Perbedaan Kecepatan Internet 1G 2G 3G 4G Dan 5G

 Perbedaan Kecepatan Internet 1G 2G 3G 4G dan 5G
Banyak orang sudah menggunakannya, tapi sepertinya masih sedikit yang tahu bahwa G dari 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G adalah kependekan dari generation atau generasi.

Singkatnya, dengan bertambahnya angka di depan huruf G, berarti kecepatan dan teknologi yang digunakan untuk mencapai kecepatan itu juga bertambah.
 Perbedaan Kecepatan Internet 1G 2G 3G 4G Dan 5G
Untuk lebih lengkapnya, begini penjelasannya:

JARINGAN 1G

1G ini adalah jaringan telepon genggam generasi pertama yang diluncurkan di akhir 70-an. Teknologinya masih sangat analog dan kualitas suara telepon genggamnya masih jelek dan sering putus-putus. Daya tahan baterenya pun juga jelek. Secara teori, kecepatan maksimal 1G adalah 2.4 Kbps (jangan harap bisa streaming drama korea ya pakai jaringan ini)

JARINGAN 2G

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, 2G artinya adalah generasi kedua. Telepon genggam banyak mengalami peningkatan saat bermigrasi dari 1G ke 2G. Sinyal radio yang dipakai oleh 2G bentuknya digital, bukan analog seperti yang digunakan di 1G, jadi lebih bisa diandalkan dan aman. Konsep GSM dan CSMA diimplementasikan pada saat itu. Kecepatan maksimum 2G dengan GPRS adalah 50 Kbps, dan dengan EDGE adalah 1 Mbps (ini adalah masa-masanya kita suka berkirim SMS dengan ikon-ikon lucu dan kadang juga alay).

JARINGAN 3G

3G artinya adalah generasi ketiga. Inilah awal dari internet telepon genggam yang lebih cepat dan kemampuan multimedia seperti pengunduhan video, e-mail, berbagi gambar, dan pengalaman browsing. Ponsel pintar diperkenalkan di generasi ini dan 3G menggunakan teknologi baru yang dikenal sebagai UMTS. Secara teori, kecepatan maksimum 3G adalah 21.6 Mbps melalui HSPA+teknologi.

JARINGAN 4G

4G artinya adalah generasi keempat. Ini adalah masanya dorongan untuk kecepatan, kualitas, dan keamanan tinggi. Dua teknologi paling penting setelah 4G adalah MIMO dan OFDM, dan dua standar 4G yang paling banyak digunakan adalah WiMAX dan LTE. Secara teori, kecepatan 4G untuk benda bergerak adalah 100 Mbps, dan 1 Gbps untuk benda tidak bergerak, meskipun pada praktiknya penggunaannya sering bervariasi.

JARINGAN 5G

Yang terakhir, tentu saja 5G—generasi kelima. Sekarang ini 5G sedang dalam pengembangan dan peluncurannya segera ditunggu. 5G diharapkan memiliki kecepatan internet secepat kilat dengan kepadatan koneksi yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. 5G diharapkan punya konsumsi batere yang lebih rendah dan meningkatkan cakupan nirkabel dengan kecepatan 35.6 Gbps.

Baca Lanjutannya : Cara ampuh Lock Jaringan 4G LTE Samsung

Jadi pada dasarnya, 5G itu 35 kali lebih cepat daripada 4G, dan diharapkan dapat mengubah cara orang-orang menggunakan internet seluler di masa depan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel