Cara Mengatasi Hp Mati Bootloop, Sinyal Hilang Serta Tidak Bisa Dicas

Pernahkah anda mengalami kerusakan pada Smartphone?, Jawabannya pasti pernah. Hal seperti ini memang wajar, sebab Hp merupakan elektronik yang rentan terhadap kerusakan.

Beberapa orang merasa cemas ketika Hpnya tiba-tiba rusak. Ada beberapa jenis kerusakan pada Hp, mulai dari rusak ringan, rusak sedang serta kerusakan parah.

Pada kesempatan kali ini, LulusSmk akan berbagi tips mengatasi Hp android yang rusak ringan dan sedang yang bisa diatasi sendiri tanpa harus ke tukang servis hp.

Untuk memperbaiki hp anda sendiri, anda tidak perlu ahli dalam elektronik dan juga tidak wajib punya alat-alat khusus untuk memperbaikinya.

Dengan peralatan sederhana saja, maka anda pasti mampu untuk mengatasi Hp yang rusak.
www.lulussmk.com

Kerusakan yang sering dialami Smartphone jenis Android dengan merek Samsung, Oppo, Xiaomi, Sony Experia, Vivo, Asus sebagai berikut :
  • Hp Bootloop atau diam dilogo, tidak bisa masuk menu.
  • Hp tiba-tiba error dan aplikasi sering tiba-tiba berhenti sendiri.
  • Hp Sinyal hilang, Imei Invalid (Kosong) atau Null
  • Hp Lemot dan seiring sekali hang ketika dimainkan
  • Layar sentuh error, tidak merespon dan loncat-loncat.

Kelima kerusakan diatas sering sekali dialami pada Hp Android. Kelemahan tersebut membuat banyak pengguna Android kesal. Lantas apa penyebabnya?.

Jika hp Bootloop penyebabnya biasanya dari kerusakan software sistem yang beroprasi untuk menjalankan Hp bisa hidup dan bekerja dengan semestinya. Software sistem yang harusnya menjalankan beberapa aplikasi penting didalam hp, mungkin terhapus atau sudah rusak.

Bootloop pada hp bisa disebut mati suri alias mati namun bisa hidup cuma diam di dilogo saja. Hp yang bootloop tidak mampu bekerja dengan normal dan sudah dipastikan kalau hp anda gagal booting dan tidak bisa masuk ke bagian menu.

Hp Bootloop tidak sama dengan Mati Total (Matot). Hp yang sudah Matot sudah tidak ada tanda-kehidupan dan 80% sudah dipastikan rusak parah.

Beda lagi kalau Hp mati dan cuma bergetar saja saat di hidupkan. Layar LCD tidak menyala, ketika ditekan tombol power, Hp masih bisa bergetar bisa diperbaiki kembali, namun tidak menjamin bisa hidup 100% normal. Kerusakan ini bisa analalisa penyebabnya dari software, namun mungkin juga bisa dari Hardware-nya.

1. Hp Android Bootloop (Gagal Booting)

Untuk mengatasi Hp yang Bootloop anda bisa memperbaikinya dengan menginstal ulang, atau mengisi ulang kembali Software yang berupa StockRom/Frimware dengan tipe yang sama Hp anda. Trik ini disebut dengan nama Flashing yang memerlukan PC/Laptop.

Jika Anda tidak memiliki PC untuk flash ulang, anda bisa mencoba Hard Reset atau factory reset dengan masuk menu recovery. Untuk masuk recovery android berbeda-beda. Setiap tipe hp memiliki tombol khusus untuk bisa masuk menu recovery yang berfungsi untuk mengembalikan hp ke kondisi awal bawaan pengaturan pabrik. Beberapa tombol khusus pada setiap hp ke menu recovery sebagai berikut :

Hard Reset / Factory Reset Hp Android Bootloop 

  • Cara Masuk Recovery Samsung : Tekan tombol power + volume up + home, dan ketika sudah muncul logo samsung, maka lepas ketiga tombol tersebut. Untuk Masuk
  • Recovery Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan, Evercoss : Tekan tombol powe + volume up secara bersamaan, dan telah gambar logo muncul, lepas kedua tombol tersebut
  • Untuk yang masih kesulitan masuk Menu Recovery Hp Android semua merek bisa mencoba dengan menekan tombol power + volume down atau dengan menekan tombol volume up + volume down + power secara bersamaan, Setelah layar hidup tampil logo, maka lepas semua tombol sampai berhasil masuk menu recovery.

Jika dengan melakukan factory reset masih belum mempan juga, maka langkah yang terakhir yaitu dengan flash ulang hp anda hp. Beberapa perlatan yang wajib dipersipkan dalam flash ulang Hp sebagai berikut :

Tools Flashing Hp Android Bootloop

Peralatan yang harus dipersiapkan dan bahan-bahan file yang perlu diperlukan atau didownload untuk melakukan flashing Smarrtphone Samsung dan lainnya sebagai berikut :
  • Hp anda yang sudah keadaan bootloop
  • Laptop atau komputer pastinya
  • Kabel USB bawaan Hp atau bisa yang lebih bagus
  • Frimware / Stockroom yang sesuai dengan tipe Hp anda. Bisa ada cari di google atau langsung download frimware official Samobile.com apabila merek Hp anda Samsung Galaxy.
  • Tools Odin Flash (Qualcom) bisa langsung download di situs resminya  (hanya untuk merek Hp Samsung).
  • Tools Sp Flash Tool (Mediatek) jika merek hp anda memakai prosesor Mediatek, Hp Oppo, Evercoss dan lainnya.
  • Driver Samsung (Qualcom) atau Driver Mediatek (MTK) for Windows 32bit/64bit yang bisa anda cari digoogle.

Langkah-langkah Flashing Hp Android Bootloop

Nah, untuk langkah-langkah flashingnya bisa anda ikut bertahap dibawah ini :

  • Ketika hp samsung keadaan mati, tekan tombol power + volume down + home secara bersamaan sampai muncul gambar download mode di layar hp.
  • Buka Odin Flash yang sudah anda download tadi, jika berupa file zip atau rar, ekstrak dulu file-nya. Apabila hasil download berupa *Exe (Mentahan), maka instal dulu Odin Flash tersebut.
  • Instal driver for samsung 32 bit/64 bit pada Laptop anda.
  • Sambungkan kabel data dari Laptop ke hp, hingga odin flash mendeteksi port com.
  • Klik pada bagian PDA / AP di Odin Flash, setelah itu cari file tar/md5 Frimware Samsung tipe Hp anda yang telah anda download sebelumnya.
  • Tunggu sampai proses pengambilan data selesai. Dan setelah selesai, klik Start Flash. Diproses ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, sekisaran 15 menitan, tunggu saja hingga sukses 100% dan Hp Samsung anda merestart dengan sendirinya, selesai.

Attention! : Saya tidak bertanggung jawab bila setelah diflash ulang, Hp malah semakin parah alias Matot, sebab disini saya cuma share.

Flashing ini merupakan cara ampuh dalam mengatasi semua merek Hp Android yang gagal booting (Bootloop). Apabila dengan flash, Hp masih saja bootloop, maka mungkin anda salah frimware/stockrom yang didownload.

Kalaupun tetap saja belum mempan dengan flash, maka bisa jadi kerusakan Hp anda bukan dari Software, namun melainkan dari Hardware yang biasa teknisi menyebutnya kerusakan EMMC (Memori Internal).

Kerusakan EMMC pada Smartphone tidak akan bisa diperbaiki hanya dengan diflash ulang, Anda perlu mengganti EMMC yang baru dan flashing rewrite ulang sistem android menggunakan tools Box Flash seperti, Jtag, UFi Box, Miracle Box dan lain sebagainya. Perlu banyak alat dalam memperbaikinya, Box Flash-nya pun terbilang cukup mahal.

2. Hp Android Sinyal Hilang atau Imei Invailid

Jika Hp anda sekarang ini memiliki masalah tidak ada jaringan meskipun sudah gonta-ganti SIM card, maka bisa jadi ada kendala lain yang mengakibatkan Sinyal bisa tiba-tiba hilang.

Mengapa Sinyal di Hp Android tidak ada jaringan?, berikut penyebabnya :
  • Imei invailid, Null atau kosong
  • Lokasi anda sekarang memang diluar jangkauan dan tidak mampu manangkap sinyal provider.
  • SIM card anda belum terdaftar, yang mengakibatkan data koneksi internet mati sertima telpon pun tidak bisa.
  • Ada masalah pada antena sinyal dibagian dalam smartphone.

Untuk mengatasi Imei Hp yang kosong, anda perlu mengisi ulang nomor imeu secara manual. Namun sebelum itu, coba dulu cek Imei apa memang Imei-nya rusak atau tidak dengan Dial telpon *#06#.

Jika benar kosong, invailid atau Null, maka tips memperbaikinya yaitu dengan flash ulang seperti cara nomor 1 diatas. Apabila Imei Hp ada namun jaringan masih hilang atau silang (X), maka anda perlu membongkar casing belakang, dan melihat kabel antena memang lepas atau tidak. Belum mempan juga dengan cara itu, maka sudah dipastikan ada masalah IC yang mengakibatkan sinyal jaringan hilang.

3. Hp Android Sering Hang Atau Lemot

Sering sekali hp android mengalami lemot bahkan Hang tidak bisa disentuh sama sekali. Ada fakfor penyebab yang mengakibatkan hp lemot dan tidak mau merespon jari-jari tangan kita, salah satunya yaitu sebagai berikut :
  • Spesifikasi Hp anda memang rendah, RAM kecil namun dipaksa untuk memasang aplikasi secara berlebihan.
  • Ada malware dari aplikasi yang menyerang Hp anda, biasanya berupa iklan yang sering muncul dan mengakibatkan Hp lemot parah.
  • Hp terlalu panas

4. Hp Android Tidak Bisa Di Cas

Kenapa baterai Hp saya tidak mengisi ketika di cas ?, kerusakan di bagian yang terpenting ini sudah tidak aneh ditelinga masyarakat. Kebanyakan pengguna ponsel pintar ini sering mengalami kerusakan pada baterei yang susah dicas, tidak masuk saat pengisian daya, ataupun saat dicas indikatornya ada, tapi tidak bertambah-tambah. Kenapa hal itu bisa terjadi ?. Beberpa faktor yang jadi penyebab jika Hp Android tidak bisa di cas/charger yaitu sebagai berikut :
  • Baterai Hp sudak tidak mampu menampung daya lagi, atau baterai Hp sudah rusak dan waktunya diganti dengan yang baru.
  • Konektor Cas bagian dalam kesing Hp sudah rusak atau konektor casnya terlepas
  • Kerusakan bagian IC Charging
  • Jalur Vbat bagian konektor baterai terputus
  • Ada komponen yang rusak di area konektor baterai

Dan untuk mengatasinya hp yang tidak bisa dicas, Step pertama anda perlu mengecek dari bagian baterai Hp, coba gunakan baterai lain karena mungkin saja bisa dicas menggunakan baterai lain.

Step kedua, anda bisa cek bagian konektor baterai. Anda lepas kesing saja kalau itu perlu, lihat terlebih dahulu, apakah konektor terlepas, atau timah soldernya sudah rapuh. Solder ulang bila memang timah kaki-kaki konektor baterainya ada yang terlepas, yang terpenting kaki disudut kanan dan kiri (-) dan (+). Anda lihat didalam mulut konektornya juga, apakah ada kuningan jalur yang putus atau masih utuh dan baik, jika anda mengira konektornya yang memang perlu diganti, coba lepas dan ganti yang baru.

Step ketiga, Jika dengan mengganti konektor cas masih tidak berhasil, maka yang harus anda cek selanjutnya yaitu bagian komponen, ic, dan jalur. Cara yang ini, anda harus mengerti cara menggunakan AVO meter, anda bisa cek jalur satu persatu bagian yang terpenting mulai dari pengecekan jalur vbat dan Ic. Step sangat susah dan bila salah maka Hp anda bisa bertambah parah, maka oleh sebab itu, hati-hati.

Sekian, itulah cara dari LulusSmk.com untuk memperbaiki semua merek Hp yang Rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel