Rencananya Mau Kemana Setelah Lulus SMK/SMA?

Setelah anda lulus dari sekolah mungkin anda sempat berpikir untuk langkah selanjutnya setalah lulus. Tidak cuma anda saja, diluar sana termasuk teman sekolah anda yang se-angkatan akan berfikiran seperti itu.


Ini yang jadi pertanyaannya (?), Bagi anda yang tidak menemukan ide atau kebingungan mancari kepastian, maka berikut adalah ulasan soal cara menentukan jalan ketika baru lulus SMK/SMA:

1. Tanya Kepada Orang Tua

Hal ini merupakan cara yang paling utama dan penentu untuk keluar dari permasalahan anda. Tanyakan masalah anda dengan cara berkomunikasi 6 mata dengan orang tua (Ayah, Ibu dan Anda sendiri).

Orang tua akan memberikan saran yang baik untuk anaknya. Anda akan diberi nasehat serta jalan keluar dari masalah anda tentang karir yang akan anda jalankan untuk kedepannya setelah lulus SMA/SMK.

2. Berpikir Di Tempat Tidur

Setelah anda berkomunikasi dengan orang tua, maka hal yang harus anda lakukan kedua adalah dengan cara berpikir dikamar tidur, Kamar tidur merupakan tempat yang nyaman untuk mencari solusi mengenai masalah anda setelah lulus SMA/SMK. Anda bisa santai dan berpikir secara jernih untuk menentukan masa depan anda sendiri.

3. Curhat Kepada Kakak

Jika anda mempunyai kakak kandung, maka anda punya kesempatan untuk curhat mengenai permasalan anda. Kakak anda akan mencarikan solusi mengenai permasalan anda, karena curhat yang pas untuk mencari solusi masalah adalah kakak kandung anda sendiri.

Saran dari kakak mengenai masa depan anda setelah lulus SMA/SMK merupakan saran yang bisa anda gunakan, karena kakak anda berpengalaman dalam hal tersebut dan sama-sama remaja serta mengerti soal masalah anda.

4. Saling Berbagi Ide Ke Teman

Mencari solusi dari masalah tentang karir anda setelah lulus SMK/SMA selanjutnya adalah dengan cara saling berbagi ide dari masing-masing teman seangkatan anda. Hal ini merupakan cara yang pas untuk menentukan solusi masalah, karena teman seangkatan anda juga sama-sama ingin menentukan karirnya setelah lulus.

Tiap masing-masing ide dari teman anda akan berbeda-beda, maka anda harus memukan salah satu ide yang pas untuk karir anda sendiri.

5. Browshing Dari Internet

Langkah selanjutnya untuk memantabkan ide anda setelah bertanya-tanya kedapa teman, kakak kandung, dan orang tua , maka untuk memantabkan ide yang telah anda temukan tersebut bisa dengan cara browshing melalui internet mengenai karir anda sendiri.

Hal ini merupakan cara yang bisa dikatakan penting, karena anda akan menemukan berbagai solusi masalah di internet dengan lengkap mengenai masalah anda setelah lulus dari SMA/SMK. Dengan cara Browshing melalui internet inilah anda bisa fokus dalam hal karir anda sendiri.

Itulah 5 ide solusi saat anda kebingungan menentukan karir kedepannya ketika anda lulus dari SMA / SMK. Dengan melakukan cara di atas saya yakin kalau anda akan menemukan solusi dari masalah anda mengenai karir masa depan anda ketika lulus sekolah.

Masalah selanjutnya saat anda lulus dari sekolah SMA/SMK yang sering terjadi dan mungkin anda sempat berpikir juga mengenai masalah ini. Dari masing-masing orang akan berbeda keyakinan dan pendapat, Namun dalam hal ini mungkin anda juga sempat bingung untuk menentukan karir yang tepat dan cocok untuk anda sendiri setelah lulus SMA/SMK.

Setelah lulus SMA/SMK anda diharuskan memilih satu(1) dari  tiga(3) pertanyaan dibawah ini.

Setalah Lulus SMK/SMA, Ingin Kuliah, Kerja Atau Usaha?

Tiga masing-masing pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang selalu ada dipikiran para pelajar setalah mereka lulus. Pertanyaan yang sangat menjengkelkan, namun itulah penentu karir masa depan anda. Bila anda bingung dalam hal pertanyaan diatas, simak baik-baik tips ini, supaya anda bisa menentukan karir yang tepat.

1. Memilih Lanjut Kuliah

Bila anda mempunyai kelebihan soal pendidikan dan anda juga mendapatkan beasiswa untuk kuliah setelah lulus dari SMA/SMK, maka anda harus yakin dan jangan sampai terhasut dalam memilih jalan yang salah.

Pendidikan adalah hal yang paling utama untuk menentukan karir anda dan pendidikan juga sumber ilmu yang harus dicari tanpa mengenal lelah. Anda bisa memilih Kuliah dulu dan setelah kuliah anda bisa menentukan lagi karir selanjutnya.

2. Memilih Bekerja

Untuk hal ini mungkin salah satu jalan anda setelah lulus sekolah. Memilih kerja karena faktor ekonomi memang sering dilalukan oleh banyak pelajar di Indonesia setelah lulus dari SMA/SMK.

Jangan merendah dan berkecil hati anda bila anda tidak bisa meneruskan pendidikan atas. Banyak orang disana yang bisa sukses tanpa harus kuliah. Orang yang sukses bukan hanya orang yang memimiliki gelar S1,S2 atau Diploma saja, namun kunci dari kesuksessan orang adalah keyakinan dan kerja keras dari masing-masing orang.

3. Memilih Usaha Sendiri

Anda pasti pernah diajarkan oleh guru anda ketika SMP dan SMA tentang pelajaran Wirausahawan. Pelajaran tersebut menggambarkan tata cara menjadi pengusaha dari awal sampai akhir hingga lengkap.

Menjadi pengusaha memang kebanggaan yang diinginkan oleh banyak orang. Namun untuk menjadi pengusaha tentu saja tidak semudah apa yang anda bayangkan. Semua orang pasti bisa menjadi pengusaha, namun tidak semua orang mampu dalam menjalankan usahanya dengan baik dan benar.

Maka dari itu, kalau anda memilih untuk menjadi pengusaha setelah lulus dari SMA/SMK, tentukan dulu strategi anda untuk memulai membuka usaha. Dalam membuka usaha tentu saja di awali dengan niat dan keyakinan, karena bila anda menjalankannya dengan asal-asalan tanpa ada strategi, tentu saja akan menjadi menjadi mimpi buruk untuk kedepannya. Nah,, dari sini ada bisa menentukan nasib anda kedepannya setelah lulus SMA/SMK.

Penutup

Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan dan masalah anda saat anda bingung menentukan karir anda setelah lulus dari SMA/SMK. Anda harus yakin dalam memilih sesuatu yang baik untuk masa depan anda. Menjadi orang yang sukses selalu diawali dengan kerja keras dan berdoa. Nasib dari seseorang itu tergantung apa yang dijalankan oleh orang itu sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel