Cara Mengatasi HP Android Bootloop Bagi Pemula

LulusSMK.com - Belajar Servis Hp pertama kali sampai mahir. Pemula dan Newbie ingin menjadi teknisi handal soal memperbaiki Hp memang tidak mudah, namun pasti bisa. Mulai dari mengatasi kerusakan Hp yang ringan seperti Hp Bootloop ini misalanya. Kamu bisa belajar secara Otodidak dengan keahlian seadanya.

Bootoop pada Smartphone Android dibagi menjadi tiga, yaitu bootloop ringan, sedang, dan parah. Bootloop adalah rusaknya software sistem yang tidak mampu untuk bekerja secara normal dan membuat Smartphone berhenti di logo saja ketika dihidupkan.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Bagi Pemula

Bootloop ringan akan lebih mudah di atasi ketimbang Bootloop yang sudah parah. Untuk mebedakan keduanya yakni dengan melakukan Hard Reset.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Bootloop

1. Metode Hard Reset

Hard Reset adalah jalan pintas pertama untuk melakukan perbaikan Smartphone yang sedang Bootloop dengan cara wipe factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik melalui Menu Recovery Mode menggunakan kombinasi 2-3 tombol.

Metode Hard Reset di Smartphone berbeda-beda, terguntung model Hp yang digunakan. Ada tombol rahasia untuk bisa masuk ke menu Recovery Mode di setiap Smartphone.

Beberapa Model Hp seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, dan yang lainnya rata-rata memiliki kesamaan pada tombol kombinasi masuk Menu Recovery Mode, terkecuali Samsung.

Tutorial Hard Reset

Langkah-langkah Hard Reset dan bisa masuk Menu Recovery Smartphone Android cukup gampang, hanya dengan menggunakan kombinasi dua atau tiga jari saja, Berikut triknya:
  1. Usahakan Hp sudah terisi daya Baterai sekurang-kurangnya 50%.
  2. Disaat Kondisi Hp mati, nyalakan Hp dengan dengan menekan tombol volume atas + power secara bersamaan hingga masuk menu Recovery Mode. Apabila belum berhasil, ulangi lagi atau ganti dengan menekan tombol volume bawah + power.
    Metode Hard Reset
  3. Jangan lepas kedua jari kamu, sebelum muncul logo. Kamu boleh lepas saat logo android (Model Hp) muncul.
  4. Beberapa detik, Hp kamu masuk di menu recovery mode. Pilih Wipe data Factory Reset dengan memakai vol bawah dan atas.
  5. Pilih YES/OK, setelah itu tunggu proses Penghapusan Data selesai, dan Hp kamu akan otomatis restart.

Untuk Hard Reset di HP Samsung tidak jauh berbeda, ada tambahan tombol yakni dengan memakai tiga jari. Cukup tekan tombol volume atas + Power + Home.

Proses Wipe Data Factory Reset Smartphone lumayan lama kurang lebih 5-10 menit, jadi tunggu saja hingga semua proses selesai, dan jika berhasil maka Hp kamu akan seperti baru beli yakni dengan mengatur ulang lagi mulai dari login Gmail, Membuat Nama, Mengatur Tampilan dan lainnya.

Apabila dengan Metode Hard Reset Smartphone masih gagal dan tetap saja Bootloop lagi, maka kerusakan sistem ini dinamakan Bootloop Parah.

Kenapa Hard Reset tidak mempan memperbaiki Hp Android yang Bootloop?

Alasannya, karena Sistem Operasi pada Smartphone itu sendiri ada yang rusak, corupt, atau mungkin sudah terhapus dan akhirnya Hp tersebut tidak bisa mengoprasikan Sistemnya dengan normal.

Bootloop sedang sudah sering dialami pada setiap Smartphone OS Android. Hal ini adalah faktor penyebab Hp tidak bisa diatasi dengan metode Hard Reset.

Tapi, bukan berarti Hp kamu sudah tidak bisa diperbaiki. Ada Trik lain mengatasi Hp Bootloop, yaitu dengan menggunakan Metode Flashing Ulang Frimware Android.

2. Metode Flashing

Flashing adalah jalan pintas kedua bila dengan Hard Reset selalu gagal. Flashing ini fungsinya menghapus dan mengisi ulang Frimware baru ke dalam Sistem Operasi Smartphone Android.

Selain bisa menyembuhkan Hp yang Bootloop, Flash juga berguna untuk Upgrade atau Downgrade Versi Android.

Bagaimanya langkah-langkah Flashing Android?

Bahan Dan Alat Flashing

Flashing membutuhkan beberapa bahan dan alat yang wajib dipersiapkan. Bahan dan alat Flashing sebagai berikut:
  1. PC / Laptop yang sudah terinstal Windows dan Kabel USB bawaan HP.
  2. Download Tools Flashing versi terbaru : SP Flashtool khusus Hp dengan Chipset Mediatek(MTK), Odin Flash Tools khusus Hp dengan Chipset Qualcomm seperti Samsung.
  3. Download Stock ROM Frimware Android sesuai dengan Model Hp "jangan lupa extract file Rar/Zip. Untuk Stock ROM Frimware Samsung Bisa download melalui Sammobile.com.
  4. Download juga Driver USB.

Tutorial Flashing

Ikuti secara bertahap langkah-langkah Flashing Ulang Hp Android yang Bootloop melalui PC dibawah ini:
Disini sebagai contohnya saya menggunakan Smarphone Android China dengan Chipset MTK. Apabila Hp kamu Samsung dengan Chipset Qualcomm, silahkan lewati tahap ini
  1. Instal SP Flashtool dan Driver USB di PC kamu.
  2. Buka SP Flashtool dan pilih Scatter. Pilih dan cari file Scatter didalam Frimware yang sudah kamu siapkan tadi.
  3. Unceklis bagian "Preloader", selanjutkan Klik "Download", maka akan mucul bar warna merah.
  4. Ambil Hp yang ingin di Flash. "Mudah-mudah-susah!". Saat Hp kodisi mati = Sambungkan kabel USB ke Smartphone sambil menekan tombol volume bawah. Apabila bar pada Flashtool berubah menjadi kuning, maka proses flashing berjalan. Namun bila gagal, ulangi lagi bagian step ini.
    Metode Flashing
  5. Tunggu hingga proses Flashing 100%, dan jika berhasil maka Hp tersebut akan boot ulang sendiri. Lepas kabel USB, dan tunggu lagi. Pada tahap ini memerlukan kesabaran sampai Hp benar-benar tampil normal kembali.

Baca Juga : Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Lewat PC

Gimana, Apakah sudah berhasil melakukan Flashing Hp sendiri?

Apabila masih tetap saja bootloop, coba kamu Hard Reset lagi. Tetap saja tidak berhasil, maka bisa kamu ulangi Flashing ulang dengan mengganti Stock ROM Frimware lainnya, karena kemungkinan Stock ROM tidak cocok dengan model Hp kamu.

3. Ganti EMMC

Berkali-kali sudah coba ganti Stock ROM dan SP Flashtool, namun Samrtphone masih bootloop, Apakah sudah tidak ada cara lain?

Ini yang dinamakan Booloop Parah. Jika metode Hard Reset + Flashing lewat PC masih gagal, dan Hp kembali Bootloop lagi, maka kerusakan ini bukan dari kerusakan Software, namun melainkan adalah dari Hardware.

Hp Bootloop mungkin bisa dikarenakan oleh rusaknya IC yang tertaman didalam Hp itu sendiri. IC Penyimpanan atau orang teknisi menyebutnya EMMC.

Apa itu IC EMMC?

EMMC atau Embedded Multi Media Controller adalah semacam IC yang ditanamkan di dalam Hp yang fungsinya sebagai Otak untuk menyimpan dan mengoprasikan Sistem Operasi Smartphone.

Mengenal IC EMMC

Hp Bootloop yang disebabkan EMMC bisa tambah parah alias mati total bila terus di Flashing menggunakan SP Flashtool, Odin atau sejenis Flashtool lainnya.

Apa Faktor Penyebab EMMC Rusak?

Faktor penyenab rusaknya EMMC bermacam-macam, seperti sering Root/Unroot, Ganti Stock ROM dan Costum ROM, serta bisa disebabkan oleh hal sepele seperti, Main Game sampai Hp panas atau overheat.

Bagaimana Mengatasi EMMC Rusak?

Cara mengatasi Hp Bootloop karena EMMC tidak lah mudah, sebab alat-alatnya juga bukan cuma mengandalkan PC saja, melainkan alat khusus BOX FLASHER seperti model UFI, MIRACLE, Z3X, OCTAPUS SAMSUNG dan lainnya.

Mengenal Box Flasher

Apalagi bila harus mengganti EMMC, itu berarti bukan cuma tools saja sebagai modal perbaikan, namun juga harus memiliki modal skill khusus dibidang teknisi Hp.

Biaya memperbaiki Hp Bootloop yang disebabkan oleh IC EMMC sangatlah mahal dan bisa separuh lebih dari harga baru Hp baru kamu.

Itulah beberapa cara memperbaiki kerusakan Hp Bootloop ringan, sedang, hingga parah mulai dari step awal hingga step akhir. Semoga bisa membantu mengatasi semua masalah pada Hp sobat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel