Cara Mudah Memperbaiki Memori SD Card Pada Hp Android

LulusSmk.com - Micro SD atau yang sering disebut Kartu Memori merupakan media penyimpanan ekternal tambahan khusus untuk Smartphone. Dengan bentuk yang kecil dan imut, namun mampu menyimpan berbagai file berkas seperti foro, video, lagu/mp3 dan lainnya dengan jumlah yang banyak di Smartphone. Kapasitas penyimpanan Kartu Memori atau Micro Sd pun berbeda-beda, mulai dari urutan kecil 2 Gb, 4Gb, 8Gb, 16 Gb, 32 Gb, 64 Gb, 128Gb dan seterusnya.

Kartu memori memiliki yang sudah lama dipakai di Smartphone pasti lama kelamaan kapasitasnya akan penuh. Hal itu karena kita sering mengabaikan file-file yang tersimpan tidak penting setiap harinya. Ketika memori anda penuh, maka anda tidak bisa menyimpan file berkas lagi. Dan bila anda membiarkannya saja tanpa menghapus beberapa file tersebut, maka ada resiko kartu memori bisa rusak atau corupt.

Penyebab Kartu Memori SD Bisa Gampang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Memori SD Card Pada Hp Android

Sebelum memperbaiki kartu memori hp, ada baiknya anda mengetahui, apa penyebab kartu memori bisa rusak , tidak terbaca atau corupt. Berikut bisa anda simak penyebabnya :
  • Sering Dicabut Dan Dipasang : Hal yang sepele namun bisa beresiko terhadap kartu memori gampang rusak yaitu terlalu sering mencabut dan memasang kartu memori.
  • Membiarkan Kapasitas Memori Penuh : Memori Eksternal atau kartu memori bisa mudah sekali rusak karena anda membiarkan kapasitas penyimpanan penuh sampai tidak bisa diisi data atau file berkas lagi didalamnya.
  • Sering Memasang Kartu Memori Ke Card Reader PC : Card Reader digunakan untuk alat pendukung segala jenis Memori, seperti Kartu memori (Micro Sd) untuk mengkoneksikan ke PC lewat port USB. Nah jika anda sering menggunkannya maka usahakan memakai card reader dengan kualitas bagus dan normal agar kartu memori bisa terdeteksi PC.
  • Mencabut Paksa dan Lupa Eject : Memori mudah rusak karena anda selalu sering mencabut paksa memori saat masih terkoneksi PC. Saat PC membaca kartu memori anda, maka usahakan ketika ingin mencabutnya, Eject terlebih dahulu agar memori aman dari kerusakan.
  • Membiarkan Memori Terjangkit Virus atau Malware : kartu Memori rusak karena adanya virus atau malware yang bentuknya bisa berupa file Folder kosong, file nama aneh, serta file media seperti *mp3, *mp4, *img, yang gagal di buka, dihapus atau diganti nama. Hal ini perlu anda perbaiki dengan cepat, karena bila anda membiarkannya maka bisa jadi kartu memori tiba-tiba rusak total dan tidak terdeteksi sama sekali.
  • Memori Eksternal Dibuat RAM Pada Smartphone : Penyebab terakhir yang sering dilakukan oleh pengoprek system android yaitu dengan menambah memori RAM dengan memakai kartu memori eksternal. Hal ini mempengaruhi kartu memori jadi cepat rusak karena memaksakan hal yang bukan semestinya.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Paling Ampuh

Kartu memori tidak terbaca sama sekali, atau ada file corupt di dalam memori sebenarnya mudah sekali diperbaiki. Namun tidak semuanya bisa diperbaiki dengan cepat dan aman tanpa harus kehilangan beberapa data file penting yang tersimpan didalamnya. Berikut cara paling ampuh memperbaiki kartu memori rusak atau tidak terdeteksi di Smartphone :
  1. Membersihkan Kartu Memori = langkah pertama yaitu memperbaiki kartu memori yang rusak atau tidak terdeteksi oleh smartphone bisa dengan cara membersihkan kartu memori. Yang saya maksud, bukan membersihkan memori dengan cara mencucinya loh !. Anda pasti tahu kan kalau ada beberapa kuningan tembaga sejajar di ujung kartu memori. Kartu memori tidak terbaca, bisa dikarenakan adanya kotoran di bagian kuningan yang biasanya menghitam. Kuningan jadi menghitam atau kotor dikarenakan terlalu sering cabut dan pasang memori di smartphone. Kuningan itulah yang harus anda bersihkan. Caranya cukup mudah kok, anda tinggal menyiapkan penghapus pensil. Terus anda gosok-gosok perlahan kuningan memori tersebut dengan penghapus pensil sampai benar-benar bersih dan tidak hitam lagi.
  2. Menformat Kartu Memori = Jika dirasa langkah pertama tidak membuahkan hasil dalam memperbaiki kartu memori. Maka ada cara alternatif yaitu dengan caramenformat karu menformat kartu memori anda. Trik ini pasti ampuh untuk mengatasi memori yang rusak, tidak terdetekai atau corupt. Tahap ini akan membersihkan semua isi berkas yang tersimpan di dalam kartu memori.

Sebelum melakukan penformatan maka sebaiknya anda coba dulu backup bila masih terdeteksi di PC /Laptop agar semua file anda aman dan tidak terhapus. Ada 2 proses cara menformat kartu memori yang rusak atau tidak terbaca. Diantaranya dengan menggunakan Laptop / PC dan dari Pengaturan Smartphone anda sendiri. Berikut Langkah-langkah menformat kartu memori dengan mudah :

1. Cara Menformat Kartu Memori Dari Smartphone

  • Masuk Menu Setting di Smartphone.
  • Cari Opsi Penyimpanan (Storage).
  • Pilih Setting Storage.
  • Pilih Format, OK.

2. Cara Menformat Kartu Memori Dari Laptop / Pc

  • Koneksikan Kartu memori ke laptop/pc memakai Card Reader.
  • Buka Menu Explorer(Win+E).
  • Pilih Disk untuk Kartu Memori.
  • Klik kanan (Mouse), pilih format.
  • Pilih file system FAT 32, OK.

Penutup

Itulah beberapa cara paling ampuh dalam memperbaiki kartu yang rusak atau tidak terbaca. Kartu memori bisa diperbaiki bila kerusakannya tidak terlalu parah seperti patah fisikkuningan hilang dan sebagainya. Kartu memori yang masih bisa diperbaiki, akan muncul notifikasi di smartphone dengan tulisan "format Memory Card". Nah bila trik diatas bisa membantu anda, coba share keteman-teman, siapa tahu membutuhkannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Memperbaiki Memori SD Card Pada Hp Android"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel