Apa Saja Persyaratan Untuk Daftar (PPDB) Ke SMK ?

Hayo siapa disini yang sebentar lagi lulus dari SMP/MTS, Selamat ya!. Pasti kamu bahagia sekali kan?, sebab kamu sudah mau duduk di bangku SMA/SMK.

Masa-masa SMP sudah terlewati, dan kamu bakal menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Banyak yang harus anda siapkan untuk daftar sebagai siswa baru di SMA maupun SMK.

Punya keinginan masuk SMK atau SMA nih?. Kedua pilihan tersebut bisa anda tentukan sendiri. Bagi kamu yang ingin ke SMK maka kamu harus mengerti dulu apa saja sih persyaratan mendaftar ke SMK?
Apa Saja Persyaratan Untuk Daftar (PPDB) Ke SMK ?
Seperti bisa, pada umumnya untuk cara mendaftar ke SMK terbilang hampir sama dengan SMA. Sebelum lanjut ke persyaratan mendaftar, ada baikanya yang pertama kali kamu lakukan yaitu menentukan dulu Sekolah mana yang ingin anda targetkan.

Baca Juga : 5 Kelebihan Serta Tujuan Masuk SMK Untuk Masa Depan

Jika bingung, maka kamu bisa meminta brosur dari berbagai Sekolah, dan tinggal pilih sesuai dengan kecocokan anda sendiri. Setelah kamu menemukan target Sekolah yang diminati, maka setelah itu kamu tinggal datang saja ke tempatnya. Seperti biasa, kamu akan disuruh  mingisi formulir pendaftaran dari sekolah tersebut.

Ada dari Sekolah SMA/SMK favorit yang sudah menggunakan sistem pendaftaran peserta didik baru via online. Jadi jangan kaget bila anda disuruh mengisi formulir melalui website.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Memilih Masuk SMK Dari Pada SMA ?

Nah, buat kamu yang pengennya masuk di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri ataupun Swasta, maka ada beberapa tes tertentu yang harus anda lewati. Berikut ini adalah syarat yang wajib anda siapkan apabila ingin masuk di SMK:

1. KPUN (Kartu Peserta Ujian Nasional)

Seperti yang sudah saya bahas diatas, ada dari Sekolah yang menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur online. Jadi jangan bingung buat kamu yang harus memberikan Kartu Peserta Ujian  Nasional (KPUN) dari SMP ke website yang telah disediakan SMK. KPUN ini akan merekap semua data kamu secara otomatis. Hal tersebut sebagai syarat pertama yang perlu anda lengkapi.

2. Foto Kopi Akta Kelahiran

Syarat yang kedua ini terbilang umum dan harus anda lengkapi. Foto Kopi AK (Akta Kelahiran) ini difungsikan sebagai bukti tempat dan tanggal lahir. Pihak Sekolah memberikan syarat ini untuk melihat usia kamu, sebab batas maksimal usia masuk di SMK pada umumnya berusia 21 tahun.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Jurusan SMK Yang Tepat

3. Pas Foto 3X4

Berkas persyaratan lainnya untuk masuk di SMK yaitu Pas Foto 3X4. Pada umumnya dari pihak sekolah akan meminta lampiran pas foto dengan ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar dengan background merah atau biru. Untuk fotonya juga diharuskan berpakaian rapi dan formal. Kamu bisa menggunakan baju seragam SMP.

4. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)

SKHUN atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional ini juga wajib sebagai persyaratan masuk di SMK. Pihak sekolah akan menyeleksi nilai asli ujian nasional yang tertera di SKHUN. Selain Tes, biasanya beberapa Sekolah Favorit juga akan meloloskan atau menerima peserta didik baru yang nilai ujiannya bagus.

5. Foto Kopi KK (Kartu Keluarga)

Dan Syarat umum selanjutnya untuk pendaftaran masuk di SMK yaitu KK (Kartu Keluarga) yang telah difoto kopi. Identitas keluarga merupakan salah satu hal yang penting sebagai syarat masuk di SMK.

Dari ke-5 Syarat diatas, ada beberapa dari Sekolah juga meminta syarat tambahan lain seperti misalnya sebagai berikut :

  • Foto copy KIM (Kartu Identitas Miskin)
  • Surat keterangan anak tenaga kependidikan (PTK)
  • Foto copy Sertifikat / Piagam sesuai prestasi kejuaraan akademik maupun nonakademik yang telah dilegalisir


Beberapa tambahan syarat umum diatas tersebut merupakan tambahan syarat bagi kamu yang ingin masuk SMK khususnya di SMK Negeri. Kemungkinan besar setiap Sekolah pastilah mempunyai persyaratan yang berbeda-beda dalam penerimaan siswa baru.

Demikian syarat-syarat dalam mendaftar di SMK yang perlu kamu persiapkan. Ada baiknya, sebelum kamu membawa berkas ketika mau daftar di SMK, coba cari dulu informasi persyaratan dari pihak Sekolah tersebut agar nantinya tidak balik lagi dalam melengkapi berkasnya.

Baca Juga : Kemana Rencana Tujuan Anda Setelah Lulus SMA/SMK ?

Akhir Kata

Semoga artikel yang LulusSmk.com bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi terkait syarat pendaftaran masuk di SMK. Terus belajar dan semangat dalam meraih cita-cita. Sukses selalu dan terimakasih telah berkunjung di Blog ini. Berikan komentar kamu dibawah yang sopan dan relevan agar artikelnya terus update dengan ribuan informasi yang bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Persyaratan Untuk Daftar (PPDB) Ke SMK ?"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel