Kenapa Banyak Warna Bendera Negara Yang Mirip?

 Kenapa Banyak Warna Bendera Yang Mirip?
Beberapa waktu yang dulu, kita pernah membahas, "Kenapa Bendera Indonesia berwarna merah putih? Kenapa warnanya tidak yang lain saja?".  Pertanyaan tersebut pasti membuat kita berfikir kan!. Kenapa warnanya kok jadinya mirip sekali seperti bendera Negara Polandia dan Monako. Lah terus ceritanya asal usulnya darimana?.

Itu bukan berarti kalau dari ketiga negara tersebut mencontoh ketika membuatnya lho, alasan singkatnya yaitu sebab suatu negara juga memiliki sejarah yang berbeda-beda.

Untuk warna bendera merah-putihnya negara Monako yaitu diadopsi dari corak House of Grimaldi, yaitu dari kerajaan yang memang awal mulanya memang berasal dari negara Monako itu sendiri. Dan sedangkan untuk warna putih-merahnya negara Polandia juga berasal dari persemakmuran Polandia-Lithuania, dua negara yang memang bertentanggan.

Jika kita diperhatikan sama-sama dari warnanya, dari ketiga negara tersebut mempunyai dimensi warna serta ukuran yang berbeda kok. Ternyata tidak cuma negara kita Indonesia, ada beberapa bendera negara lain di dunia yang memiliki kesamaan yang serupa, tetapi tidak sama. Lho, kok begitu?.

Nah, hal ini bisa terjadi karena terinspirasi dari satu negara tetangga yang pernah punya pengaruh yang sangat kuat. Contohnya seperti beberapa negara di Afrika yang warna benderanya mirip kayak warna lampu lalu lintas jalan, hal itu karena diadopsi dari bendera Ethiopia, lantaran disaat itu mereka berhasil mengusir penjajah dari Italia ketika terjadi perang Adwa. Dan juga di Eropa yang rata-rata warna bendera negaranya kebanyakan memiliki corak warna 3 strip, lantaran dipengaruhi dari revolusi Prancis di saat abad pertengahan.

Faktanya ada banyak sekali faktor yang membuat warna bendera suatu negara jadi sama namun tidak sepenuhnya. Misal contohnya seperti negara-negara jajahan Britania Raya, atau negara-negara di Skandinavia serta Semenanjung Arab yang memang dipengaruhi oleh karena dari penyebaran agama. Akan tetapi semua negara yang ada di dunia, ternyata ada salah satu yang memiliki bentuk unik dan berbeda dari yang lainnya.

Negara apa itu?,

Jawabannya yaitu negara Nepal, Apakah anda tahu alasannya kenapa kok bisa bentuk benderanya berbeda dari bentuk bendera yang lain yaitu berbentuk segita?

Ternyata begini ceriranya, bentuk unik berbentuk segitiga bertumpuk asal negara Nepal ini memiliki arti yang banyak. Salah satu diantaranya yaitu dari representasi dari pegunungan yang ada di negara Nepal itu sendiri yaitu Gunung Himalaya

Meskipun warna dan bentuknya hampir sama, akan tetapi tetap saja beda. Bedanya sudah anda ketahui, karena setiap negara juga memiliki sejarah yang berbeda-beda, bukan asal-asalan membuat ataupun meniru bendera yang lainnya.

Oleh sebab itu kita tidak boleh saling menyalahkan apalagi mengolok negara yang warna dan bentuknya hampir sama, ingat kalau semua negara adalah saudara, sama-sama manusia toh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel