Tips Kreatif Membuka Usaha Warung Kopi Pemula

LulusSmk.com - Untuk menjalakan dan membuka usaha warung kopi atau juga bisa disebut juga dengan nama warkop memang suatu pilihan usaha yang alternatif. Dikatakan alternatif karena usaha ini tidak banyak mengeluarkan biaya dengan modal yang besar dan mudah dijalankan bagi siapa saja yang berminat menjalakannya. Disamping mudah dijalankan dan mengelolahnya, banyak juga masyarakat dari yang muda sampai yang tua dari laki-laki hingga perempuanpun banyak yang suka akan kenikmatan yang ada dalam kopi.

Pecinta kopi sendiri tidak menentukan waktu, kapan, tempat dan dimana, karena ngopi sendiri bisa dilakukan pada waktu pagi hari, siang hari maupun malam hari hingga tengah malam sekalipun sekaligus dapat dilakukan dimana saja seperti layaknya di kedai kopi atau warkop, di sawah, di rumah sendiri maupun di rumah rekan ataupun teman sekaligus . Bagi masyarakat sendiripun kopi adalah bagian dari bahan pokok komsumsi setiap hari. Tak heran juga banyak warung kopi yang berjajaran disamping jalan maupun di dalam kampung atau desa dan juga di tengah-tengah keramaian kota. Kenikmatan yang ada dalam kopi sendiri sudah menjadi bagian dari tradisi yang ada di indonesia sejak dulu hingga sekarang.
 Tips Kreatif Membuka Usaha Warung Kopi Pemula


MANFAAT KOPI - Dalam menjalankan bisnis kedai kopi sebaiknya anda harus mengetetahui dulu manfaat yang ada dalam kopi sehingga anda tidak khawatir untuk menjalankan dan menjualnya kepada komsumen. Di dalam rasa kopi yang nikmat adapula manfaat utama yang baik bagi tubuh kita seperti :
  1. Mencegah penyakit diabetes
  2. Mencegah penyakit kanker
  3. Mencegah penyakit jantung
  4. Menenangkan hati dan pikiran, serta
  5. Menambah stamina dalam tubuh
Kesehatan didalam kopi memang banyak manfaatnya. Kita tidak perlu khawatir untuk menjualnya karena kopi sendiri memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.


1. MEMULAI USAHA WARUNG KOPI

Peluang usaha kopi memiliki peningkatan yang pesat. Banyak pengusaha memanfaatkan kopi sebagai ladang bisnis baginya. Banyak pengusaha bisnia kedai kopi memilih menjual wedang kopi dengan berbagai kreatifitas, layaknya seperti kopi luwak. Kopi jenis ini sudah menjadi incaran dari beberapa pembisnis kedai kopi, karena tidak semua kedai kopi memilih untuk menjual kopi luwak sebagai bisnis yang terbilang cukup modern tersebut. Mahalnya kopi luwak sebagai salah satu halangan bagi pembisnis dengan modal yang cukup minim. Tetapi anda tidak perlu cemas akan kegagalan jika menjual kopi biasa. Banyak cara menuju roma itulah yang kiya jadikan kunci kesusksesan.


2. MEMBUAT KOPI SENDIRI DENGAN CARA KREATIF

Saat seorang hendak mampir ke warung ataupun kedai kopi, orang tersebut sebagai komsumen selalu memilih tempat warung kopi yang menyediakan kopi yang legit, enak, serta nikmat di mulutnya. Setiap warung ataupun kedai kopi selulu berbeda-beda dengan rasa kopi yang disediakan. Banyak yang beranggapan orang memilih rasa kopi berbeda dengan yang lain karena kenikmatan kopi tersebut tidak ada duanya. Anda sebagi pembisnis haruslah mempunyai ide kreatif gimana caranya kopi yang anda jual disukai oleh banyak komsumen atau pembeli.
  1. Kopi Coklat : Dengan cara menggabungkan kopi dengan kakao merupakan ide kreatif yang bisa membuat pinakmat kopi penasara seperti apa rasanya. Campuran kopi dengan rasa khasnya manis dan pahit serta penambahan dari kakao menjadikan campuran kopi tersebut menjadi lebih nikmat dilidah dengan aroma seperti mocha.
  2. Es Kopi /Cold brew : Merupakan ide kreatif dari pembisnis kopi yang prakstis dengan campuran kopi dengan sedikit tuangan es. Penyajian es dingin dengan ide ini salah satu ide yang praktis dan mudah dilakukan. Cara pembuatan kopi jenis ini cukup simpel, anda bisa membuatnya dari bubuk kopi dan air mendidih selanjutnya menyimpan kopi tersebut kedalam botol dan langsung dimasukan ke lemari es kurang lebih 12 jam.
  3. Kopi Mentega : Sajian kopi ini lebih berasa nikmat dengan campuran dari mentega. Ide mencampurkan kopi dengan sedikit mentega membuat penikmat kopi ketagihan karena aroma yang berasa serta mempunyai tekstur creamy.
  4. Kopi Santan : Pencampuran kopi dengan santan adalah ide kreatif yang jarang dilakukan oleh pembisnis. Dengan rasa yang lebih nikmat dengan campuran santan didalam kopi yang disajikan secara panas, menjadikan penikmat kopi selalu kegirangan dengan rasanya.
  5. Kopi Jahe : Kopi dengan rasa tradisional ini merupakan salah satu resep dari peninggalan nenek moyang kita. Dengan Aroma yang tidak asing di telinga dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan, menjadikan pembisnis kopi berani menjadikan kopi jahe untuk dijadikan bisnis.


3. TENTUKAN TEMPAT USAHA WARUNG KOPI

Membuka bisnis juga tidak luput dari tempat, karena tempat menjadi hal yang paling utuma untuk menjalankan bisnis supaya berjalan lebih lancar. Dengan cara memilih tempat yang ramai pengunjung haruslah dengan kerja keras serta melihat kondisi dan situasinya juga. Kondisi yang bersih dengan situasi yang nyaman untuk berjualan menjadikan tempat bisnis anda dan kerja anda akan berjalan dengan lancar. Beberapa banyak orang pembisnis melalaikan hal tersebut, Karena tidak ada efeknya, Tapi itu salah. Tempat merupakan hal yang sangat penting bagi pembisnis. Bayangkan saja kalau tempat anda bersih nyaman serta strategis pastinya bisnis anda akan berjalan dengan mulus dan lancar dan juga sebaliknya jika tempat anda kotor orang mana yang berkunjung ke tempat anda berjualan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Tips Kreatif Membuka Usaha Warung Kopi Pemula"

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel