Tips Sukses Berwirausaha Bagi Pemula

LulusSmk.com - Wirausaha merupakan hal yang paling penting dalam mengurangi pengangguran. Anda pasti sudah tau bahwa Indonesia termasuk negara yang terbesar dengan banyaknya pengangguran.

Kenapa Wirausaha itu penting ?

Pentingnya Wirausaha agar bisa mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru. Wirausaha juga dapat mengurangi adanya kriminal di Ibu kota seperti copet, maling, dan perampokan. Kriminal akan berkurang jika di Indonesia minim akan pengangguran. Jika semua orang bekerja maka sebagian orang yang buat kriminal pasti akan memilih pekerjaan yang halal.

Sebagian masyarakat di Indonesia khususnya di Ibu kota selalu resah dengan minimnya lowongan pekerjaan. Banyak orang menganggur dan mencari kebutuhan hidupnya dengan cara yang tidak wajar ataupun jadi gelandangan (Pemulung)

Itu semua bukan kesalahan dari pemerintah, sebagian kesalahan banyaknya pengangguran disebabkan oleh anda dan masyarakat itu sendiri. Jika masyarakat punya ide dalam mengembangkan dan membuka lapangan pekerjaan baru, maka hal tersebut tidak akan terjadi sekarang.

Pemuda dan pemudi di indonesia merupakan bibit dari kemajuan ekonomi bangsa ini. Banyak lulusan SMK yang memilih untuk menjadi karyawan dibandingkan memilih membuka usaha sendiri. Sebagian lulusan SMK ataupun SMK memilih menjadi seorang Wirausahawan karena mereka punya prinsip dan memiliki pikiran yang maju.

Setelah Lulus SMA/SMK Pilih Usaha Atau Jadi Karyawan Selamanya?

Pertanyaan tersebut memang sering anda fikirkan sendiri ketika anda sudah lulus atau tamat dari sekolah ataupun kuliah.

Memilih usaha sendiri atau memilih bekerja jadi karyawan pabrik itu sama saja. Persamaan usaha dan kerja memiliki prinsip yang tidak jauh berbeda yaitu sama-sama mencari penghasilan ekonomi untuk kebutuhan sehari-hari. Usaha ataupun kerja juga memiliki visi yang sama yaitu ingin menjadi orang sukses dikemudian hari.


Tips Sukses Berwirausaha Bagi Pemula
Namun dalam hal lain perbedaan usaha dengan kerja kepada orang lain tidak sama dalam bentuk tujuannya. Jika anda mengatakan tujuan dari usaha sendiri hanya sekedar mencari uang saja, maka itu salah.

Tujuan utama membuka usaha sendiri yaitu agar anda bisa berfikiran maju dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar jika dibandingkan dengan bekerja kepada orang lain. Perbedaan tanggung jawab tersebut bisa anda sadari sendiri saat anda sudah memiliki dan sudah membangun usaha sendiri.

Kunci Sukses Pemula Berwirausaha

Sebelum anda memutuskan untuk memulai usaha, sebaikanya anda ketahui dulu, Apa itu wirausaha?

Wirausaha atau wirausahawan adalah seorang pelaku utama atau bisa juga disebut penemu (individu) yang mampu serta berani untuk membangun kebutuhan ekonomi sendiri secara mandiri.

Wirausahawan juga memiliki perbedaan dari sifat yang tidak akan dimiliki oleh siapun karena seorang wirausaha selalu memiliki sifat kreatif, inovatif dan punya jiwa pemimpin yang besar untuk mengelolahnya.

Orang yang berwirausaha juga mengetahui dan mengenali suatu produk yang dibuat atau diproduksinya serta tahu cara untuk memasarkannya. Tak hanya pintar dalam hal promosi produk, seorang wirausaha juga pandai dalam mencari dan mengatur modal untuk mengembangkan produk yang ingin diproduksi atau dibuatnya.

Ciri-ciri seorang wirausaha juga bisa anda ketahui dari segi pikiran dan strateginya. Seorang wirausaha selalu memiliki pikiran maju untuk memutuskan apa yang dia kerjakan agar produk/barang yang diproduksinya bisa cepat terjual.

Wirausahawan juga memiliki strategi tersendiri dalam hal membuat dan mengembangkan produknya. Strategi seorang wirausaha bisa anda ketahui dari tahap, langkah-langkah serta tujuan mereka dalam menjalankan usahanya.

# CARA MEMULAI WIRAUSAHA

Kalau anda mampu untuk menjadi seorang wirausaha, Kenapa anda masih ragu untuk memulainya?

Sudah saat anda mewujutkan impian untuk menjadi orang yang lebih sejahtera dengan penghasilan yang lebih baik. Mampu untuk memulai dan yakin kalau anda bisa menjalankan usaha sendiri, maka anda juga merupakan salah satu orang yang memiliki pikiran maju.

Orang yang memiliki perusahaan dan juga memiliki karyawan juga disebut juga wirausahawan. Pemilik perusahan akan merekrut karyawan yang disiplin dan mampu untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya. Jika anda salah satu dari karyawan perusahaan maka anda juga memiliki sifat disiplin.

Dari sisi pengalaman saat anda menjadi karyawan pabrik, anda juga memiliki kedisplinan yang baik. Seorang karyawan pabrik selalu berangkat bekerja tepat waktu untuk memulai produksi dari pabrik itu sendiri.

Displin inilah yang bisa anda jadikan prinsip awal untuk memulai menjadi seorang wirausaha. Dari pengalaman anda bekerja di pabrik, anda bisa belajar dari peraturan dan juga dari langkah-langkah memproduksi produk oleh pabrik tersebut.

Setiap orang pasti mendambahkan untuk bisa sukses dari hasil jerih payahnya sendiri. Tapi Kapan?

jika anda cuma angan-angan saja maka impian anda menjadi pengusaha tidak akan terwujud kalau anda cuma berdiam diri dan tidak bergerak untuk mencobanya. Jika anda ingin mewujudkan mimpi anda untuk jadi pengusaha, anda bisa memulai dari keahlian atau hobi anda yang anda gemari. Karena dengan keahlian yang anda miliki sekarang ini, anda bisa menemukan titik terang untuk memulai usaha dengan ide baru.

# RISIKO BERWIRAUSAHA

Semua yang anda kerjakan pasti memiliki risiko, entah itu saat anda kerja di pabrik, ataupun saat anda cuma jalan-jalan keluar rumah tentu juga memiliki risiko tersendiri. Semua yang anda lakukan akan memiliki risiko, namun dalam jenis risiko tersebut tidak sama.

Sama halnya anda membangun usaha sendiri. Semua pengusaha selalu memiliki risiko dalam menjalankan dan mengembangkan produknya, tetapi seorang wirausaha tidak akan mudah menyerah dan selalu mencari solusi untuk menghindari risiko tersebut.

Jatuh bangun dalam berwirausaha jadi hal yang tidak asing lagi dan pasti ada diperjalanan saat menjalankannnya. Kunci yang harus anda simpan adalah nekat jangan takut untuk resiko dari kegagalan, justru dari kegagalan anda bisa jauh lebih yakin kalau anda bisa keluar dari kesalahan atau kecorobohan yang anda lakukan itu sendiri.

Selalu bangkit dan takkan pernah putus asa, itulah salah kunci untuk membangkitkan semangat anda jika suatu saat anda mempunyai kendala ditengah-tengah perjalanan usaha yang anda jalankan tersebut.

# KEUNTUNGAN BERWIRAUSAHA

Kalau anda bandingkan peluang keuntungan yang anda dapatkan antara menjadi karyawan atau jadi wirausaha, akan jauh berbeda. Keuntungan saat anda memilih untuk jadi pengusaha, maka peluang penghasilan yang didapatkan akan jauh lebih besar nilainya daripada jadi karyawan. Anda bisa lihat dan amati sendiri jika anda memilih untuk jadi karyawan pabrik, maka gaji anda sudah pasti jelas dibawah rata-rata dari atasan atau bos anda.

Memilih untuk menjadi pengusaha maka tentu gaji atau penghasilan yang anda peroleh akan pasti lebih besar dari karyawan bila anda memiliki karyawan, karena anda adalah seorang bos sekaligus pemilik usaha.

Namun apabila anda memilih untuk jadi karyawan tentu saja penghasilan yang anda peroleh dari hasil kerja anda yang maksimal akan tetap nilainya sampai anda lanjut usia, gimana anda bisa sukses dengan hasil yang terus menerus sama nilainya.

# TIPS BERWIRAUSAHA

Dijaman yang serba modern ini, dalam membuka usaha sendiri jangan anda sepelehkannya dan jangan anggap mudah, karena anda harus lebih keras untuk berusaha. Tantangan dan rintangan untuk memulai kehidupan baru sangat menguras tenaga dan otak anda.Anda harus siap setiap saat, dan bersaing dengan para pengusaha yang lain.

Dalam hal itu anda harus selalu tenang untuk mengatasinya dan sabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Karena jika anda baru memulai usaha maka anda sudah yakin serta sudah terlanjur memutuskan untuk keluar dari karyawan dan memilih fokus menjadi pengusaha.

Disini saya menulis beberapa tips untuk menjadi pengusaha yang akan membawa anda menjadi orang sukses. Berikut adalah beberapa tips dan pedoman untuk menjadi seorang pengusaha sukses:

  1. Yakin : Kenapa hal yang paling pertama tersebut "Yakin" , karena keyakinan adalah saku anda untuk menjadi penguaha. Jika anda yakin kepada diri sendiri bahwa anda bisa menjadi pengusaha, itu yang saya acungi jempol.  Keyakinan anda dalam berbuat sesuatu tidak akan yang mustahil bila anda memilikinya. Sifat seorang pengusaha selalu meyakini dirinya untuk bisa sukses dikemudian waktu.
  2. Tekun : Jika anda seorang pengusaha tentunya anda memiliki sifat "Tekun", dimana sifat tekun yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha memiliki ciri ciri sifat Disiplin, Gigih serta ulet, Rajin dan teliti, dan terampil. Itulah ciri ciri sifat Tekun yang wajib dimiliki seorang pengusaha.
  3. Taat : Didalam hal ini taat mempunyai banyak perbedaan, tapi yang anda taati adalah sifat taat halangan. Taat yang saya jelaakan ini merupakan sifat taat kepada agamamu sendiri karena jalan sukses menjadi seorang pengusaha adalah tetap taat terhadap pencipta. Kalau anda memiliki sifat tersebut saya yakin kalau anda pasti diberi kemudahan.
  4. Fokus : Ini sesuatu yang sangat penting untuk menjalankan usaha dari awal, fokus dalam hal yang anda kerjakan bisa menjadi pedoman dalam diri anda. karena fokus disebut juga gembok utama. Jangan sampai gembok anda dikunci oleh orang lain selain anda sendiri yang membukanya gembok itu sendiri. Dari paribahasa yang saya tulis tersebut merupakan gambaran supaya anda selalu fokus untuk menjalankan usaha dan jangan sampai gagal karena sudah terhasut oleh orang lain.
  5. Cara : Jika anda sudah menjadi bagian dari sifat diatas sekarang anda bisa memulai dengan memiliki sifat "cara". Yang saya jelaskan dengan memiliki sifat cara disini adalah sifat yang mencangkup pertanyaan seperti contoh gimana caranya menjadi pengusaha?, gimana caranya memulai usaha?, bagaimana caranya mencari modal usaha?. Dengan menamkan sifat ini anda bisa memastikan dulu dengan menentukan "cara" yang akan anda lakukan untuk memulai suatu usaha.
  6.  

Poin Penting Berwirausaha

Memilih jadi wirausaha ataupun memilih untuk kerja kepada orang lain itu hak anda sendiri untuk menentukanya. Jadi inti dari pertanyaan diatas sudah jelas, anda berhak memilih apa yang ingin anda pilih menurut hati dan kesadaran anda sendiri, karena kesuksesan bukan dari apa yang saya tulis disini, melainkan dari kerja keras anda sendiri beserta do’a yang mengiringi perjalanan anda setiap saat.

Menjadi seorang pengusaha adalah kebanggaan bagi anda sendiri, Untuk menjadi pengusaha yang sukses tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama, dimana waktu tersebut juga memiliki cerita tersendiri. Berikut ini adalah perjalan waktu seorang wirausahawan :
  1. waktu anda menjadi pengangguran (1),
  2. waktu dimana anda melamar pekerjaan (2),
  3. waktu dimana anda bekerja sebagai pegawai pabrik (3)
  4. waktu dimana anda memiliki ide menjadi pengusaha (4)
  5. Dan waktu yang terakhir ini yang memiliki keistimewaan, yaitu waktu anda sudah menjadi pengusaha dan menikmati hasil keringat anda sendiri (5).

Penutup

Begitulah tips dan pedomaan yang paling penting sebelum dan yang sudah memulai usaha mandiri. Jika anda memiliki semua sifat diatas, maka anda siap siap berdoa jika di suati hari anda menjadi pengusaha yang sukses.

Yang harus anda lakukan saat ini adalah dengan cara memulai usaha dengan cara mencari informasi kepada orang di sekelilng anda yang sudah terbiasa menjalankan usaha. Luangkan waktu anda untuk menemukan ide serta cara memulai usaha dari Nol.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Komentar untuk "Tips Sukses Berwirausaha Bagi Pemula"

  1. Kedua hal itu memang selalu jadi pilihan di waktu yang sama.

    BalasHapus
  2. kalo menurut ane usaha sama jd karyawan sama aja gan, keduanya punya potensi keberhasilaan dan kegagalan yang sama.

    BalasHapus
  3. Kalau saya jadi karyawan dulu, setelah modal dari gaji karyawan udah cukup, baru buka usaha

    BalasHapus
  4. #sarkomet, menurut ane untuk jaman sekarang ini untuk menjadi wirausaha sangat terbuka lebar terlebih jika memiliki ide yang unik dan masih baru pasti langsung booming gan tetapi itu juga didukung oleh marketing serta keuangan yang memadai untuk menjadi wirausaha yang sukses. dan yang paling penting untuk menjadi wirausaha harus mempunyai mental yang kuat dan tidak takut dengan kegagalan. (heheehe kepanjangan ya komennya).. salam satu jiwa

    BalasHapus
  5. jadi karyawan dulu, bru bukak usaha rencananya hehe

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel