8 Tips Agar Rutin Menabung Setiap Hari Bagi Anak Muda

LulusSMK.com - Kata siapa menabung itu susaha!, Mulai dari sekarang anda bisa menabung tampa kawatir uang tabungan anda di ambil lagi. Sudah saatnya kamu memikirkan masa depanmu sendiri.

Menabung tidak harus dilakukan oleh pelajar SD, kenapa anda harus malu untuk menabung seperti pelajar SD?.

Masa depan dan karir anda dimulai saat ini, dimana saat itu anda bisa memanfaatkan uang untuk masa depan anda sendiri. Susah menabung , karena kebutuhan anda saat ini masih kurang, itu bukan alasan yang tepat.

Kalaupun itu alasan anda tidak menabung, maka kenapa anak bocah yang masih SD saja bisa menabung secara rutin, sedangkan anda yang bekerja dan sudah punya penghasilan tidak mampu untuk menabung.

menabung untuk jangka panjang

Tiap kali ingin menabung tapi selalu gagal, dan tidak terkumpul, ada saja keperluan. Apabila itu yang anda rasakan cobalah berfikir dewasa lagi. Kalau anda masih bujang, maka peluang kesempatan anda menabung pasti bakalan sukses.

Tips Menabung yang benar untuk Usia 20-30 agar cepat terkumpul sebenarnya cukup mudah. Kebanyakan anak usia remaja rata-tata masih belum ada tanggungan, berbeda dengan orang yang suah berumah tangga. Jadi kesempatan menabang diusia tersebut 99,9% bakal terwujud.

Tujuan menabung tentu banyak sekali, apakah anda tahu manfaat menabung ?.  Menabung merupakan pengumpulan uang secara bergilir sedikit demi sedikit, seperti pepatah yang menjelaskan

"Sedikit Demi Sedikit Lama-lama Menjadi Bukit"

Paribasan dari kata diatas tersebut tidak perlu anda baca saja, Coba jalankan supaya anda bisa tahu manfaat menabung untuk apa.

Lain hal bila tujuan anda menabung untuk berhemat saja. Berhemat dan menabung itu berbeda. Untuk menemukan tujuan dari menabung dan manfaat dari menabung maka anda bisa terus membaca artikel ini sampai habis.

Berikut adalah Tips menabung yang benar bagi pelajar, pekerja secara rutin tiap hari maupun agar cepat terkumpul.

1. Meniru Gaya Anak SD Untuk Menabung

Ketika anda masih dibangku SD-SMP dulu, mungkin menabung menjadi hal mudah karena sudah terbiasa. Bocah SD menabung dengan jumlah rupiah yang kecil, namun rutin setiap hari. Tempat untuk menabungnya pun sederhana, yaitu dari toples atau juga bisa disebut celengan.

Nah, anda bisa meniru bocah SD yang gemar menabung dari celengan, Coba saja dulu buat celengan dari toples kue / kaleng bekas, kuatkan tempat tersebut agar anda tidak mudah untuk mengambilnya. Anda hanya perlu menemukan yang melubangi atau membuat celah khusus untuk memasukkan uang logam atau lembaran ke dalam celah tersebut.

2. Buat Rencana Tujuan Menabung

Salah satu alasan mengapa banyak orang tidak mencapai tujuannya dan bingung untuk mengatur keuangan mereka atau tidak mampu menabung, karena mereka tidak tahu apa yang ingin dilakukan dengan uang itu.

Apakah Kamu Ingin Menabung Untuk Biaya kuliah Nanti?,
Apa Kamu Ingin Beli Handphone?,
Apa Kamu Ingin Beli Rumah?

Memutuskan apa yang ingin Anda lakukan dengan uang Anda adalah langkah pertama. Dari sini anda bisa berpikir dan bisa mencari apa yang anda inginkan supaya anda bisa menabung dari nol sekarang juga.

Setelah Anda menemukan apa yang ingin Anda lakukan dengan tabungan Anda, maka Anda dapat mengatur sendiri berapa banyak uang yang harus anda keluarankan. Anda bisa berhemat setiap minggu atau sebulan, tergantung juga uang saku atau pendapatan dari gaji anda selama bekerja.

Tujuan dari menabung bisa anda cari dan ketahui saat anda ingin membeli sesuatu. Anda bisa saja rajin menabung walaupun anda tidak punya tujuan, karena anda sudah terbiasa dalam mengumpulkan uang dari awal. Suatu saat nanti anda bisa tahu sendiri apa yang anda lakukan ketika uang anda sudah terkumpul banyak.

3. Membuka Rekening Tabungan Di Bank

Ketika anda beranjak remaja berusia 18 tahun keatas maka anda bisa memutuskan dengan membuat sebuah rekening tabungan baru. Memiliki rekening tabungan adalah cara terbaik untuk menghemat uang.

Selain itu, memiliki rekening bank bisa mendorong kebiasaan untuk menabung, supaya anda bisa menjadi lebih dewasa. Jika Anda masih pelajar berusia di bawah 18 tahun, maka anda memerlukan sebuah tabungan bank yang mengatasnamakan orang tua Anda.

Anda tidak bisa membuat tabungan karena belum memenuhi syarat ketentuan bank. Oleh sebab itu anda bisa membicarakan kepada orang tua anda tentang keinginan anda untuk menabung.

4. Tingkatkan Pemasukan Menabung

Bagi anda yang masih pelajar atau kuliah, tidak harus fokus pada satu tujuan belajar. Setiap orang juga memerlukan uang untuk membiayai kuliah sendiri. Jadilah anak muda yang mandiri yang bisa memenuhi kebutuhan anda sendiri.

Anda pasti senang dengan apa yang anda kerjakan, karena anda bangga dengan kerja anda yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan sambil belajar, Seperti berjualan barang yang sedang viral dan populer saat ini.

Barang yang cepat terjual merupakan target bagi anda untuk bisa berbisnis secara mandari. Anda bisa Mencari barang dari Supplier Market Place terkenal seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Untuk penjualnya/promosi, anda bisa membagikan atau mempromosikan barang yang anda jual ke teman sekolah anda. Kalau anda senang dan aktif di media sosial seperti Facebook/Instagram, maka manfaatkan media sosial tersebut supaya barang anda cepat terjual.

Anda bisa juga meningkatkan pemasukan dengan cara menjual barang yang ada dirumah anda. Barang yang tidak terpakai bisa mubazir apabila terus anda simpan. Jadilah pelajar marketing yang pintar menjual dengan memanfaatkan sesuatu yang tidak penting.

Menabung bisa dijadikan kegiatan rutin, maka dari itu tingkatkan tujuan anda supaya tabangun anda bisa terkumpul. Usahakan untuk menjual barang yang banyak diperlukan oleh orang lain, barang tersebut bisa berupa barang elektronik seperti Handphone bekas atau juga peralatan rumah tangga yang sudah tidak dipakai.

Daripada barang tersebut disimpan, maka anda bisa memanfaatka untuk bisa dirupakan menjadi duit. Untuk menjualnya anda bisa memanfaatkan media sosial atau juga bisa di toko online layaknya (1)Tokopedia, (2)Bukalapak, (3)Lazzada dan masih banyak lainnya. Pemasukan anda akan meningkat, karena anda mampu menghasilkan uang dari berbagai macam ide brilian.

5. Sisakan Uang Untuk Kebutuhan Tiap Hari

Jangan membawa jumlah banyak uang ke dalam dompet Anda. Jangan bawa kartu ATM saat anda berpergian dekat. Jika anda pergi mungkin tangan anda bisa jail untuk melakukan sesuatu seperti belanja khususnya.

ATM memang perlu dibawa jika anda berpergian jauh, karena anda bisa membutuhkan uang lebih saat anda liburan. Namun jika anda ingin berhemat maka anda bisa melakukan yang wajar-wajar saja. Belanja boleh saja, namun ingatlah bahwa anda saat ini menabung.

Jangan mudah terhasut oleh barang yang bagus, karena barang yang bagus pasti memikiki harga uang besar.

6. Menghabiskan Uang Untuk Hal-hal Yang Penting

Misalnya, menghabiskan uang secara bijak untuk masa depan itu perlu anda terapkan sejak masih pelajar. Hal yang bisa membuat uang anda terbuang sia-sia yang tidak ada manfaatnya, seperti membeli barang besi layaknya mobil dan sepeda.

Perlu anda ketahui bahwa barang baru bisa akan membuat anda lupa diri akan pentingnya karir anda di masa mendatang. Dizaman sekarang barang baru tidak selalu baru dimata orang, karena perusahaan yang memproduksinya pasti akan membuat dan mempromosikan barang lagi. Itu sebabnya anda tidak perlu gengsi akan barang yang anda miliki meskipun itu lama.

Anda harus merasa senang menghabiskan uang dengan cara yang bermanfaat bagi sekarang dan seterusnya, Misalnya investasi untuk masa depan. Manfaatkan pengeluaran uang anda dengan cara yang ideal seperti membayar biaya kuliah.

Ilmu tidak akan pernah ada batasnya, karena ilmu bisa merubah nasib anda. Luangkan waktu untuk berpikir secara jernih dengan mengutamakan kepentingan dikehidupan anda sendiri. Saat anda berubah dengan gaya hidup yang sederhana, namun pasti.

7. Buat Catatann Keluar Masuknya Uang

Jika anda mengeluarkan uang maka anda bisa mencatatnya atau bisa juga anda menyimpan kuitansi bahkan makanan. Cantumkan tanggal, nama barang, dan jumlah yang dibelanjakan. Dengan begitu, Anda bisa tahu persis di mana uang Anda telah hilang.

Pemasukan uang anda harus lebih besar daripada pengeluaran. Anda bisa membandingkan 80% untuk pemasukan dan 20% untuk pengeluaran. Pemasukan tersebut bisa anda jadikan tabungan dengan cara setor tunai di tempat atm yang tersedia untuk setor tunai.

Penyetor secara tunai minimal 50 dan 100ribu perlembaran. Jika anda ingin tabungan anda stabil dari hari kehari maka anda bisa menentukan berapa jumlah uang yang anda tabung selama 3 hari sekali, atau bisa seminggu 1 kali untuk menyetornya.

8. Teruskan Kebiasaan Menabung

Jangan mudah bosan dalam menabung, karena banyak orang yang gagal karena mereka melakukannya dengan terlalu keras. Jadiliah penabung dengan gaya anda sendiri, pilih tujuannya dan cari manfaatnya.

Biasakan diri untuk rutin menabung, namun anda juga harus bisa membagi antara uang tabungan dengan uang kebutuhan. Jangan salah jalan, atau memilih untuk terus-menerus menabung sampai uang untuk kebutuhan anda tidak ada.

Anda akan cepat bosan bila melakukan hal tersebut. Buat santai saja, bila anda punya uang lebih maka tabungkan, namun bila uang anda masih kurang untuk kebutuhan, maka lain kali saja. Jika anda senang menabung, pasti anda akan rutin melakukannya, layaknya anda hobi sepakbola. Maka jadikan menabung sebagai hobi anda sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel