Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Sesungguhnya

 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Sesungguhnya
Ketika anda hanya melihat modal berupa uang sebagai syarat memulai suatu bisnis, anda sedang membatasi imajinasi, potensi, dan opportunity anda.

APAKAH ADA BISNIS TANPA MODAL?

Tentu saja punya uang membuat segalanya lebih mudah. Bisakah memulai bisnis tanpa uang? , jawabannya tentu saja "Bisa".

Waktu merupakan resource yang paling dasar dan paling utama untuk mengakuisisi apapun seperti skill, koneksi, kekayaan, dan sebagainya. Berapa besar waktu yang bisa anda dedikasikan untuk bisnis anda? Di permulaan berbisnis, anda boleh tidak punya uang, tapi anda harus punya waktu.

MODAL SKILL + WAKTU

Skill : Lahir dari dedikasi anda dalam proses akuisisi pengetahuan yang ditukar dengan waktu. Umumnya dengan formula waktu + skill, anda sudah bisa memulai bisnis di bidang Jasa. Sebagai referensi mengenai akuisisi skill, saya merekomendasikan buku Mastery by Robert Greeney. Ketika anda hanya memiliki waktu dan skill, anda bisa mencari investor untuk mendanai bisnis anda dan menukar skill dan waktu anda dengan Equity. Dan itu membawa kita ke...

PERLUAS KONEKSI

Koneksi. Untuk memulai bisnis dengan modal uang yang minim, anda harus menggunakan waktu anda sebaik mungkin untuk memperluas koneksi anda. Mereka-mereka yang harus anda temukan adalah calon co-founder, calon investor, dan yang terpenting, calon klien. Investor dan klien memodali bisnis anda dengan cara yang berbeda: Investor bisa menawarkan modal uang sebagai ganti Equity di bisnis anda, sedangkan Klien bisa membayar produk atau jasa yang anda sediakan dengan Down Payment ataupun Advance Payment yang bisa anda gunakan sebagai modal uang.

Baca Lanjutannya : Tips Memulai Bisnis kecil-kecilan Dengan Ide Sendiri

Pada umumnya, saya lebih suka dengan business model yang bisa profitable dari day-1, dengan begitu saya bisa menghindari memberikan equity kepada investor yang hanya bisa menawarkan modal uang.

Ada banyak hal yang bisa didiskusikan seputar memulai bisnis tanpa modal berikut strateginya. Pada intinya, saya memandang kesulitan memulai bisnis secara hakikinya bukan karena keterbatasan modal, namun karena keterbatasan pengetahuan berbisnis itu sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel