6 Metode Mudah Pengecekan Emas Asli Atau Palsu


Metode tes atau mengecek emas paling mudah dengan cara membedakan perhiasan emas putih atau kunis asli atau palsu (kuningan) secara manual sendiri dengan 6 bahan atau cairan asam nitrat dirumah.
Sekarang, berkat kemajuan teknologi, emas palsu malah dapat kelihatan seakan asli. Seandainya Anda bertanya-tanya apakah emas tersebut asli atau palsu, metode yang paling dapat dipercaya yaitu bisa langsung datang dan meminta bantuan kepada toko emas terpercaya untuk mengujinya keasliannya. Seandainya Anda berkeinginan untuk mengeceknya sendiri, berikut sejumlah cara pengujian yang dapat Anda lakukan untuk mengukur legalitas keaslian emas.
6 Metode Mudah Pengecekan Emas Asli Atau Palsu

1. Pengecekan Fisik

Hal pertama yang harus dilaksanakan untuk mengecek keaslian emas Anda ialah dengan mengamatinya. Carilah pertanda tertentu yang memperlihatkan bahwa emas itu memang asli.

  1. Perhatikan emas untuk menemukan pertanda legal. Stempel mengindikasikan kebaikan (1-999 atau .1-.999) atau karat (10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K). Kaca pembesar bisa mempermudah dalam pengecekan ini. Emas berusia tua dapat lebih sulit dilihat tandanya. Emas palsu dapat saja mempunyai pertanda yang nampak otentik.
  2. Cari perubahan warna yang terlihat terang. Perhatikan perubahan warna khususnya di area yang mengalami pergesekan konstan umumnya di sekitar tepiannya. Jika memudar dan menampakkan logam berbeda di baliknya, perhiasan atau kepingan yang Anda miliki itu mungkin berlapis emas.

2. Pengecekan Gigitan

Kita tentu pernah menyaksikan adegan film di mana pendulang mengigit sepotong emas untuk mengujinya. Kita juga pasti pernah mengamati para atlet Olimpiade yang menggigit medali "emas" mereka ketika menang. Apakah ada gunanya dan maksud dari hal tersebut? Kita akan bahas itu disini. Kita dapat mencoba dengan hal sepele untuk melihat keaslian emas dengan metode gigitan berikut.

  1. Gigit emas dengan tekanan yang sedang.
  2. Periksa emas, apakah ada bekas dari gigitan? Teorinya, emas yang menampakkan bekas gigitan makin dalam membuktikan emas murni. Cara pengujian ini sebenarnya tak direkomendasikan sebab dapat membuat gigi Anda rusak. Lagipula, timbal lebih lunak dari emas, dan timbal berlapis emas dapat terlihat seperti emas saat Anda menggigitnya.

3. Pengecekan Magnet

Cara ini gampang, namun bukan metode yang paling terjamin untuk memastikan keaslian emas. Magnet seperti di kulkas takkan bisa berkhasiat, namun untuk magnet yang lebih kuat, yang dapat Anda peroleh di kios alat pertukangan atau benda-benda seperti kunci, hard disk yang tak terpakai, dapat Anda pakai.

  1. Pegang magnet di depan emas. Emas bukan logam magnetik, jadi seandainya melekat pada magnet, berarti emas itu palsu. Namun, kalaupun emas tak bereaksi pada magnet itu, bukan berarti emas itu  asli, sebab ada juga logam non-magnetik lainnya yang dapat dipakai bahan oleh pemalsu emas.

4. Pengecekan Massa Jenis

Sedikit sekali logam dengan massa jenis lebih besar daripada emas. Massa jenis emas murni 24 karat yakni sekitar 19,3 gram/ml, yang jauh lebih besar dari kebanyakan logam lainnya. Menilai massa jenis kepingan atau perhiasan emas Anda dapat memastikan, emas itu asli atau palsu. Peraturannya, apabila makin besar massa jenis, maka makin murni emas tersebut. Cara pengujian ini seharusnya Anda lakukan pada emas yang tak mengandung batu-batuan apapun.
  1. Timbang emas. Penjual perhiasan umumnya dapat membantu anda dan tidak dipungut biaya apabila Anda tak punya timbangan sendiri. Pengukuran seharusnya Anda lakukan dalam gram.
  2. Isi sebuah gelas atau tabung ukur dengan air. Di sisi luar gelas atau tabung ukur sebaiknya ada penanda takaran milimeter. Dengannya Anda lebih gampang membaca ukuran yang ditemukan dalam pengujian ini. Isi air secukupnya, asalkan gelas tersebut tak Anda penuhi sampai luber. Permukaan air akan naik ketika Anda memasukkan emas. Penting juga Anda catat tinggi permukaan air sebelum dan setelah emas dimasukkan.
  3. Masukkan emas ke dalam gelas. Catat permukaan air yang baru, kemudian hitung perbedaan antara yang baru itu dengan sebelumnya-dalam milimeter. Pakai rumus berikut untuk menghitung massa jenis: Massa jenis = massa/pergeseran volume. Jika alhasil mendekati 19 gram/ml, berarti emas itu asli, atau terbuat dari bahan dengan massa jenis mirip emas. Katakanlah emas Anda beratnya 38 gram, dan saat dimasukkan ke gelas, membikin volume air bergeser 2 ml. Memakai rumus [massa (38 gram)]/[pergeseran volume (2ml)], alhasil yakni 19 gram/ml, yang betul-betul mendekati massa jenis emas. Ingat, kemurnian emas berbeda juga dapat memunculkan rasio gram/ml berbeda: 14 karat – 12,9 {sampai} 14,6 gram/ml, Kuning 18 karat – 15,2 {sampai} 15,9 gram/ml, Putih 18 karat – 14,7 {sampai} 16,9 gram/ml, 22 karat – 17,7 {sampai} 17,8 gram/ml.

5. Pengecekan Pelat Keramik

Cara ini metode yang gampang untuk mengecek apakah emas Anda palsu atau asli. Namun, ingat, emas dapat beresiko tergores setelahnya mencoba.
  1. Siapkan pelat keramik yang tak berlapis glazur. Seandainya anda tidak mempunyainya, Anda dapat membeli apa saja yang berbahan keramik tanpa lapisan glazur dari toko bahan bangunan.
  2. Goreskan emas ke permukaan pelat keramik. Seandainya|Sekiranya timbul garis-garis hitam di pelat, berarti emas Anda palsu, sementara garis-garis emas menggambarkan emas asli.

6. Pengecekan Asam Nitrat

Dari sinilah istilah \" percobaan asam\" berasal, metode yang bagus untuk mengecek mengetes keaslian emas Anda. Namun, lantaran sangat susah mendapat larutan asam, dan adanya risiko keamanan berkaitan bahan itu jika Anda kerjakan sendiri di rumah, mungkin alangkah baiknya Anda serahkan kepada pengujian ini pada orang ahli penjual perhiasan.
  1. Letakkan emas dalam wadah kecil berbahan stainless steel.
  2. Bubuhkan setetes asam nitrat ke emas, dan perhatikan respons yang timbul setelahnya. Respon  hijau mengindikasikan kepingan atau perhiasan Anda terbuat dari logam dasar atau berlapis emas. Respon emas mengindikasikan bahan kuningan berlapis emas. Respon berwarna susu mengindikasikan perak berkualitas dengan lapisan emas. Apabila tak ada respon, besar kemungkinan Anda memastikan bahwa emas itu benar asli.

cara membedakan anting emas asli dan palsu | ciri ciri perhiasan emas asli | ciri ciri emas asli pada gelang | cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan | cara membedakan emas putih asli dan palsu | harga emas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Metode Mudah Pengecekan Emas Asli Atau Palsu"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel