Alasan Mengapa iOS iPhone Tidak Menyediakan Slot Memori Eksternal?

LulusSMK.com -Sebenarnya Apple punya alasan sendiri terkait pertanyaan "mengapa iPhone tidak menyediakan memori external?. bisa saja beralasan bahwa penggunaan memori eksternal di masa depan sudah tidak akan populer lagi. Namun kenyataannya ada beberapa alasan yang masuk akal mengapa Apple tidak menyematkan fitur penyimpanan eksternal ke iOS.

Alasan Mengapa iOS iPhone Tidak Menyediakan Slot Memori Eksternal?

Jika saat ini hampir semua smartphone Android telah dibekali dengan slot untuk menaruh memori eksternal, maka lain halnya dengan jajaran produk smartphone dan tablet besutan Apple.

Apple sepertinya tidak tertarik untuk membenamkan slot memori eksternal pada perangkat buatan mereka meskipun teknologi semacam ini telah lama diadopsi oleh beberapa vendor Hp merek lain.

Mungkin karena meniru Gaya Symbian; Semakin besar kapasitas memori eksternal yang ditanamkan, maka performa Symbian akan menurun. Apalagi saat kapasitas sudah hampir penuh. Namun karena prosesor yang ada saat ini cukup cepat, penurunan juga tidak terlalu terasa. Namun saat kapasitas hampir penuh, ditambah lagi, jika sering menginstall aplikasi ke kartu memori, akan semakin terasa penurunan kinerjanya.

Padahal, kehadiran slot memori eksternal sendiri dinilai sangat bermanfaat bagi banyak orang karena mampu memberikan ruang penyimpanan tambahan pada Smartphone.

Yang menjadi masalah utamanya, kenapa Apple tidak ingin menyediakan slot memori eksternal di perangkat iOS mereka?

Meskipun sekarang ini banyak Hp yang sudah dibekali dengan ruang penyimpanan berkapasitas besar, tapi kehadiran slot memori eksternal tentunya menjadi nilai tambah pengguna tersendiri.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi alasan utama kenapa Apple tidak menyediakan slot memori eksternal di iOS mereka.


1. Agar Lebih Praktis

Selain agar bisa menghadirkan perangkat iOS dengan bodi yang tipis, absennya slot memori eksternal juga dinilai sebagian orang karena Apple mengutamakan pengalaman pengguna. Mereka dianggap tidak ingin menyulitkan penggunanya dengan menghadirkan slot memori eksternal yang artinya pengguna harus membeli memori tambahan dan melepas-memasang ketika dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu, melepas-pasang memori eksternal memang membutuhkan usaha lebih daripada sekadar melepaskannya begitu saja. Kalian perlu masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu untuk bisa melepas kartu memori secara aman agar data tidak mengalami corrupt. Selain itu, penggunaan memori eksternal juga dinilai tidak cukup praktis karena pengguna hanya bisa mengakses data di dalamnya ketika memori terpasang pada perangkat.


2. Agar Layanan iCloud Dan AirDrop Terpakai

Meskipun tidak menghadirkan slot memori eksternal pada perangkat-perangkat iOS buatannya, namun Apple menawarkan solusi lain kepada pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih. Solusi tersebut berupa kehadiran layanan cloud storage alias penyimpanan awan bernama iCloud yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Layanan iCloud sendiri pada dasarnya mirip dengan Google Drive ataupun Dropbox di mana pengguna dapat menyimpan data pribadi mereka dan mengaksesnya kapan pun dan di mana pun. Layanan iCloud dinilai lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan slot memori eksternal pada smartphone dan tablet.

Dengan tanpa adanya slot memory card, foto tidak bisa dipindahkan dari iOS ke komputer atau Mac menggunakan kartu memori. Mungkin ini sebagai upaya untuk lebih mempopulerkan transfer data menggunakan AirDrop. AirDrop memang secara teori menawarkan sambungan yang lebih aman dan lebih cepat, namun hanya bekerja di produk Apple saja. Kalaian tidak akan bisa menggunakan AirDrop untuk mengirim ke komputer non Apple.

3. Supaya Perangkat Tidak Lemot

Di banyak kasus, penggunaan memori eksternal pada smartphone nyatanya justru dapat membuat kinerja perangkat menjadi lebih lambat. Lebih parahnya lagi, memori eksternal juga kabarnya dapat menyebabkan device failure karena kualitas memori eksternal yang kurang bagus. Hanya saja hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan memilih memori eksternal yang menawarkan kecepatan tinggi saat melakukan proses membaca (read) dan menulis (write) sebuah data.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi alasan kenapa hingga saat ini Apple nggak menyediakan slot memori eksternal pada perangkat-perangkat iOS besutan mereka. Menurut kalian ada tidak sih, hal lain yang menjadi alasan utama Apple,? Tulis jawabannya di kolom komentar bawah, oke!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel