Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online Di Hp Smartphone

Dimana-mana orang mencari huburan dengan mengandalkan teknologi. Seperti main game online yang saat ini lagi hitsnya. Game online bisa dimainkan melalui ponsel pintar yang bisa diunduh dan dipasang secara gratis. Hal ini menjadikan banyak muda-mudi merasa penasaran dan mencoba memainkannya.

Banyak game online yang cukup memukau seperti misalnya mobile legend, Pubg, Free Fire, Hago, dan sebagainya. Cukup mengandalkan Smartphone saja serta data koneksi Internet, game hd tersebut bisa dimainkannya.

Kalau dulu para gamers yang ingin memainkan Game Online, perlu adanya komputer dengan spesifikasi khusus, namun berkembangnya jaman, para gamers berpaling ke Mobile Game.

Game saat ini merubah segalanya, para anak muda ABG yang masih sekolah akan malas untuk belajar. PR (Pekerjaan Sekolah) di hiraukan kalau sudah asyik main Game di Smartphone.

Kenapa bisa begutu ? Mulai tahun 2017 hingga 2019, Sudah mulai ada tanda-tanda perubahan jaman, dimana teknologi merjalela dan menghipnotis para anak muda penerus bangsa.

Kita perlu mengikuti perkembangan jaman, Namun kita salah dalam mengikutinya. Kita malah semakin malas untuk kewajiban rutinitas karena Smartphone.

Tiap hari kita tidak bosan untuk main game, berjam-jam kita tidak sadar kalau besok kita punya rutinitas yang perlu dilaksanakan. Main game boleh-boleh saja, namun untuk hiburan doang, kalau pun anda ada kewajiban, besok harinya, maka beristihatlah, dan tinggalkan Smartphone sejenak.

Lantas gimana tips agar kita tidak terlalu terus menerus main game ?,

Tergantung dari anda sendiri, kalau anda ingin berubah hidup anda supaya lebih baik maka lakukanlah dengan niat.

Berikut adalah Tips jitu meninggalkan game online yang bisa anda praktekkan saat ini juga.
 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online Di Hp Smartphone

1. Mengatasi Kecanduan Main Game Buat Yang Masih Sekolah

Yang pelajar Smp atau Smk main game adalah suatu hal yang wajar, sebab karena rutinitas mereka hanya sekolah. Namun bisa jadi menjadi kebiasan buruk terus menerus jika tidak meninggalkan sekarang. Masa depan yang harusnya menjadi tujuan utuma malah menjadi mimpi buruk untuknya.

Sebagai orang tua atau saudara kita perlu mengawasi mereka. Bicaralah kepada anak anda atau adik anda yang saat ini kecanduan main game, namun jangan terlalu kasar, dibuat santai saja.

Biarkan dia main game sejenak, ketika ada waktu luang terus mengajak mereka bicara dan menuturinya. Beri anak atau adik anda kesibukan lain, seperti misalnya bermain komputer, bermain gitar, piano atau apalah yang sekiranya membuat mereka senang dan lupa akan smartphone-nya.

Tidak cukup seperti itu saja, hal tersebut tidak akan mempan alias cuma berjalan beberapa waktu saja, besok atau lusa bisa saja dia main game lagi, kenapa bisa begitu?. Dari pergaulan teman-temannya. Nah, inilah yang membut kita kualahan. Lantas gimana cara mengatasinya.

Tips ini membuat mereka akan marah, namun bisa dicoba saja. Yaitu dengan merampas hp anak atau adik. Ini memang tidak dianjurkan, sebab anak atau adik bisa saja ngambek, nangis, atau hal buruk yang tidak diinginkan bagi orang tua atau kakaknya.

2. Mengatasi Kecanduan Main Game Bagi Yang Bekerja Atau Abg

Yang saat ini main game tidak lain dan tidak bukan juga anak muda abg, dewasa, dan sudah bekerja juga. Sudah dewasa masih ngegame juga, apa gak malu sama jenggot anda ? hahaha.

Yah memang sih, game cuma hiburan semata, namun jika dibuat hobi game itu tidak baik untuk kesehatan anda juga. Mata yang fokus pada sinar cahaya secara langsung dari Smartphone tidak akan anda rasakan diwaktu muda saat ini, namun tahun demi tahun anda bisa merasakan bahwa kesehatan mata anda penting.

Jika anda bekerja anda pasti main game diwaktu luang jam istirahat dipabrik dan dirumah, itu sudah pernah saya rasakan. Ketika berada dirumah berkumpul teman dan mabar bareng hingga larut malam, esok hari apa yang anda rasakan. Ada perbedaan bukan ?. Capek karena begadang yang tidak ada manfaatnya.

Mungkin bisa jadi rutinitas kewajiban kerja anda akan terganggu, dimana saat mau berangkat kerja pernah telat atau keseringan telat.

Tidak cuma kerja saja, kewajiban utama anda akan dilalaikan pula. Beribadah ditinggalkan atau sering lupa karena main game berjam-jam. Itu sudah saya rasakan.

Nah, terus gimana tips mengatasi kecanduan main game ?

Coba cari aktifitas lain ketika ada dirumah ?. Hp anda coba instal aplikasi sosmed seperti Wa, Instagram, atau Facebook-an. Buat apa?, cuma melalaikan game anda. Rata-rata orang yang kecanduan ngegame adalah abg yang jomblo khususnya laki-laki.

Saya juga begitu, ketika saya ngejomblo, tidak ada aktifitas ketika pulang kerja dipabrik. Namun lama kelamaan saya sadar diri, bahwa apa yang saya lakukan sama sekali tidak ada manfaatnya.

Waktu itu, saya coba memainkan hp dengam memasang aplikasi Fb yang lama tidak saya pakai, coba cari-cari hal lain untuk menghibur diri sendiri. Singkatnya, ketika saya menemukan hiburan yang menyenangkan, saya lupa akan game yang dulu saya mainkan terus. Saya Fb-an, instagram-an dan whatsapp-an dengan teman.

Nah, apabila ada kesibukan lain anda pasti bisa meninggalkan game diwaktu itu juga seperti saya. Apabila buku jomblo anda sudah hilang, maka sudah dipastilan game dipikiran anda ikutan hilang juga.

Itulah sedikit cerita serta Tips jitu mengatasi kecanduan game online. Semoga sedikit membantu bagi kalian yang kesusahan meninggalkan ngegame. Baca juga artikel LulusSmk.com bermanfaat lainnya. Share dan komentar dikolom bawah, apabila ingin menambahkannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel