Kenapa Ibu Kota Indonesia Akan Di Pindahkan?

Kenapa Ibu Kota Indonesia Akan Di Pindahkan?
Baru-baru ini, pemerintah Indonesia mengumumkan suatu keputusan yang menggemborkan masyarakat. Katanya sih atau rumor-rumornya, ibu kota negara Indonesia ingin dipindahkan, lantas mau dipindah kemana?. Meskipun kita belum tahu kapan serta dan kemana kepastiannya ibu kota ingin dipindahkan, namun yang jelas akan di pindahkan dari luar Pulau Jawa yang memang sekarang ini ibu kota indonesia penduduknya sudah padat.

Namun kita tunggu dulu, pertanyaannya yang kita pikir yaitu kenapa ibu kota dipindahkan? Lah, memangnya Jakarta sudah tidak layak lagi untuk jadi Ibu kota Indonesia, memang separah apa sih Jakarta itu? lantas bagaimana caranya untuk memindahkannya?

Alasan singkatnya karena Ibu Kota Jakarta sudah memiliki banyak beban dan tanggungan mulai dari penduduknya yang sangat padat yang mungkin rata-rata jumlahnya setengah persen dari penduduk indonesia, terlalu banyak polusi udara yang semakain bertambah, dan yang terakhir tentu saja soal kemacetan yang terlalu parah serta akan terus meningkat setiap tahunnya. Belum lagi dari sisi perekonomian di Jakarta yang sangat jomplang dan setara seperti di daerah Provinsi Sumatera.

Tidak cuma faktor itu saja, kita sudah pasti tahu kalau Jakarta itu memang rawan sekali terjadinya bencana alam. Anda bisa melihat berita jika saat musim hujan, Jakarta menjadi langganan banjir di setiap tahunnya, selain itu pula Jakarta juga memiliki ancaman gempa bumi yang berpotensi besar dari pergerakan lempengan di Pulau Jawa bagian selatan.

Terus bagaimana jika ibu kota sekarang ini memang ingin dipindahkan? Lah terus dimana ibu kota selanjutnya yang akan dipilih?

Cerita singkatnya, Ibu kota selanjutnya yang dicari harus memiliki kriteria kota yang relatif aman dari bencana alam, letaknya juga harus di bagian tengah, serta harus memiliki banyak lahan yang kosong atau tidak terlalu padat penduduk.

Nah, jadi kriteri kandidat Ibu Kota selanjutnya yaitu seluruh di wilayah Pulau Kalimantan, Bagian selatan Pulau Sulawesi, Dan bagian timur Pulau Sumatera adalah calon kandidat Ibu Kota Indonesia yang akan dipilih dan memiliki kriteria yang cocok.

Dan yang pasti, jika salah satu kandidat yang dipilih nanti mungkin disana akan dibuatkan Monumen Nasional (Monas) baru serta mobil untuk para pejabat juga tidak perlu lagi menyalahkan sirine saat berada di tengah-tengah kemacetan agar bisa berjalan lancar dan cepat sampai tujuan.

Akan tetapi sebenarnya, untuk memindahkan ibu kota negara itu bukanlah hal baru. Banyak dari beberapa negara yang bisa dibilang berhasil untuk memisahkann kantor kepresidenan dan berbagai urusa-urusan pemerintahannya dari pusat bisnisnya. Misal contohnya negara Amerika, Australia, Kanada, Brazil, serta India. Kalau kita bayangkan, jika memindahkan Ibu Kota adalah soal mudah, namun justru yang kita bayangkan ada banyak gedung pemerintahan sekaligus orangnya yang mesti dipindahkan, Belum lagi soal fasilitas publik serta beberapa transportasi umum yang memang perlu dibangun mulai dari nol .

Kalau dipikir-pikir lagi, untuk memindahkan ibu kota itu sangatlah lama sekali, belum lagi memerlukan biayanya banyak. Jadi, memindahkan ibu kota itu tidak mungkin menggunakan sistem cepat atau ngebut dalam waktu singkat, jika rencana tersebut bisa berhasil sukses, mungkin nanti semua akan beruhah menjadi lebih baik mulai pembangunan yang akan lebih adil dan ekonomi jadi merata, asalkan direncanahkan dengan matang dan banjir serta kemacetannya juga tidak ikut kebawa, mindahin ibu kota mungkin bisa jadi solusi yang diambil. Nah, dari pendapat kalain, kira-kira siapa yang jadi Ibu Kota baru negara kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel