanya, gak ada orang yang paling pinter, Selalu ada orang lain yang dia bisa pelajari.

Bahkan kalau menurut saya sekarang jamannya malah kita belajar dari anak-anak kecil. 

Kemarin saya inget banget ada satu training yang ngajarin anaknya temen saya, anaknya tebak umur berapa?? 11 tahun!! yes 11 tahun sudah punya omset bisnis online 12 juta.

Bayangin anak 11 tahun bisa punya omset 12 juta, Anak 11 tahun bisa punya omset 12 juta dari jualan online, waw!, saya bilang dunia ini sudah terbalik ya kan??!!.

Jadi yang tua-tua malah belajar sama yang muda, nah itulah makanya diatas langit selalu ada langit, diatas gunung selalu ada gunung. Anda harus selalu belajar!!.

Nah kalau misalnya anda mau belajar sesuatu yang cepat dan juga punya experience mengenai bisnis online terlebih buat anda yang dari pemula ya?.

Yang membuat anda lari-lari, yang membuat anda jalan-jalan, kumpul dengan orang lain dan juga membuat energi anda main langsung!!.

Dimana anda belajar mendapatkan 100 juta pertama, dan bahkan kalau bisa 100 juta setiap bulan!!, mau?!!.

Mulai dari mindsetnya dan juga bagaimana caranya menjalankan bisnis online, tapi dengan cara yang FUN!!.

Dan cara yang exciting ya, jadi gak cuma duduk dan nyatet doang!!, Tapi anda bisa ketemu dengan orang lainnya dan juga membentuk tim, dan juga main bareng dan benar-benar menjalankan simulasi,

"Seperti anda punya toko online yang sudah punya omset 100 juta sebulan", Menarik sekali bukan?!!

5. Keluar dari isolasi diri

Nah maksudnya ini apa??.

isolasi diri ini seperti ini, Pada saat anda mulai naik keatas, anda akan merasa bahwa anda ini mikirnya beda!!.

Mungkin teman-teman anda yang dulunya senang main-main bareng, Atau gimana anda gak sempat lagi,

Jadi anda akan berasa banyak orang itu menjauhi anda!! menjauhi dalam arti kata, karena anda sekarang udah gak main sama mereka.

Nah anda harus bisa keluar dari sini, Caranya gimana keluar dari sini??.

Anda harus mulai cari orang-orang yang setipe dengan anda, Bisa paham disini ya?!!,

Jadi banyak orang tuh ngerasa pada saat dia berbisnis sendiri, teman-temannya mulai menjauhi dia, bahkan kalau sampe yang parah banget, keluarganya menjauhi dia Kok bisa begitu??

Ya karena mungkin dia sangat konsentrasi dengan bisnisnya. Ini gak ada yang salah!!,

Maksud saya anda cuma harus cari teman-teman lain, teman-teman baru terutama yang punya mindset yang sama.

Nah biasanya kalau anda ketemuan dengan teman-teman yang ini. anda malah jadi lebih terbakar semangatnya!!. Karena kenapa??

Mungkin mereka lebih gila lagi dari anda!!. Nah ini yang akan membuat wawasan anda berkembang!!.

Jadi kalau misalnya anda memilih jalan sebagai seorang pebisnis atau entrepeneur, dan anda merasa masih sendirian?!! Trust me!!, Anda bukan yang sendirian, anda hanya perlu cari orang-orang yang sama!!

6. Jangan terlalu perfeksionis!!

Nah ini dia!!, Jadi banyak sekali orang yang kayaknya mau ngerjain sesuatu gak jadi-jadi, karena kenapa?? Menunggu semuanya perfect?.

Salah satu yang paling simpel itu, contohnya video youtube.

Saya ada teman anak saya, orangnya ini senang nyanyi senang itu, dan kemarin pas pertama kali saya ngobrolin kamu bikin youtube aja dia semangat!!.

Kemudian dia sudah bikin 10 video kemudian dia stop, dan stopnya kurang lebih lama juga sekitar 5-6 bulan.

Saya bilang, "loh kenapa kamu stop?!!", Karena waktu kemarin saya lihat ternyata salah satu videonya ditonton oleh puluhan ribu views. 

Saya bilang lagi, "tuh lihat karena kamu stop sekarang mereka gak dapet video-video terbaru lagi.

Sayang bukan?!!. Nah itu, dia paham?!. Karena kenapa??,

Saya bilang "kenapa kamu gak terusin?!!"

Dia bilang, "saya pengen semuanya tuh perfect". Owalah, Jadi dia pengen perfect apa?? pengen perfect dari segi gambarnya, waktunya, moodnya, tekniknya dan lain sebagainya.

Saya bilang, "ya gak mungkin!!", Semua bisnis dan semua hal di dunia ini tidak ada yang perfect 100%.

Bahkan kalau anda lihat misalnya contoh facebook, instagram atau bahkan mobil apapun juga kalau versi pertamanya biasanya itu gak bagus.

Yang sudah kita lihat sekarang, yang sudah bagus banget itu sudah versi yang ke berapa puluh, atau berapa ratus bahkan.

Jadi selalu ada penyempurnaan, tapi yang paling penting pertama adalah "Mulai dulu".

Jadi jangan tunggu terlalu perfect, karena untuk mulai bisnis tidak ada waktu yang paling perfect ya?!.

Selalu saja ada sesuatu, tapi kalau anda mau mulai, ya udah mulai aja sekarang!!.

Jadi saran saya, anda mulai langsung tidak perlu tunggu perfect-perfect!!.

7. Jaga kesehatan!!

Yes jaga kesehatan!!, Kenapa?,

Kalau misalnya anda sudah menjalanka bisnis online, biasanya tuh dia sudah excited ramai, Orang suka lupa waktu!!, maksudnya apa??

kadang-kadang kerja sampai larut malam, jam 12 atau jam 1 masih sibuk. Well, gak salah sih, memang bisnisnya banyak!!,

Nah kalau misalnya seperti itu anda harus mulai manage, hire orang!!.

Intinya, anda harus tau bahwa waktu itu sangat berharga buat anda, dan terlebih kalau anda tidak istirahat,

Kesehatan anda bisa turun Mungkin anda masih muda 20-30 tahun masih gak ngerasa, tapi begitu anda hit angka 40 atau 50 ya itu kondisi badan gak bisa dibohongin,

Karena kenapa??, Yang namanya otak ini masih muda tapi badan ini sudah beda. Nah, anda harus berpikir kesehatan kalian juga sesuatu investasi yang paling penting.

Jadi pastikan tidur/istirahat yang cukup, makan yang sehat dan olahraga yang teratur!!.

jadi jangan sampai anda punya duit banyak tapi kesehatan tidak terjaga, Itu juga sama juga bohong!.

8. Anda harus belajar jadi pendengar

Sebagai seorang pebisnis ya, terutama pebisnis online pemula, anda harus belajar mendengar!! Jangan belum ngomong apa-apa baru dengerin orang lain udah ngebantah. Maksudnya gimana?.

Anda punya pikiran sendiri begitu ya, jangan seperti itu!!.

Kalau misalnya anda mau seperti itu ya gak ada orang yang bakal mau ngajarin anda. Gak ada bakal orang yang pengen kumpul dengan anda, karena kita jadi orang yang nyebelin.

Dont be like that!!.

Pada saat orang ngomong sesuatu meskipun anda tahu dia salah, Diam. Diam dulu, dengerin aja dulu. Ini namanya teknik bersosialisasi, karena kenapa??,

Teknik ini saya rasa tetap penting dimanapun juga, kalau misalnya anda mau bisnis anda punya relasi baik dengan vendor, baik dengan cutomer baik dengan reseller, anda harus bisa jaga yang namanya sosialisasi ini.

Jadi coba dengarkan dahulu, makanya kita di kasih tuhan 2 telinga dan 1 mulut karena supaya dengarnya lebih banyak daripada ngomongnya, Bener bukan?!!.

Jadi coba dengerin dulu, dan sudah dengerin dan anda dapet. anda baru bisa ngomong, biarkan aja orang lain yang ngomong.

Jadi jangan terburu-buru langsung beropini mengenai sesuatu, Dan saya rasa ini merupakan salah satu tips yang paling baik buat saya, Karena kenapa??.

Saya sendiri banyak terlibat dalam situasi seperti ini dan kebanyakan pada saat saya dengar, saya malah lebih mengerti mengenai orang tersebut.

Sekian dari saya itu adalah 8 tips sukses wajib bagi pemilik bisnis online pemula Saya harap ini berguna buat anda.

Sumber artikel : https://teknobie.com/

Post a Comment for "8 Tips Wajib Untuk Memulai Bisnis Online Pertama Kali"

Berlangganan via Email