6 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh Tanpa Reset Ulang Hp

Entah kenapa memori hp saya tiba-tiba  jadi penuh, padahal data atau file saya seperti foto, video, musik mp3 dan lainnya tidak banyak. Banyak pengguna bingung dengan masalah pada penyimpanan memori yang penuh dengan sendirinya.

Ketika buka galeri, ada notifikasi penyimpanan sudah penuh atau hampir habis dan ketika ingin download aplikasi di Playstore selalu gagal dan keluar notifikasi kosongkan ruangan atau anda disuruh untuk hapus beberapa aplikasi agar dapat mendownloadnya kembali.

Baca Lanjutannya : Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Download 8Di PlayStore

Kapasitas pada memori internal hp, tergantung dari spesifikasi hp itu sendiri. Memori internal tidak sama dengan Memori RAM, perbedaannya cukup singkat.

Jika memori internal pada hp berfungsi sebagai penyimpan data, cache, sistem serta file anda sendiri, Dan untuk memori RAM(Random Akses Memori) fungsinya sebagai penyimpanan, pengaksesan beberapa aplikasi sistem untuk beroprasi.

Jadi RAM Hp yang memiliki kapasatis yang terlalu kecil akan membuat hp lemot, karena RAM tidak mampu bekerja jika terlalu banyak aplikasi sistem dan data yang berjalan bersamaan.

Oleh sebab itu jangan samakan Memori RAM dengan Internal ya sob!. Pada dasarnya Memori Internal Dan RAM hp berhubungan secara langsung, dan sama-sama bekerja untuk performa hp agar bisa berjalan.

Baca Lanjutannya : Memori RAM HP Samsung Penuh

Hp lemot yang dikarenakan oleh memori internal memang sering terjadi. Aplikasi serta data yang menumpuk pada penyimpanan internal bisa memberatkan memori RAM jadi berat untuk berjalan.

Faktor Penyebab Hp Lemot Dan Penyimpanan Penuh

5 Cara Mengatasi penyimpanan Internal Penuh Tanpa Reset Ulang Hp
Untuk mengatasinya cukup mudah, namun akan lebih baik anda terlebih dahulu mengetahui faktor penyebab penyimpanan hp yang penuh, berikut faktor utama penyebab memori hp lemot serta penyimpanan penuh:
  • Banyaknya Aplikasi Yang Terpasang,
  • Terlalu sering instal dan ketika uninstal aplikasi masih tertinggal beberapa berkas(cache) dari data aplikasi tersebut yang belum terhapus,
  • Sering Upadate aplikasi bawaan dan nonbawaan sistem yang tidak terlalu penting,
  • Banyak file pribadi seperti foto, video, musik dll yang tersimpan pada memori Internal.

Itulah faktor umum yang sering membuat hp anda jadi lemot serta penyimpanan yang penuh ataupun hampir habis. Seperti yang anda ketahui, bahwasannya kalau hp yang mempunyai spesifikasi dan performa yang cukup mempuni tidak akan sering terjadi kasus seperti ini. Ketika orang ingin membeli hp baru, rata-rata sekarang memilih bagian kualitas kamera yang bagus dan bukan performa bagian sistem dan pengoprasian hpnya.

Cara Mengatasi Hp Lemot Dan Penyimpanan Penuh

Namun, anda tak perlu khawatir!. Jangan tergesah-gesah mereset ulang (kembali kepengaturan pabrik) hp anda, karena hal ini sering terjadi dilakukan oleh pengguna hp yang memilih jalan pintas. Memang benar, kalau mereset hp akan meningkatkan lagi hp yang lemot, penyimpanan penuh ataupun error. Lantaran fungsi reset hp adalah mengembalikan semua data sistem seperti baru beli, dan resikonya semua aplikasi sekaligus data pribadi yang tersimpan di memori internal (telepon) anda akan ikut terhapus juga. Jadi pindahkan terlebih dahulu semua file dan data pribadi anda ke memori eksternal (kartu sd) bila ingin memilih jalan pintas atau Reset Ulang Hp.

Untuk memperbaiki hp yang lemot dan penyimpanan internal yang penuh tanpa harus mereset ulang hp, maka anda bisa mencoba trik ampuh berikut ini :

1. Menghapus Data Cache Aplikasi

Pergi ke pengaturan hp, terus cari aplikasi manager, cari aplikasi yang menurut anda tidak penting, lalu hapus data dan cache aplikasi. Entah itu aplikasi sistem ataupun aplikasi tambahan dari playstore yang banyak memakan penyimpanan internal.

Baca Lanjutannya : 3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

2. Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Yang Tidak Penting

Setelah itu, anda bisa masuk lagi ke pengaturan, lalu cari menu notifikasi aplikasi. Cari aplikasi sistem yang jarang digunakan, lalu nonaktifkan izin app.  Di bagian ini berfungsi agar App tidak berjalan dilatar belakang dan mengurangi penyimapanan RAM.

3. Menghapus File Sampah Di Memori Internal

Masuk menu file manager, terus klik penyimpanan internal. Setelah itu cari folder sampah yang tidak penting dari aplikasi yang sebelumnya sudah anda hapus. Hal ini, sedikitnya bisa melonggarkan memori internal dari folder sampah app.

4. Menggunakan Smart Cleaner

Jika memiliki aplikasi cleaner smart manager, anda bisa membuka dan mengetahui kapasitas memori internal dan ram secara terperinci. Anda bisa hapus atau kosongkan beberapa file di penyimpanan seperti data cache, residu dan dan file iklan.

5. Memindahkan File ke Kartu SD

Apabila ada memori eksternal (kartu sd) yang masih terdapat ruang kosong,  maka anda bisa memindahakan beberapa file umum pribadi seperti foto, video, musik, aplikasi mentah dan dokumen lainnya ke sd card. Hal ini bisa mengurangi beban dari penyimpanan internal dan meningkatkan performa hp.

Baca Lanjutannya : 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak minta Format

6. Mempercepat klik Skala Animator

Untuk tambahan peningkatan kecepatan akses ketika klik aplikasi di menu, bisa pergi ke pengaturan, terus cari menu pengembangan, roll kebawah sampai menemukan 3 fitur (skala animasi jendela, transisi, dan animator, ubah ketiga fitur tersebut menjadi yang paling kecil, bisa 1x atau 0,5. atau mematikan skala animasi.

AKHIR KATA

Semoga dengan trik diatas bisa mengurangi lemot dan bisa melegakan  penyimpanan hp anda. Dengan begitu anda tidak lagi menunggu ketika membuka aplikasi yang sebelumnya lama banget ketika dibuka.

Penyimpanan penuh bisa diatasi sendiri tanpa harus mereset ulang hp. Untuk mengurangi resiko kehilangan data anda bisa mencoba panduan diatas sampai benar-benar penyimpanan longgar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel