4 Penyebab Utama Trafik Pengunjung Blog Turun Sangat Drastis

4 Penyebab Utama Trafik Pengunjung Blog Turun Sangat Drastis

Blog yang trafiknya menurun drastis sekali disebabkan oleh beberapa fakfor. Beberapa blogger pasti pernah dan merasakan web blognya tiba-tiba sepi hingga 50%.

Kalau blog yang anda bangun tersebut sepi pengunjung, lantas buat apa anda membuat artikel banyak. Tentu saja cuma buang-buang waktu kan!. mungkin itu yang ada dipikiran sobat blogger.

Blog yang tiba-tiba saja seperti kuburan bisa membuat anda jadi down. Anda akan angkat tangan dan malas untuk nulis serta otak-atik blog lagi.

Blogger yang mudah menyerah karena visitornya menurun sudah sering kali dirasakan, apalagi blogger pemula, bahkan di group media sosial seperti fb mereka malah menjual blognya.

Tanpa anda sadari, traffic blog bisa naik turun kapan saja dan tentu saja itu disebabkan oleh admin blog itu sendiri.

Kita ibaratkan saja Blog anda adalah warung kopi dan pembeli merupakan visitor. Nah, bagaimana sekiranya warung kopi anda laris manis dan ramai pembeli. Tentu saja yang harus anda lakukan adalah meningkatkan dari segi pelayanan, rasa khas seduhan kopinya dan juga dari tempat suasananya.

Kalau diibaratkan secara ringkas :
  • Rasa khas kopi : Topik artikel anda menarik dan original
  • Pelayanan : Anda harus bisa menjawab atau membalas dari komentar pengunjung blog yang bertanya dengan sopan dan ramah
  • Tempat suasana : Tampilan (Template) Blog SEO Friendly supaya pengunjung nyaman untuk membaca tulisan anda.
Jika anda tidak memiliki strategi seperti itu, sama saja anda hanya ingin menjadi pengusaha sukses namun cuma diam diri ditempat.

Baca lanjutannya :Tips Rahasia Menjadi Blogger Sukses Dengan Gaji Jutaan

Nah, Kembali lagi ke topik awal. Bagaimana caranya agar blog yang sepi bisa kembali ramai pengunjung :

1. Memperbaiki Artikel Blog

Menulis artikel juga tidak boleh asal-asalan, anda harus tahu dan mengerti apa yang anda tulis. Selain itu apakah artikel anda banyak dicari orang atau tidak.

Percuma anda membuat artikel banyak hingga ratusan, namun anda sendiri tidak paham dari isi tulisan anda sendiri, lantas bagaimana pengunjung mau percaya.

Bisa jadi anda menipu pengunjung blog karena artikel anda bukanlah dari ide anda sendiri melainkan copas milik tulisan orang lain.

Pengunjung yang membaca tulisan anda merasa bingung dan ingin berkomentar. Apabila dia komentar dan anda tidak meresponnya, sudah dipastikan dia tidak akan mau kembali lagi datang ke blog anda.

Artikel yang baik harus mempunyai tujuan dari isi tulisan itu sendiri. Meskipun gaya bahasa dari isi artikel anda terbilang jelek namun pengunjung akan merasa nyaman karena topik yang anda bagikan diblog tersebut memang dari sumber ide karangan dari pemikiran yang anda memang ketahui sendiri.

Dari sebuah artikel inilah pengunjung blog datang. Artikel merupakan hal yang paling utuma untuk blog. Oleh sebab itu visitor yang tiba-tiba turun sangat drastis juga bisa dari faktor kesalahan penting yaitu isi dari pembuatan artikelnya.

Penting sekali anda perlu memperbaiki artikel lama yang sudah anda buat atau menambah artikel original lagi kedalam blog.

Turunnya visitor bukan lagi hal yang asing. Apabila blog anda tidak keurus dan anda jarang sekali update artikel terbaru maka sudah pasti pengunjung akan menurun sedikit demi sedikit setiap harinya. Hal ini karena artikel yang sudah lama anda buat sudah basi  atau sudah kadaluwarsa.

Misalnya artikel dengan tema berita pasti memiliki batas waktu.Topik seputar berita paling lama cuma 1 minggu, sebab pengunjungpun sudah tahu kalau artikel yang anda sajikan sudah basi alias kadaluwarsa. Anda diwajibkan update artikel viral lagi setiap hari jika tema blog anda seputar berita. Nah, trik ini bisa anda terapkan pada langkah awal untuk meningkatkan kembali visitor blog.

2. Memperbaiki Link Blog

Pengaruh blog sepi selanjutnya bisa dikarenakan oleh faktor link, entah itu link didalam blog rusak, spam link didalam komentar, dan bisa karena salah dalam menanam backlink.

Hal ini sering sekali diabaikan oleh blogger. Link blog yang tidak sehat ataupun spam sama halnya dengan sampah dan perlu dibersihkan. Google bisa mendeteksi dan akan membuat buruk blog serta lama-kelamaan popularitas blog menurun sangat drastis jika terlalu banyak link yang berpengaruh negatif.

Untuk meningkatkan kembali blog agar ramai yaitu dengan memperbaiki semua link sampah, seperti link didalam artikel yang sudah rusak atau kadaluarsa, spam link didalam komentar postingan , dan backlink.

Untuk mempermudah pencarian link yang rusak anda bisa menggunakan bantuan tools atau lebih mudahnya anda bisa mengecek ke https://www.brokenlinkcheck.com. Setelah masuk ke laman tersebut, anda ketik url blog sobat didalam kolom yang sudah disediakan dan klik find broken links. Tools tersebut akan mendeteksi dan mencari semua link yang rusak dari blog sobat.

3. Memperbaiki Template

Tema atau yang dikenal template blog adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kualitas blog. Blog yang templatenya berantakan akan membuat pengunjung kabur. Sebab kenyaman membaca ketika pengunjung datang dan membaca artikel yang kita sediakan maka tampilan blog kita harus semenarik mungkin supaya pengunjung tidak tergesah-gesah keluar dari blog kita.

Dikatakan template yang nyaman dan menarik untuk dipandang yaitu template yang cepat saat diakses, warna yang tidak terlalu gelap serta teks yang nyaman untuk dibaca. Selain itu template dikatakan friendly harus bisa menyesuaikan ketika blog diakses melalui desktp (PC) maupun Smartphone.

Untuk memodifikasi template di dalam settingan blog tidak boleh sembarangan. Memasukkan, mengedit serta menambah kode html atau script ke dalam template harus benar dan sesuai, apabila anda asal-asalan memodifikasi template maka sangat berpengaruh buruk terhadap blog. Kesalahan kode html akan mengakibatkan blog anda tidak terdeteksi oleh mesin pencari google, oleh sebab itulah pengunjung tiba-tiba turun secara drastis banget, karena anda mungkin salah dalam memodifikasi template.

Mungkin Anda perlu sekali memperbaiki template blog. Namun bila anda tidak paham bahasa html atau script anda bisa mencoba membeli template premium yang sudah seo friendly.

4. Tidak Curang Dalam Mencari Visitor Blog

Kesalah yang terakhir ini sering banget dilakukan oleh blogger yang sudah menyerah. Blognya sepi kayak kuburan, pengunjung cuma maksimal 50-100 orang perhari. Nah, itu merupakan kesalahan yang fatal dan bisa merugikan anda sendiri. Anda melakukan berbagai cara untuk menarik pengunjung secara tidak alami.

Memang pada awalnya traffik blog bisa naik secara drastis, namun dampaknya mungkan anda tidak akan anda sadari dan jangan kecewa apabila blog anda terkena pinalti oleh om google. Percuma anda menggunakan tools untuk menarik pengunjung banyak hingga ribuan perhari, namun pada akhirnya blog anda hilang dan tidak bisa diakses kembali.

hal ini tentang optimasi, perlunya anda belajar dan terus mencari tentang bagaimana meningkatkan visitor blog secara real alami dari mesin penelusuran dan bukan dari mesin kecurangan.

Akhir Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi traffik blog turun. Namun yang paling utama adalah ulasan yang saya bahas diatas. Setidaknya anda terus membuat artikel yang selalu bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, maka pengunjung akan senantiasa akan menghampiri blog anda sendiri.

Terus Bagikan artikel anda ke Media Sosial seperti Facebook, Twitter atau juga bisa upload video ke youtube. Anda bisa menjadi youtuber sambil promosi blog anda. Trik tersebut memang ampuh untuk meningkatkan traffik blog, namun terlalu berat bagi kalian yang harus menulis konten artikel untuk blog dan konten video ke youtube. Bila anda ingin mencobanya bisa simak lanjutan Tips Menjadi Youtuber. Tidak salahnya mencoba, so itu bisa menambah wawasan baru buat anda dibidang internet.

Itulah langkah yang paling direkomendasikan untuk blog yang trafik pengunjungnya tiba-tiba turun secara drastis sekali hingga 50%. Blog bisa ramai kembali seperti pasar jika anda memiliki niat keras untuk menjadi blogger profesional. Tidak harus terburu-buru dalam meningkatkan traffik blog. Yang harus anda lakukan setiap kali anda buat artikel perlu yang namanya optimasi. Sampai disini ulasan ini saya bagikan, semoga bisa membantu anda!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel