Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Saat Download Aplikasi Di PlayStore

LulusSmk.com - Langkah paling ampuh untuk menangani ruang penyimpan di playstore penuh atau tidak cukup. Ketika anda mau download aplikasi khususnya pengguna Android kebanyakan akan memakai PlayStore. Playstore adalah toko aplikasi, game dan ebook online yang telah disediakan di android untuk mempermudah para usernya untuk mendownload secara gratis maupun prabayar.

Disaat anda ingin mendownload aplikasi dari PlayStore, tiba-tiba tidak kita sadara bahwa terjadi kesalahan yang bertulisan "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup". Anda mungkin merasa jengkel bila hal semacam ini terjadi di Smartphone sobat.

Nah, pada kali ini saya akan menjelaskan trik, Gimana sih cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup ketika download di PlayStore ?.

Kesalahan atau peringatan pada PlayStore semacam ini merupakan hal yang wajar dan anda pasti pernah mengalaminya. Ruang penyimpan ponsel tidak cukup untuk memuat aplikasi baru bisa kita atasi dengan cepat.

Sebelum menuju langkah-langkah perbaikan sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa faktor Penyebab kesalahan "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" ketika ingin mendownload salah satu aplikasi atau game melalui PlayStore dibawah ini :
  1. Karena Ruang Penyimpan Memori telepon (Internal) sangat minim kurang lebih cuma 512mb - 1gb. Biasanya kesalahan ini sering terjadi di Smartphone lama.
  2. Menumpuknya file sampah yang tidak berguna (cache) yang terlalu banyak dan menghabiskan memori telepon anda. Biasanya file sampah ini menumpuk karena bekas file/data dari aplikasi lama yang sudah anda hapus.
  3. Banyaknya aplikasi yang sudah terpasang yang membuat memori internal penuh sehingga lemot.
  4. Sering Melakukan Update aplikasi yang tidak penting. Hal ini sering sekali tidak kita sadari kalau PlayStore mengupdate aplikasi secara otomatis ketika menghidupkan data koneksi internet maupun wifi.


Cara Mengatasi Permasalahan "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" Pada PlayStore

 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Pada PlayStore

Bila sudah memahami faktor penyebab terjadinya kesalahan error bertulisan "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" , maka anda bisa melanjutkan beberapa tips berikut ini untuk melonggarkan memori internal untuk bisa mendownload di PlaysStore:


Memindahkan Aplikasi Ke SD Card

Kalau memang memori internal penuh, maka andah harus memberi ruang, supaya bisa memasang aplikasi baru dari PlasyStore. Tidak semua Aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD Card. Pada umumnya aplikasi yang tidak bisa adalah aplikasi bawaan Android.

Selain aplikasi bawaan sistem bisa anda pindahkan untuk melonggarkan memori internal ponsel anda. Berikut langkah-langkah memindahkan aplikasi yang terpasang di android ke SD Card :
  • Buka Setelan pada menu Smartphone anda, setelah itu cari dan klik setelan aplikasi yang terpasang.
  • Buka salah satu aplikasi yang ingin anda pindahkan, terus tinggal pilih "Pindahkan Ke SD Card".
  • Lakukan cara yang sama pada langkah diatas dengan memindahkan aplikasi yang lainnya sampai memori internal cukup untuk memasang/mendownload aplikasi baru dari PlayStore.


Menghapus Data Serta File Cache Aplikasi

Data serta file cache yang menumpuk membuat penyimpanan memori telepon jadi penuh. Sering melakukan Update aplikasi juga berpengaruhinya, yang awalnya aplikasi tersebut hanya berukurun 50mb, namun dalam beberapa bulan akan bertambah besar hingga sampai 500mb.

Untuk melegakan penyimpan telepon anda harus menghapus data serta file cache pada aplikasi yang jarang dipakai atau tidak terlalu penting. Berikut cara membersihkan data serta file cache pada setelan aplikasi :
  • Buka Setelan pada menu smartphone anda, setelah itu cari dan pilih setelan aplikasi yang terpasang.
  • Buka salah satu aplikasi yang dirasa besar seperti Google Chrome misalnya, Terus pilih hapus data serta cache.
  • Lakukan cara yang sama diatas, pada aplikasi lain yang cukup memeberatkan memori internal ponsel, dan lihat hasilnya.


Membersih Berkas Sampah Dengan Aplikasi Cleaner

Untuk mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" ketika ingin mendownload aplikasi dari PlayStore, maka anda bisa mengatasi dengan Aplikasi Cleaner / Smart Manager. Semua berkas file dari Gambar, Video, Mp3 , Aplikasi, Maupun file sampah sampai serta Folder kosong akan terpapang jelas bila anda menggunakan Aplikasi Cleaner / Smart Manager tersebut.

Tidak cuma itu saja fungsi aplikasi Cleaner ini pada umumnya juga bisa membersihkan virus / malware khusus untuk android dengan satu kali klik saja, cukup praktis bukan ?. Berikut langkah-langkah membersihkan file atau berkas untuk melonggarkan memori internal dengan Cleaner :
  • Download Aplikasi Cleaner atau Smart Manager di Playstore, Bila sudah memilikinya anda tinggal langsung membuka.
  • Disini saya memakai Smart Manager bawaan Ponsel -> pilih Ketuk untuk mengoptimalkan perangkat -> kembali lagi dan pilih penyimpanan -> Hapus data, cache, serta aplikasi yang tidak penting, selesai dan lihat hasilnya.
NOTE : Untuk step pada langkah diatas mungkin berbeda-beda pada setiap jenis / merek ponsel android yang anda gunakan.

Akhir Catatan

Itulah beberapa trik paling mudah untuk mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" Ketika ingin Download Aplikasi baru dari PlayStore. Bila dengan trik diatas masih belum bisa mengatasi solusi anda, maka anda bisa memberi kritik serta saran dengan menulis komentar dibawah artikel ini. Namun bila Step By Step diatas cukup membatu permasalahan sobat, maka coba share keteman-teman, selamt mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel