Perbedaan Utama Antara iOS Dan Android Dari Pemakaiannya

LulusSMK.com - Android dan Ios memiliki keunggulan masing, entah dari segi keamana, fitur, design, Sistem Operasi, Layanan serta harganya. Smartphone sekarang lebih canggih daripada 1 tahun lalu, dan akan selalu berkembang untuk tahun-tahun berikutnya.

Kriteria orang di Indonesia dalam soal memilih ponsel berbeda-beda, tergantung kenyamanan orang itu sendiri dalam pemakaian sehari-hari. Apabila orang tertarik pada smartphone Android maka mereka akan selalu melirik dan membeli Android, namun sebaliknya bila sudah terbiasa menggunakan iOS Phone Apple dan sudah nyaman, maka dia akan datang Apple Store.

Bukan soal harganya, namun kenyamanan, kebiasaan, serta keaman saat dipakainya. Bila seorang lebih minat dengan Apple maka dia tidak akan berbelit-belit soal mengenai harga.

Perbedaan Utama Antara iOS Dan Android Dari Pemakaiannya

Berikut perbandingan antara Smartphone iOS dan Android yang bisa kalian simak dibawah ini :

☆ Kelebihan Utama Android

Banyak alasan kenapa lebih memilih OS Android ketimbang IOS Apple, mungkin karena Android itu sifatnya open source alias bebas atau terbuka jadi kita bisa melakukan apapun ke hp sesuka hati dan kustomisasi di android itu sangat luar biasa hebatnya.

1. Banyak Fitur Dan Aplikasi Gratis

Banyak faktor yang membuat orang lebih memilih Android, salah satunya kita bisa dengan mudah overwrite sistem ,dan itu hanya bisa dilakukan oleh Smartphone Os Android, yang kedua karena banyaknya aplikasi yang kompatibel dengan os android dan tersedia lebih dari 2 milyar aplikasi yang bisa di unduh di play store secara gratis

Android itu memiliki banyak fitur-fitur canggih di dalam android yang tidak mengharuskan penggunanya untuk membeli atau membayarnya tidak seperti ios yang umumnya mengharuskan penggunanya untuk selalu membayar lebih bahkan untuk fitur yang sebenarnya tidak terlalu penting.

2. Instalasi Android Sangat Gampang

Untuk soal penginstalan, Android lebih mudah instal aplikasi terutama yang cuma rilis di negara lain atau HP dibilang tidak kompatibel di Play Store. Kalau untuk iOS sendiri cuma bisa pasrah atau harus bolak balik mengganti Apple ID.

3. Transfer Data Android Lebih Mudah

Soal Transfer Data atau File, Os Android mudah  dalam metransfer data. Ini mungkin salah satu hal yang paling fatal buat kebanyakan orang, karena Android sama seperti komputer pada umunya.

Di iOS Phone, soal transfer data lebih ribet padahal cuma sekedar cuma ingin memasukan musik, video, atau foto.

Pairing Beluetooth ke perangkat lain lebih gampang banget. Di iOS belum tentu bisa pairing lewat bluetooth.

4. Kustomisasi Android Bisa Di Ganti

Android banyak kustomisasi, kalau memakai HP Android tampilannya bisa dirubah sesuka kita mau Home model apa atau lainnya. Bila di iOS yah cuma itu-itu aja, paling rapihin icon yang ada.

5. Bisa Buat Lebih Dari Satu Akun Google

Kemudahan soal ekosistem. Android bisa terhubung dengan banyak akun Google. Login tinggal klik, setelah itu beres semua secara otomatis. Dan untu iOS sendiri, ini masih belum ada, setiap kali login harus masukan ID dan password sendiri.

Baca Juga : Cara Menghapus Semua Layanan Akun Google Secara Permanen Dari Hp

☆ Kelebihan Utama iOS

Android memang terbilang lebih baik dibanding iOS soal harga maupun fitur utama lainnya, namun jangan sangka, Banyak orang lebih memilih iOS sebab ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Android,  berikut kelebihan untuk iOS :

1. Keamanan iOS Yang Canggih

Ecosystem Apple sangat kuat, iOS yang dipakai iPhone dan iPad dan MacOS di MacBookPro betul-betul terintegrasi secara luar biasa. Dimulai dari AirDrop, iCloud apps offline dan online, Apps dari Apple dan juga dari 3rd party, semua kerjasama antar device.

Android sangat bergantung pada Google, dan bagi Google data Anda adalah asset terbesar untuk marketing. Sedangkan untuk Apple, data Anda adalah milik Anda sendiri.

2. Memiliki Sistem Operasi iOS Sendiri

Tidak dipungkiri lagi iOS operating system itu sangat simple. Dari bayi sampai orang tua semua dapat adaptasi iPhone (dan iPad). Orang tua saya yang gaptek jika urusan computer bisa mengerti iPhone iOS.

iPhone disupport update 3–5 tahun. Selanjutnya soal Sistem Operasi, ada satu keunggulan iOS dibanding dengan android yaitu kestabilan sistem operasi.

iPhone merupakan satu-satunya seri smartphone yang apple buat, karena itu apple dapat fokus meningkatkan semua aspek yang ada di dalam iphone, terutama soal optimasi software .

Android disisi lain memiliki berjuta tipe smartphone dari ratusan merk, hal ini mengakibatkan sistem operasi android tidak seoptimal iPhone karena desain aplikasi yang developer harus buat ada banyak dan harus disesuaikan dengan hardware yang smartphone tersebut miliki.

3. Harga iOS Tidak Murahan

iPhone sendiri memiliki harga yang tidak bisa kita katakan murah dan banyak orang yang menilai bahwa harga iphone terlalu overpriced sehingga tidak layak beli.

Dari desain, walaupun selama 3 seri iPhone terakhir (6&6s , 7, & 8) model yang Apple keluarkan bisa dibilang identik, kita tidak boleh memungkiri bahwa desain tersebut disukai oleh banyak orang.

4. Kamera iOS Lebih Unggul

siapa sih yang meragukan kualitas kamera iPhone?, walaupun akhir -akhir ini banyak smartphone murah dengan kualitas kamera yang setara atau lebih, tetap saja iPhone merupakan pioneer dari handphone berkualitas kamera terbaik.

5. Penjualan dan Layanan iOS Terjamin

Dari segi Layanan penjualan, Apple tidak memiliki toko fisik resmi di Indonesia. Apple store terdekat dari negara kita ada di Singapura dan toko seperti ibox dan infinity hanyalah “reseller”. jauh kualitasnya jika dibanding samsung yang sudah terkenal dengan layanan service centernya yang ada dimana-mana

Dan terakhir, soal popularitas. Membeli smartphone yang sudah banyak dikenal memiliki keunggulan, salah satunya adalah kepercayaan masyarakat akan produk tersebut sudah terjamin.

Baca Juga : Perbedaan Kecepatan Internet 1G, 2G, 3G, 4G, Dan 5G

Apa saja Fitur iOS yang tidak ada di dalam Android:

  • FaceID; pada Android, hanya ada face recognition atau iris scanning tanpa ada pemindaian tekstur 3D wajah.
  • AirDrop; tidak ada fitur bawaan Android yang memiliki fungsi seperti AirDrop.
  • iTunes tersedia di Indonesia (kecuali TV Show), di Android, Google Play Music, Play TV masih belum tersedia.
  • Memoji
  • Aplikasi iWork (Pages, Numbers, Keynote)
  • FaceTime & iMessage
  • Fitur sinkronisasi yang seamless dengan perangkat iOS lain dan OSX. Sinkronisasi di Android sangat kurang. Terfokus pada web dan tidak memiliki OS desktop yang “full” seperti OSX atau Windows.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel