5 Alasan Kenapa Memilih Masuk SMK Dari Pada SMA ? Ini Kelebihannya

Setelah sudah tamat SMP, maka pendidikan selanjutnya adalah Sekolah Menengah, yaitu bisa SMK atau bisa ke SMA.

Bagi anda atau orang tua yang ingin mengasah keterampilan, maka masuk SMK adalah pilihan yang tepat.

Sangat penting bagi orang tua untuk menentukan masa depan anaknya sejak dini. Mengenal bakat dan minat anak bisa dimulai dari SD hingga SMP. Setelah SMP dia akan tahu, apa bakat si Anak tersebut. Hal ini akan memberikan sedikit bantuan untuk si anak dalam memilih Sekolah mana yang cocok buatnya.

Ingin kemana setelah lulus SMP?, berikan pertanyaan tersebut kepada si anak, agar dia bisa menentukan sendiri kemauan dia dalam melanjutkan pendidikannya.

Sebenarnya tidak hanya SMK dan SMA saja pendidikan Menengah di Indonesia, dan salah satunya juga ada sekolah MA(Madrasah Aliyah).

Apabila si anak memilih untuk melanjutkan ke SMA, maka dia harus siap diberikan pelajaran berupa ilmu materi yang lebih jauh lagi. Hal ini karena rata-rata pendidikan SMA merupakan dasar untuk melanjutkan ke perguruan yang tinggi lagi. Pelajaran SMA mencangkup materi yang terdiri dari 10% Praktek serta 90% sisanya lebih mengutamakan ke pelajaran Teori.

Selain itu, apabila si anak memilih untuk masuk ke SMK, maka dia harus siap menerima materi khusus yang berbeda dari yang lainnya. Pendidikan yang di ajarkan di SMK mencangkup 30% Teori dan 70% Praktek.

5 Kelebihan Serta Tujuan Masuk SMK Untuk Masa Depan

Murid di SMK pada umumnya akan diberikan latihan khusus di bidang keahliannya masing-masing. Kesempatan bagi siswa-siswi SMK yang mengutamakan praktek dibanding teori inilah yang akan mengasah keterampilan mereka, dan menjadikannya sebagai modal ketika terjun ke dunia pekerjaan di masa mendatang.

Alasan Kenapa Memilih Masuk SMK ?

Alasan Masuk SMK

Kenapa lebih memilih SMK dibanding SMA, Berikut 5 alasan yang membuat banyak peserta didik baru minat untuk masuk di SMK:

1. Memilih bidang keahlian

Banyak sekali bidang keahlian yang tersedia di SMK. Siswa baru bisa menyusuaikan diri dengan bakat yang ingin di asah. Keahlian ini akan mengembangkan siswanya supaya kelak nanti mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kejuruan masing-masing. Setelah lulus siswa akan mendapatkan beberapa sertifikat dari uji kompetisi yang dilakukan sebelum wisuda. Sertifikat ini berdasarankan keahliannya dan bisa dimanfaatkan untuk persyaratan melamar kerja.

5 Tips Memilih Jurusan SMK Yang Tepat

2. Mampu Berwirausaha

Selain mendapatkan teori serta praktek, Siswa SMK juga diajarkan bagaimana kiat wirausaha yang benar. Siswa SMK bisa usaha sendiri dan berpeluang menciptakan lapangan kerja baru dengan keahlian yang mereka peroleh dari materi di sekolah. Bekal yang didapat setelah lulus dari SMK dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dengan membuka Usaha, karena SMK punya jiwa kewirausahaan, bisa mandiri dan  berkarya serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain,

3. Bisa Lanjut Ke Perguruan Tinggi

Bukan lulusan SMA saja yang memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, Bagi lulusan SMK pun bisa berkesempatan untuk kuliah kok!. Memang benar kebanyakan dari tamatan SMK tidak berminat untuk kuliah, sebab sudah mampu dan siap bekerja. Tetapi, bagi anda yang tidak terburu-buru untuk berhenti sekolah, maka anda bisa menimbah ilmu dan mematangkan lagi keahlian anda ke jenjang perguruan tinggi. Anda bisa kok bekerja sambil kuliah!, karena kuliah sekarang ada yang bisa memilih hari dan jam pelajaran.

15 Daftar Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Masa Depan

4. SMK Bisa Kerja Langsung

Selama di sekolah siswa-siswi SMK diwajibkan untuk mengikuti ujian Praktek Kerja Lapangan (PKL). Praktek ini berlangsung selama 4 hingga 6 bulan tergantung dari pihak Sekolah. PKL atau Prakerin (Praktek Kerja Industri) ini bermaksud agar nanti siswa SMK bisa beradaptasi di lingkungan kerja, kedisiplinan dan keterampilan dari materi yang diterangkan oleh guru pembimbing bisa langsung di praktekkan di tempat PKL tersebut. Nah, disitulah anak SMK bisa mempunyai pengalaman kerja. Dari pengalaman tersebut, maka lulusan SMK sudah yakin dan siap terjun ke dunia pekerjaan.

5. Dapat Menghemat Biaya

Sebagian besar anak yang tertarik masuk ke SMK karena bisa mendapat penghasilan sendiri. Anak SMK selama sekolah berlangsung dapat bekerja sambil belajar. Saat Magang atau Prakerin ini, siswa bukan hanya dapat ilmu wawasan saja, namun juga bisa mendapatkan gaji. Siswa bisa mendapatkan uang dari jerih payah sendiri lebih ketika magang. Dikatakan hemat, sebab uang saku mereka bisa bertambah saat magang berlangsung dan mereka juga mengerti bagaimana susah-senangnya mencari uang sendiri.

Kemana-Rencana-Tujuan-Anda-Setelah-Lulus-SMA-SMK

AKHIR KATA

Itulah 5 alasan kenapa banyak yang lebih tertarik memilih masuk ke SMK. Dengan memilih jurusan yang benar serta cocok sesuai minat dan bakat sendiri maka anda bisa berpeluang berkarir di dunia pekerjaan. Selain itu pula anda juga bisa membuka usaha sendiri dengan bidang keahlian anda sendiri. Semoga dengan artikel diatas bisa menjadi masukkan bagi anda yang ingin melanjutkan Sekolah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Alasan Kenapa Memilih Masuk SMK Dari Pada SMA ? Ini Kelebihannya"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel