3 Langkah Memulai Bisnis Online Dari NOL Untuk Pemula

LulusSMK.com - Hari ini kita akan berbicara mengenai 3 cara cepat memulai Bisnis Online dari NOL untuk pemula.

Banyak yang bertanya, "Saya ini benar-benar pemula untuk memulai bisnis", "Saya Gak tau harus mulai dari mana?".

3 Langkah Memulai Bisnis Online Dari NOL Untuk Pemula

Ada banyak sekali yang berpikiran seperti itu, karena mungkin mereka dulunya itu adalah pebisnis offline yang gak pernah terjun ke dunia online dan gak tau bisnis online kayak gimana??.

Mereka bingung Dan ada juga banyak yang memang benar-benar memulainya dari NOL, tidak pernah menjalankan bisnis sama sekali dan mereka pengen tau "bagaimana sih caranya bisnis online dari NOL?".

Hari ini saya akan bongkar rahasia, 3 Cara Tercepat Untuk Start Bisnis Online Dari NOL Khususnya Untuk yang masih Pemula.

Kita akan membahas segala sesuatu mengenai startup, teknologi, serta bisnis online yang saya yakin anda pasti ingin tahu.

Banyak sekali orang-orang yang mulai dari awal dan mereka masih belum tau harus melangkah. 3 Tips supaya anda bisa dapat shortcut, "gimana caranya mulai dari NOL tanpa bla bla bla?...

Okey, langsung saja kita bongkar dan praktekkan dari beberapa tips rahasia sukses berbisnis, berikut tips yang harus anda lakukan dalam melangkah dan memulai suatu bisnis online dari NOL.

Bisa Karena Terbiasa

Intinya kalau anda mau bisa, anda harus membiasakan diri melakukan hal itu berulang-ulang, benar apa tidak?.

Banyak sekali orang itu gagal memulai bisnis online-nya terlebih yang memilainya dari 0 besar, ya untuk pemula, karena kenapa?.

Mereka ini tidak terbiasa!! jadi mereka pergi ke seminar atau pergi kemana, cuma pengen doang tapi dia gak pernah ngelakuin, karena Pada saat seminar itu dia semangat, Excited!.

Namun akan tetapi begitu dia pulang kembali ke habitat semula ya Kalau dia pelajar, dia kembali jadi pelajar. Kalau misalnya dia punya toko, dia kembali jadi jaga toko Dan dia gak pernah mulai bisnis onlinenya, kenapa?.

Karena environmentnya gak mendukung!, Jadi kalau misalnya anda mau terbiasa, saran saya anda cari lingkungan yang mendukung!, contoh yang dimaksud apa?.

Cari komunitas!, ya sebuah komunitas, cari teman- teman yang sama-sama mau dan punya semangat besar ingin menjalankan bisnis online, ya minimum dua orang lah!.

Jadi kalau berdua minimum ada saingannya gutu atau ada kompetisi!. Jadi anda bisa tahu, "oh saya udah ngerjain ini!", "oh saya udah ngupload nih", oh iya saya hari ini omset segini".

Jadi ada yang namanya teman baru, sebuah bisnis akan bisa berjalan, "Trust me", kalau misalnya anda pengen melakukan sesuatu terutama anda di bisnis online, atau bahkan di olahraga sekalipun, maka anda harus punya yang namanya "Partner", "Yes Partner (Teman Kerja/Bisnis)".

Punya teman untuk diajak ngobrol, untuk bertukar pikiran, dan anda baru bisa jalan jauh lebih cepat. Hal ini sangat penting dan krusial terutama karena anda adalah seorang pemula.

Experience

Experience atau Pengalaman adalah sesuatu yang tidak akan jauh dari segala hal termasuk dalam memulai bisnis baru, Jadi percuma kalau anda beli buku banyak, beli e-course banyak, pergi ke training banyak dan ke seminar, tapi tidak pernah praktek dan gak dapet pengalaman apa-apa!. Dapat pengalaman bisa karena terbiasa.

Apa Experience itu?, Jadi dalam bisnis itu, dan terlebih untuk anda yang tidak pernah menjalankan bisnis sama sekalai, anda jangan kaget ya!, sebab apa?,

Bisnis itu tidak ada yang namanya mulus rata kaya aspal, "aspal dijalan raya aja bisa berlobang apabila gak di perbaiki", sama saja seperti hal bisnis ini.

Maksudnya gak ada tuh di dalam grafik bisnis langsung naik terus. Grafik normalnya ya kadang-kadang bisa turun, kadang turunnya berkali-kali dan mungkin baru bisa naik tapi peluangnya sedikit, atau malahan gak naik-naik dan diam-diam bae.

"Ngertikan yang saya maksud kan?!".

Nah kalau gak naik-naik apa yang mesti anda lakukan?. Kebanyakan dari seorang entrepeneur atau seorang pebisnis yang penting banget itu adalah "Mental Preparation", Jadi mentalnya itu harus siap setiap saat!.

Harus siap mental kalau misalnya nanti gagal, harus siap kalau misalnya apa yang di ekspektasi itu gak jalan seperti yang diinginkan, dan jangan diam aja, langsung berpikir "apa yang harus dilakukan?".

Banyak sekali pebisnis, dan gak loe doang yang menjalankannya, karena banyaknya saingan anda harus tahu berapa niatnya ingin sukses berbisnis.

Ini bedanya seorang pebisnis atau entrepeneur dikatakan sukses atau gak!, kalau pebisnis yang sukses, dia ada gagalnya juga, namun bedanya dia bisa langsung naik dengan cepat, dan tetapi kalau misalnya dia bukan pebisnis yang sukses, dia begitu gagal jatuh terus!, dan gak naik-naik lagi!.

Nah itu yang bikin pebisnis baru merasa kapok, "aduh saya gak bisa bisnis, repot banget!".

Pebisnis yang Sukses melakukan segala hal agar tidak diam ditempat saja, dan pada akhirnya dia bisa jalanin bisnis tersebut walaupun sendiri.

Nah ini yang menurut saya sangat penting, Jadi sebuah pengalaman itu sangat-sangat berharga, Jadi kalau yang namanya pengalaman itu baik itu pengalaman yang sukses atau pengalaman yang gagal Ambil semuanya ya, Intinya sih harus tahu bahwa resiko jadi pebisnis itu ada enaknya ada gak enaknya.

Dan anda juga mungkin bisa dengar dari orang-orang lain yang pengalaman, dan anda bisa dapat shortcut dari situ, tapi bila sampai anda benar-benar sendiri mengalaminya hal yang gak enak dalam bisnis, anda akan tau yang namanya pengalaman itu benar-benar sangat berharga.

Terjun dan Langsung Praktek

Sebuah pengalaman hanya bisa di dapatkan dari yang namanya "Praktek Langsung!". Yes, jadi yang namanya pengalaman itu memang harus praktek!.

Seperti saya ngomong tadi, jangan cuma pergi ke seminar dan dengerin ocehan doang. Ya sih, belajar dari seorang pebisnis atau ahlinya ahli dibidang bisnis di seminar itu juga penting, sebab anda bisa dapat ilmu dan wawasan yang luas.

Intinya, anda perlu juga nyobain sendiri. Saran dari saya, kalau anda mau lebih ekstrim, anda bisa coba kerja dulu sama orang lain.

"Kenapa kerja dulu ya?, Saya gak biasa kerja sama orang lain, Hey kenapa tidak?", coba aja dulu belajar!, lamar aja jadi CS kek, lamar jadi admin atau something kek, pokoknya belajar dulu deh!.

Terutama belajar dari toko-toko online shop yang sudah ramai atau kamu bisa  bantuin secara freelance atau dropship, intinya anda perlu pengalaman lebih sebelum terjun, atau bisa juga anda pergi ke sebuah komunitas yang memang sudah punya banyak orang-orang yang doyan bisnis online disitu, bayar juga gpp, intinya niat dulu!.

Tapi harus ada prakteknya juga!, jangan cuma ngandalin tes tulis aja, wkwkwkw.

Jadi intinya seperti itu atau kalau misalnya anda senang bisnis sendiri yasudah bisnis sendiri Mulailah dari nol kecil, mulai aja dulu dropship, ngerasain dulu!, belajar di setiap hari gimana caranya posting-posting, ngupload, dan juga promosi Pasang iklan dan lain sebagainya.

Anda intinya harus benar-benar terjun dan terjun secara basah seperti itu Jadi anda harus praktek langsung ataupun anda coba dulu kerja dengan orang lain, Nah itu sih saran saya.

Nenurut saya juga bisa membuat anda sebagai shortcut, memberikan anda pengalaman langsung dan experience Sebagai pebisnis online.

Akhir Kata

Nah seperti yang anda lihat, tips-tips ini semua mengarah ke satu hal yaitu yang namanya "Pengalaman".

Pengalaman yang harus anda dapat dari praktek langsung, praktek langsung maksudnya anda bekerja Anda bisa mulai jadi CS-nya orang lain, jadi adminnya orang lain, atau anda bisa kerja langsung sendiri bareng dengan teman ataupun sendirian.

Jadi anda silahkan pilih sendiri, semoga ini bermanfaat dan saya yakin banget bahwa ini bisa menjadi salah Satu shorcut buat anda jadi pebisnis online yang sukses. Saya berdoa semoga bisnis online anda cepat sukses!!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel