Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Uninstal

LulusSmk.comTahukah anda kalo pesan di whatsapp yang terhapus bisa dikembalikan dengan mudah?. Nah di kesempatan ini kami akan membagikan tips gimana sih cara ngembalikan isi chat yang hilang atau terhapus sebelum di backup?. Caranya begitu gampang kok, dan anda bisa mencobanya tanpa harus bingung serta cemas apabila isi pesan whatsapp tersebut begitu penting dan tidak ingin semua isinya hilang.

Keunikan whatsapp selain bisa chat, video call, serta berbagi story ataupun kirim lampiran file seperti gambar, video, aplikasi, dokumen lain-lainnya. Selain itu whatsapp juga memiliki fitur yang sangat canggih yaitu mampu membackup atau menyimpan semua isi chatingan yang sudah terhapus.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Unisntal

Terhapusnya chat didalam aplikasi whatsapp dikarenakan oleh beberapa faktor yang pada umumnya disebabkan oleh anda sendiri, seperti habis uninstal aplikasi whatsapp, smartphone habis diupdate ke versi terbaru, atau sehabis di servis (flashing ulang).

Jika chat atau obrolan di whatsapp sudah anda backup baik melalui penyimpan gmail ataupun google drive, jika chat tersebut terhapus, maka anda dengan mudah bisa mengembalikan seperti semula. Namun ternyata anda belum pernah membackup chat tersebut, dan kemudian ingin mengembalikannya, maka ada cara lain untuk melakukannya. 

Langkah-langkah Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Terbackup

Nah, bagi anda yang tidak sengaja menghapus semua isi pesan chat di whatsapp, tidak perlu kawatir, karena dengan trik dan tips berikut ini anda bisa mengembalikan semua pesan yang terhapus dan kembali seperti semula, Berikut bisa anda simak langkah-langkahnya :
  1. Silahkan anda buka Aplikasi berkas yang bernama File Manager / Explorer pada menu android. Disini sebagai contohnya saya memakai smartphone merek Asus.
  2. Jika sudah menemukan aplikasi file manager, maka anda langsung buka saja, nah terus temukan folder bernama "Whatsapp".
  3. Buka folder Whatsapp dan anda klik lagi folder bernama "Databases".
    Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Unisntal
  4. Setelah folder databases terbuka maka anda akan melihat beberapa file dengan tulisan "msgstore".
  5. Sekarang pada file paling bawah (scroll kebawah), anda ganti nama / rename. Tambahkan tulisan didepan "msgstore..." dengan nama seperti ini persis "backup-msgstore...", Jika sudah maka anda klik oke.
    Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Unisntal
  6. Selanjutnya anda juga bisa mengganti file seperti langkah pada nomor 5 diatas. Ubah nama pada file contoh "msgstore-2017-08-14.1.db.scrypt12" yang lainnya pada tanggal terbaru. hapus tanggalnya dan sisakan seperti contoh ini "msgstore.db.crypt12".
    Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Unisntal
  7. Nah , pada tahap berikutnya anda masuk ke menu pengaturan / setelan. Cari dan pilih menu aplikasi, temukan aplikasi bernama Whatsapp, kemudian anda hapus data.
    Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Unisntal
  8. Jika sudah, Sekarang anda buka kembali aplikasi whatsappp, Dan anda harus login whatsapp lagi serta verifikasi nomor seperti biasa.
  9. Jika sudah verifikasi, maka anda akan diarahkan kehalaman pulihan cadangan.
  10. Anda tinggal klik pada bagian tombol Pulihkan, setelah itu tinggal lanjut, selesai.
    Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Belum Di Backup Setelah Unisntal


Apabila anda tidak dapat menemukan folder bernama "Databases" pada langkah nomor 2 diatas, maka anda perlu menSetting dan mengubah folder tersembunyi menjadi ditampilkan.

Nah, sekarang bisa anda lihat dibagain obrolan Whatsapp, semua chatingan yang hilang dan terhapus bisa muncul seperti semula. Sekarang anda tidak lagi cemas dan bingung, karena semua isi obrolan seperti voice chat, kiriman gambar, video atau yang lainnya pun bisa di restore seperti sedia kala.

Akhir Catatan :

Cukup mudah bukan, itulah langkah-langkah Cara Mengembalikan Semua Pesan WhatsApp Yang Terhapus Sebelum Dibackup tanpa menggunakan aplikasi apapun. Jika artikel ini cukup membantu dan menambah wawasan bagi anda, maka silahkan share keteman-teman, Selamat mencoba!.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel