Kunci Belajar Yang Baik Untuk Pelajar Agar Sukses

LulusSmk.com - Kunci Belajar Yang Baik Untuk Pelajar Agar Sukses

Pernahkah kalian sadar, kita belajar begitu banyak pelajaran sekolah, tapi untuk apa?, Apakah semua itu ada gunanya? itulah yang akan kita cari tahu lewat pembahasan kali ini.

Sayangnya yang kita temui kebanyakan disekolah yaitu kita terlalu fokus menghafal bukan benar-benar coba paham.

Meskipun nilainya bagus, tapi pas begitu lulus langsung buyar alias lupa semua yang pernah kita pelajarin ditambah lagi kita bingung disaat kita lulus ilmunya mau diapain.

Padahal sepanjang sejarah, dunia kita dibangun oleh orang-orang hebat, pengen nyoba paham dengan hal-hal di dunia ini. Makanya satu kesalahan terbesar dalam belajar adalah kita terlalu fokus menghafal.

Hafalan bukanlah sama sekali tidak penting, tetapi hafalan saja tidaklah belum cukup. Jika kita lihat diluar sana dunia kita semakin cepat berubah. Menghadapi dunia seperti ini, kita tidak bisa cuma menghafal doang. Kita tentunya harus bisa juga jadi orang yang bisa mengikuti perkembangan zaman.

Makanya tujuan artikel ini ada yaitu agar bisa membantu kalian supaya beneran bisa mengerti semua ilmu-ilmu yang ada dengan cara melihat kembali semua bidang pelajaran ini dengan kacamata yang berbeda, mulai dari kegunaan dikehidupan nyata, cerita dibaliknya, tokoh kerennya, sampai kecocokan atau minatnya dengan kalian, hingga sampai kalian bisa jadi diri sendiri yang bisa melanjutkan jejak orang dulu.

Jadi, oleh sebab itu mari kita bahas, Bagaimana sih cara belajar yang baik  agar kita bisa mengerti pelajaran ini bisa jadi berguna buat kehidupaun kita.

Bagian Pertama : Langkah Penting Dalam Belajar

Di Sekolah atau Kuliah kita sering banget ketemu rumus dan istilah yang susah, tapi kalian harus ingat dan tahan diri kalian untuk tidak cuma menghafal dan nebak-nebak jawabannya saja, akan tetapi justru kalian harus akuin saja kalau misalnya kalian memang belum mengerti tentang sesuatu itu karena itu adalah langkah pertama yang paling penting dalam belajar. Sebab jika diri kita merasa sudah tahu tahu segalanya, maka kita tak akan mau belajar lagi, jadi kalau tidak mengerti istilah susah ini, maka jangan pura-pura ngerti dan nebak-nebak jawabannya, akan tetapi cari tahu juga artinya.

Kalau kita tidak mengerti rumus jawabannya mengapa bisa begini, maka kalian cari tahu kenapa jawabannya bisa begitu. Terus latihan dan pahami konsepnya. Kalau tidak ngerti pelajaran ini, nanti gunanya buat apa kalian bahkan gak ngerti sekolah itu gunanya buat apa.

Jangan belajar jika kalian cuma demi ingin mencari kelulusan. Cari tahu juga apa gunanya kalian belajar ini buat di kehidupan kalian nanti. Jadi jangan pernah kalian malu kalau memang kita tidak tahu semua jawaban, malulah jika kita merasa diri sudah tahu segalanya.

Bagian Kedua : Mau Paham ? Belajar Dari dasarnya

Di dunia kita penuh dengan ilmu-ilmu baru yang terus bermunculan di setiap harinya. Dengan begitu banyaknya ilmu pengetahuan di dunia ini untuk kita bisa mempelajari sesuatu dengan cepat. Penting banget untuk kita melihat pengetahuan jadi semacam cabang pohon, Pastikan kita memahami prinsip-prinsip dasarnya dulu yaitu dari batang dan cabang besarnya, sebelum kita masuk keranting dan dedaunannya atau kalau tidak mereka tidak akan punya pegangan untuk bisa digantung kemana-mana dan mereka akan jatuh, dan kita akan gagal paham.

Maka oleh sebab itulah penting banget bagi kita semisalnya saat kita belajar dan mencoba ingin paham tentang pelajaran matematika, maka kita harus terlebih dulu tahu secara dasarnya dulu, maka barulah kita bisa masuk kecabang-cabangnya, karena yang sering kita pahami disekolah, kita sering banget gagal memahami pelajaran karena kita suka melewati bagian-bagian penting dasarnya atau secara sesimpel tidak pernah melihat gambaran dasarnya.

Susah buat kita paham sesuatu, jika kita tidak tahu dasar-dasarnya, seperti contoh ketika bermain game, kita tidak akan bisa langsung naik kelevel ke 2, apabila kita belum selesai di level 1 atau dasarnya

Bagian Ketiga : Jangan Berhenti Mencari Sesuatu Yang Kita Suka

Jadi pelajaran ini adalah tentang ilmu-ilmu dasar, tetapi pertanyaannya, Apakah penting belajar ini semua?. Jawaban singkatnya sangat penting, karena kalian perlu dasar-dasar ini semua untuk bisa bertahan hidup di jaman yang berkembang begitu pesat seperti sekarang. Sekaligus kalian perlu tahu mana yang kalian suka untuk bisa berkontribusi terhadap kemajuan dunia ini.

Untuk selengkapnya kalian bisa langsung belajar dari video youtube dibawah ini, Semoga artikel ini sangat berguna bagi kalian yang sedang kesuliatan belajar ketika disekolah maupun dirumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel