Cara Mengatasi Kamera Android Failed Tidak Berfungsi

Kamera adalah salah satu teknologi yang sedang trends saat ini, apalagi sekarang di Smartphone sudah tersedia fitur kamera yang kualitas resolusinya terbilang sangat bagus layaknya kamera DRSL.

Dengan adanya kamera di Hp, kita bisa menyimpan momen momen indah seperti memotret pemandangan maupun foto selfie sendiri dengan kamera depan di Smartphone kita.

 Namun, bukan berarti semua kamera memiliki kelebihan. Meskipun kamera pada Hp Android anda sudah sangat bagus ketika memotret dan men video dengan hasil yang jernih, tetapi belum tentu juga mampu bertahan lama apabila usia Smartphone sudah lama digunakan.

Fitur kamera di Smartphone bisa saja error atau rusak karena bisa disebabkan dari kesalahan anda ketika memakainya sendiri. Faktor kerusakan kamera pada Hp Android bisa disebabkan oleh Software dan Hardware. jika kerusakannya dikarenakan oleh software, maka yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya yaitu bisa dengan mereset atau juga bisa dengan flashing ulang OS Android, namun apabila kerusakannya dari hardware maka yang perlu kita tindak lanjuti yaitu dengan membongkar mesin Hp dan mencari dari bagian mana kerusakan kamera Hp anda tersebut.

Nah, untuk memperbaiki kamera Hp Android seperti tipe Samsung, Xiaomi Vivo, Asus All type maka anda harus melakukan beberapa tips dan trik mengatasi kamera Smartphone berikut ini dengan mudah tanpa pergi ke tukang servis:

Memperbaiki kamera depan/belakang Android yang Error atau rusak dari Softwarenya :

 Kamera Hp Error Tidak Bisa Dibuka (Failed)
Camera failed

1. Menghapus Data Aplikasi Kamera Dari Pengaturan Hp

Biasanya kamera Android yang error atau failed ketika dibuka muncul pop up peringatan bertulisan aplikasi telah berhenti mungkin bisa disebabkan karena aplikasi bawaan kamera perlu direset atau disetting ulang, untuk melakukannya anda tinggal pergi ke pengaturan > klik bagian Manager Aplikasi > cari aplikasi kamera > dan klik hapus data

2. Download Aplikasi Kamera Pihak Ketiga dari Playstore

Cara yang kedua mengatasi kamera failed tidak bisa dibuka yaitu dengan cara mencoba menginstal aplikasi kamera pihak ketiga. Anda tinggal menginstal aplikasi kamera seperti aplikasi Camera 360, Beautyplus Camera, SweetCamera, dll. Cara yang kedua ini terbilang cukup ampuh untuk mengetahui apakah benar kamera bawaan anda error atau tidak.

3. Mereset Ulang Hp Atau Kembali ke Pengaturan Pabrik

Langkah ketiga yaitu dengan melakukan reset ulang Hp Android anda. Untuk meresetnya terbilang mudah, namun anda harus menyimpan atau membackup dulu semua data yang tersimpan di dalam memori internal ke SD Card, sebab setelah reset ulang selesai, maka semua data akan hilang dan tampilannyapun seperti baru dulu.

4. Flashing Ulang Hp Dari PC/Laptop

Pada tahap ini, anda memerlukan PC/Laptop dalam melakukan Flashing Android. bahan-bahan yang diperluakan dalam flash melalui PC adalah Frimware tipe hp anda itu sendiri, serta Aplikasi Tool flash seperti Sp Flash Tool untuk Oppo, Vivo, Asus berchipset Mediatek (MTK) , Vi, Odin Flash Samsung (Qualcom), Dan Flashtool Sony untuk Smartphone tipe Sony experia. Kamera yang error yang disebabkan oleh faktor OS Android yang sudah rusak atau beberapa sistem dari kamera yang tidak bisa berjalan maka harus diperbaiki dalam trik Flashing ini.

Memperbaiki Kamera depan/belakang Android yang error atau rusak dari hardwarenya :

Jalan pintas yang terakhir dalam mengatasi kamara Hp Android yang failed tidak berfungsi atau error adalah dengan membongkarnya. dengan melepas kesing dan mengambil mesin Hp itu sendiri, anda akan tahu dari mana kerusakan kamera itu terjadi. Kerusan kamera yang tidak disebabkan oleh software maka yang anda tindak lanjuti yaitu dengan fokus di bagian Hardwarenya. Untuk tahap tahapnya dalam memperbaiki kamera Hp yang tidak berfungsi yaitu sebagai berikut :
  1. Lepas semua kesing Hp
  2. Lepas kamera belakang atau depan Hp yang mengalami rusak
  3. Coba bersihkan konektor termasuk bagian kuningannya.
  4. Kamera Hp yang tidak berfungsi kebanyakan dari bagian mata optik kamera, untuk memperbaiknya cukup mudah. Anda perlu merapatkan kamera itu dengan cara menekan dan memutar bagian kamera secara perlahan seperti layaknya merapatkan mur dalam baut.
  5. Setelah semuanya dicoba, maka pasang kembali semua seperti dalam kondisi awal.

Nah, setelah langkah langkah diatas sudah dicoba, maka anda tinggal menghidupkan kembali Hp Android anda lagi dan coba membuka Aplikasi kamera. Jika fungsi Kamera kembali normal, maka selamat anda berhasil, namun apabila kamera anda tetap saja error, maka anda perlu mengganti part kamera tersebut dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel