5 Persiapan Sebelum Lulus Sekolah Agar Langsung Kerja

Selagi masih muda dan masih sekolah, maka ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk melakukan beberpa tips agar nanti anda bisa langsung kerja setelah lulus dari SMK nantinya. Rencana setelah anda lulus SMK bisa anda tentukan sendiri dari sekarang. Ingin langsung bekerja tanpa menunggu dan menjadi pengangguran, membuat anda jadi malas.

5 Persiapan Sebelum Lulus Sekolah Agar Langsung Kerja

Lamanya menjadi pengangguran bagi tamatan SMK menjadikan anda sibuk dengan aktifitas yang tidak penting seperti sering main sama teman, sering begadang tengah malam karena keesokan harinya anda tidak punya kewajiban. Hal tersebut bisa anda hindari dari sekarang juga, dimana anda masih duduk dibangku SMK.

Ada beberapa tips supaya setelah lulus SMK nanti anda bisa langsung bekerja. Berikut adalah 5 tips yang bisa anda coba dengan berbekalan Ijazah SMK setelah anda lulus dikemudian hari.


1. Kuasai Pelajaran Jurusan Anda

Anda pasti sudah memahami jurusan yang anda pilih saat anda masih duduk dibangku kelas 9. Kenapa anda memilih jurusan tersebut ?, Tentu saja supaya ingin menjadi salah satu orang yang sukses dan ahli dibidang jurusan yang anda pilih.

Jurusan memang salah satu ilmu yang paling penting bagi pelajar SMK. Maka kuasai jurusan yang memang anda minati, pelajari lebih dalam dengan mencari sumber-sumber ilmu dari berbagai media seperti buku dan video yang bisa anda cari di internet.

Guru pembimbing anda sudah pasti memberikan ilmu kejurusan, maka perhatikan saat guru anda memberi pelajaran tentang jurusan kompetensi anda.

Bagi Sekolah Menengah Kejuruan, anda diberi kesempatan untuk belajar selama 3 tahun. 3 Tahun merupakan waktu yang sangat cepat, maka dari itu manfaatkan waktu anda dengan giat belajar tentang jurusan yang anda minati. Lakukan semampu anda dengan terus belajar tentang ilmu kejurusan anda.

Tujuan untuk menguasai jurusan kompetensi, supaya suatu saat nanti anda bisa bekerja dengan mengandalkan keahlian yang anda kuasai sekarang. Anda juga bisa membuat hal yang kreatif atau baru dengan mengembangkan usaha dengan keahlian yang anda kuasai.

2. Manfaatkan Prakerin (Magang)

Prakerin (Praktek Kerja Industri) atau juga bisa disebut dengan istilah magang merupakan syarat wajib bagi pelajar SMK. Prakerin biasanya dilaksanakan saat anda duduk dibangku kelas 2. Anda akan menghadapi praktek kerja di dunia industri sebagai syarat, supaya anda bisa lulus SMK.

Oleh sebab itu manfaatkankan praktek kerja anda dengan mempelajari ilmu dari tempat anda prakerin. Anda akan memperoleh berbagai macam ilmu yang baru saat anda prakerin, dimana anda akan lebih mengerti sistem kerja dan juga anda bisa lebih dewasa dengan kewajiban dan tanggung jawab yang besar di dunia pekerjaan.

Tempat Prakerin biasanya ditentukan oleh guru pembimbing anda. Namun disekolah yang lain ada juga yang bisa menentukan tempat untuk prakerin sendiri. Agar prakerin bisa anda jalankan dengan baik dan memperoleh nilai bagus, anda bisa berusaha dengan menonjolkan keahlian yang sudah anda pelajari disekolah.

Manfaat dari prakerin supaya suatu saat nanti anda lulus dari SMK bisa lebih mudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian atau jurusan yang anda tekuni. Dari prakerin anda bisa memperoleh banyak ilmu. Anda jugu tidak lagi kaget saat anda baru bekerja di perusahan yang anda lamar.


3. Perbanyak Teman

Memiliki banyak teman juga salah satu faktor terpenting saat nanti anda lulus SMK. Memiliki teman yang banyak supaya anda bisa punya banyak channel untuk mencari pekerjaan. Orang yang cenderung kurang bergaul dapat membuat orang tersebut sulit mencari teman.

Anda bisa mencari teman sebanyak mungkin mulai anda kelas 1 sampai kelas 3 SMK. Jika anda sulit untuk bergaul dan susah mencari teman anda bisa mencoba mencari teman dari sosmed yang terhubung ke Sekolah anda sendiri. Anda juga bisa mendapatkan teman dari teman yang satu dengan teman yang lain.

Memiliki teman yang banyak juga bisa membuat anda lebih dewasa dan menjadi orang yang tau dengan hal-hal baru. Anda akan saling berkomunikasi dan berbagi ide di dalam sekolah maupun luar sekolah. Mempunyai teman banyak juga bisa membuat anda mengerti dari berbagai kriteria dari masing-masing teman anda.

Tujuan memiliki teman yang banyak yang paling utama agar anda bisa lebih mudah dalam menentukan karir di masa-masa mendatang. Setelah lulus, teman-teman anda akan saling menghubungi satu dengan yang lain dalam hal untuk mencari dan membagi informasi lowongan pekerjaan.


4. Mempelajari Dunia Kerja

Jika Ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari SMK juga harus mengetahui sistem cara bekerja terlebih dahulu. Pentingnya informasi dalam bekerja membuat anda bisa lebih memahami gimana sistem bekerja yang baik dan benar. Oleh sebab itu anda harus mempelajari cara bekerja di perusahaan industri dan cara produksi dari masing-masing perusahaan.

Memahami lebih dalam tentang dunia kerja bisa membuat anda tidak tegang saat baru melamar dan bekerja di sebuah perusahaan. Anda akan dikerjakan oleh perusahan dengan beberapa training dari peruahaan tersebut.

Training kerja bertujuan, apakah anda layak dan mampu menjalankan pekerjaan anda dengan baik dan benar diperusahaan tersebut. Training kerja biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja tergantung dari peraturan perusahaan itu sendiri. Bila anda lulus dalam tahap training maka anda berhak mendapatkan pekerjaan di bagian yang sudah anda lamar.

Tujuan mempelajari dunia kerja agar anda bisa tau lebih banyak tentang tata cara, peraturan dan sistem kerja, walaupun anda masih duduk di bangku SMK. Anda juga bisa lebih mudah dan cepat dalam mencari pekerjaan karena anda sudah mengerti strategi dalam mencari lowongan pekerjaan.

5. Mempelajari Pembuatan CV Lamaran

Dengan mengandalkan Ijazah SMK, anda bisa mencari pekerjaan dengan cepat dengan cara membuat CV lamaran yang baik dan benar. Di zaman sekarang CV lamaran bisa dibuat dengan beberapa cara.

Tiap perusahan akan merekrut karyawan baru dengan menyebarkan info lowongan kerja di berbagai web dan sosmed. Ada 2 jenis dalam membuat CV lamaran pekerjaan, yaitu CV lamaran Soft Copy dan Hard Copy. Dari masing-masing jenis lamaran tersebut memiliki perbedaan, namun tujuannya sama.

Lamaran Softcopy merupakan jenis atau bentuk lamaran yang ditulis dengan menggunakan media komputer dengan cara mengetik, menscan atau foto berbagai lampiran dan mengirimnya lewat internet.

Lamaran Hardcopy merupakan bentuk atau jenis lamaran yang dibuat dengan cara manual dari tulisan tangan dari media kertas, dan berbagai macam lampariran hasil foto copy media kertas HVS dan mengirimnya lewat media pos atau juga bisa langsung ke perusahan tersebut.

Dalam hal tersebut anda harus tau dan juga mengerti fungsi dari CV lamaran yang anda buat sendiri. Pentingnya mempelajari cara pembuatan lamaran yang baik dan benar agar nanti perusahan yang anda lamar bisa mempertimbangkan hasil lamaran yang anda buat.

Membuat lamaran yang asal-asalan akan membuat perusahan akan menghiraukan dan membuang lamaran anda. Dalam penulisan lamaran, anda harus menulis se-menarik mungkin agar lamaran yang anda buat tidak sia-sia.

Kelengkapan atau lampiran pendukung dalam CV lamaran juga sangat diperlukan, agar personalia meyakini bahwa anda memang bersungguh-sungguh ingin bekerja. Lampiran yang paling utama seperti, Daftar Riwayat Hidup, Ijazah terakhir, SKCK, KK, KTP,  Foto, Dan sertifikat pendukung kalau memang diperlukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel