Kenapa Orang Mudah Dan Susah Banget Untuk Tidur ?

Ketika lagi traveling bareng teman kadang ada saja teman yang iseng mengabadikan momen-momen pas kita lagi tidur. Biasanya orang yang jadi korbannya itu simpel, saat berada di tempat umum maupun saat didalam kendaran seperti di angkutan umum orang tersebut gampang banget tidur, bahkan cuma dalam hitungan menit saja. hmm, kenapa dia kok mudah banget tidur ?

Kenapa Orang Susah Dan Mudah Banget Untuk Tidur ?

Sumber Gambar : Youtube

Secara normal, orang biasa terlelap dalam tidur dalam rentan waktu 10 sampai 20 menit dan seperti biasa sebelum terlelap kadang kita membuka mulut sebesar kuda nil atau menguap, nah dengan tanda-tanda ini kita mulai sadar kalau ngantuk akibat ulah dari satu zat diotak kita yang bernama ADENOSINE.

Nah siapakah ADENOSINE itu ?, Jadi ADENOSINE ini merupakan zat penting yang ada disetiap sel tubuh kita. Semakin banyak energi yang kita pakai, entah bermain bola, joging ataupun bersepeda ataupun bermain Hp maupun Laptop secara berjam-jam lamanya, maka zat tersebut akan terus meningkat dan perlahan-lahan mata kita akan terasa berat dan akhirnya terlelap dan tidak sadarkan diri.

Maka dari itulah tidur merupakan hal yang paling penting untuk menurunkan zat ADENOSINE sehingga rasa mengantuk kita akan semakin berkurang. Cepat atau seringnya rasa mengantuk ini sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal

  • mulai dari kebiasaan tidur
  • gaya hidup seperti kebiasaan makan
  • olah raga
  • dan juga bisa karena faktor usia.


Namun pada faktanya orang yang punya gangguan tidur akan susah bangun tidur walaupun badannya udah merasa capek dan juga kebalikannya, orang yang gampang banget tidur juga tidak akan pengaruh, walaupun sudah tidur lama belum tentu bisa mengembalikan energi di dalam tubuh kita.

Ternyata ada juga bagian Otak kita yang menjadi jam untuk menentuin kapan waktunya untuk tidur serta bangun. Jam ini dipengaruhi oleh cahaya yang masuk melalui mata kita, jadi orang-orang yang ada dibelahan dunia bisa memiliki jam tidur yang berbeda-beda.

Fakta uniknya ternyata sekelompok militer di amerika justru berusaha agar bisa tidur dengan cepat cuma dengan waktu 2 menit. Cara tersebut digunakan oleh sekelompok militer Amerika agar bisa tidur cepat di berbagai tempat untuk meningkatkan konsentrasi mereka.

Pada akhirnya kita tahu bahwa cepat tidaknya kita tidur itu dipengaruhi oleh banyak faktor, Tidur terlalu cepat kadang bisa menjadi masalah dan tidak bisa tidur terlalu lama mungkin bisa jadi ada masalah.

Anda bisa menonton video dibawah ini untuk lebih jelasnya :
Sumber Video dan Artikel : Youtube.com
Channel : Kok bisa?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel