Alasan Mengapa Hp Buatan China Lebih Murah Dibandingkan Samsung?

LulusSMK.com - Berbagai macam model Smartphone murah khususnya yang buatan dari China telah membanjiri pasar gadget di berbagai penjuru dunia dan terutama di Indonesia.

Alasan Mengapa Hp Buatan China Lebih Murah Dibandingkan Samsung

Dengan desain yang menarik ditambah lagi spesifikasi yang lumayan cukup tinggi yang cuma dibanderol dengan harga murah serta ekonomis, tentu saja bisa memikat banyak konsumen didunia.

Harga yang relatif murah serta spesifikasi yang gahar belum menjamin suatu vendor smartphone untuk bisa menguasai pasar ponsel pintar. Ponsel buatan China yang dulu identik dengan produk tiruan murah meriah, kini tidak begitu lagi.

Produk cina berhasil membuat smartphone bisa bersaing dengan perusahaan ponsel ternama dan berkelas seperti Apple dan Samsung, namun tetap dengan harga yang lebih murah. Berikut Alasan  kenapa smartphone China lebih relatif murah dibanding brand smartphone lainnya :

1. Upah Karyawan Yang Rendah

Salah satu alasan utamanya, karena ketersediaan tenaga kerja di Cina digaji rendah. Upah tenaga kerja di China adalah negara yang terendah di dunia dan ini adalah alasan utama kenapa banyak vendor membangun produk di sana.

2. Mengutamakan Spesifikasi Daripada Kualitas

Faktor lain yang menyebabkan ponsel dari Cina memiliki harga yang murah adalah kebanyakan produsen smartphone murah Cina ini tidak menyertakan hardware yang cukup mutakhir, mereka masih mempertimbangkan antara harga serta performa smartphone yangg mereka produksi.

Coba browsing di berbagai situs yang menjual Smartphone dari Cina, kalian bakal menemukan beberapa smartphone Cina yang memiliki spesifikasi tinggi namun harganya bisa lebih murah dari merek Samsung, Sony atau Apple kenapa?, karena mereka memakai komponen serta bahan yang kualitasnya dibawahnya Samsung dan lainnya.

Kebanyakan produk smartphone murah dari Cina menggunakan prosesor Mediatek yang notabene berasal dari negeri China juga dan memiliki harga lebih murah, juga bisa mengurangi ongkos distribusi.

Sedangkan, untuk bagian Penyimapana, kebanyakan produsen Cina tidak akan memakai DDR4 yang banyak dipakai oleh smartphone ternama , mereka lebih memilih menggunakan DDR3 high-end lokal. Untuk bagian sensor kamera, Smartphone China banyak yang menggunakan dari Sony dengan harga yang tidak terlalu tinggi namun memberikan nilai lebih.

Bagian display banyak yangg memakai layar buatan lokal juga dan pastinya punya kualitas dibawah IPS atau Amoled, atau juga menggunakan layar dari Jepang serta Korea, meski harganya sedikit lebih tinggi, namun masih bisa menyeimbangkan antara harga dan kualitas

3. Bahan Baku Lokal Yang Melimpah

Bahan baku di China sangat berlimpah. Dari 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. China menghasilkan 95 persen bahan bumi yang langka. Sebagai perbandingan India hanya menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat hanya 13 persen. Jelas bukan, China menjadi negara pembuat smartphone utama.

4. Memakai Jasa Iklan Murah

Jarang ditemui atau bahkan mungkin tidak ada sama sekali budget iklan yg besar untuk smartphone murah dari Cina. Coba lihat Samsung dengan iklan yang mengeluarkan biaya besar. Berbeda dengan produsen ponsel Cina, mereka cenderung lebih mengutamakan beriklan melalui social network yang lebih murah.

Selain itu, produsen Smartphone dari Cina lebih penjualan lewat E-commerce. Mereka tidak memiliki jaringan toko fisik yang besar, jadi tidak perlu membangun jaringan toko diberbagai tempat seperti Apple Store atau Samsung, sehingga tidak banyak mengeluarkan pengeluaran untuk staff dan karyawan toko, namun menjual secara langsung kepada konsumen melalui toko online.

5. Menyamakan Kualitas

Para konsumen tentunya lebih mempertimbangkan kualitas dan layanan yang baik ketimbang sekadar harga murah. Di tahun 2016 ini, kita memang merasakan bahwa banyak produsen China yang mengembangkan smartphone premium dengan kualitas yang baik dan tidak lagi sekadar murah. Sebut saja Huawei, yang menggelontorkan sumber daya ke departemen perancangan perangkatnya yang dikepalai oleh mantan desainer Samsung, Joonsuh Kim. Sementara OPPO berupaya menciptakan perangkat unggulan yang bisa menonjol dalam hal kualitas di antara produk pesaing.

Itulah bebara alasan utama, mengapa smartphone dari China lebih murah tetapi spesifikasinya tidak kalah dari Hp Branded ternama seperti Samsung atau iPhone. Smartphone China berencana ingin mendorong ekspansi ke seluruh dunia. Mereka juga sudah bermain inovasi, tentu sangat menarik melihat perkembangannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel