Cara Awal Membuka Usaha Konter Pulsa All Operator

LulusSmk.com - Kali ini saya akan membahas usaha yang sedang trend dan tidak ada matinya untuk masa depan yaitu usaha konter pulsa. Faktnya memang pulsa merupakan kebutuhan masyarakat setiap hari.

Berbicara mengenai usaha konter pulsa sekaligus servis hp merupakan usaha modern yang tidak asing lagi ditelinga kita. Bertambahnya tahun demi tahun usaha konter pulsa sekaligus servis hp selalu meningkat secara drastis.

Coba anda lihat perkembangan hp setiap tahunnya, berapa banyak hp yang baru keluar setiap tahunnya. Nah maka dari itu, peluang untuk usaha membuka konter pulsa sekaligus servis hp bisa anda jadikan ide.

Dalam membuka usaha konter pulsa, kita perlu strategi serta tips agar nantinya kita paham cara persiapan dalam menentukan modal untuk perlengkapan, tempat usaha, serta cara berjualan yang benar. Nah, Berikut ini langkah awal membuka usaha konter pulsa sekaligus servis hp bagi pemula :
Konter W-Cell Purwosari Pasuruan Jatim

LANGKAH AWAL MEMBUKA USAHA KONTER PULSA

Peluang usaha berjualan pulsa adalah ide usaha yang menjanjikan, serta sangat mudah dijalankan. Usaha konter merupakan bisnis yang tidak akan ada matinya, sebab bertambahnya alat komunikasi yang modern hp/Smartphone yang saat ini merupakan alat komunikasi yang wajib dimiliki bagi semua kalangan masyarakat, dan tentunya pulsa merupakan makanan kesehari-harian bagi pengguna Hp.

Hal semacam ini yang harus kita sadari sendiri bahwa konter pulsa merupakan peluang usaha dengan penghasilan yang lumayan besar. Untuk menjalankan usaha konter pulsa, hal yang harus dipersiapkan cuma dengan niat serta ketekunan yang harus ditanamkan dalam diri anda, sebab wirausaha sukses pasti punya keyakinan kuat agar usahanya tidak gagal ditengah jalan.

1. PERSIAPAN UNTUK MEMULAI USAHA KONTER PULSA

Apapun usaha yang kita jalankan, tentu perlu persiapan yang matang untuk memulainya. Jangan meremehkan sebuah usaha. Meskipun usaha konter terbilang mudah dan simpel, namun jika anda belum memiliki persiapan yang matang dalam menjalankan, maka bisnis yang anda jalankan pasti berantakan dan tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Persiapan untuk memulai usaha merupakan faktor paling penting untuk mendapatkan nilai hasil yang maksimal. Beberapa orang memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam mempersiapkan, tetapi tujuannya sama, yaitu agar usahanya bisa maju dan berkembang tanpa halangan.


2. MENENTUKAN MODAL AWAL USAHA KONTER PULSA

Untuk menjalankan usaha tentunya harus ada modal. Modal merupakan hal yang pertama jika anda mau usaha, tanpa adanya modal anda tidak akan bisa menjalankan apapun usaha yang ingin anda mulai seperti usaha konter pulsa.

Beberapa dari mereka yang ingin membuka usaha sendiri, gagal karena terhambat kurangnya modal. Tetapi banyak juga orang yang memiliki tekat dengan modal seadanya, namun mampu membuka usaha.

Dengan usaha yang keras serta keuletan yang dimilikinya, maka usaha konter pulsa yang dijalankan dengan modal seadanya mampu dibuka. Oleh sebab itu modal bukanlah halangan bagi anda yang punya niat untuk berwirausaha.

Menjalankan bisnis konter pulsa dengan modal minim yang saya bahas sekarang ini, bisa anda pelajari sendiri gimana strategi awal membuka usaha konter pulsa dengan uang atau modal minim. Untuk membuka usaha konter pulsa sebetulnya tidak perlu modal besar, karena dengan uang kisaran Rp.500 ribu saja anda bisa berjualan pulsa sekaligus perlengkapannya.

Sebagai awal modalnya, kita tidak perlu membuka konter terlebih dahulu. Apabila modal anda kisaran 500 ribu saja, maka uang tersebut bisa anda manfaatkan untuk membeli saldo pulsa all operator.

Banyak kok agen pulsa didaerah anda, anda bisa memilih dan mencari konter-konter yang menawarkan anda untuk jadi downline-nya. Tentukan sendiri agen konter mana yang dirasa cocok. Kalau sudah menemukan agen pulsa, maka saat itu juga anda bisa menjual pulsa kesemua operator.

Bila membahas tentang harga pulsa , keuntungan yang dapat kita peroleh cukup lumayan tapi sangat menjanjikan. Misalnya harga jual pulsa pernominal dari server maupun dari agen seperti dibawah ini:
  1. Pulsa Rp.5000  = Rp.5.500
  2. Pulsa Rp.10.000 = Rp.10.500
  3. Pulsa Rp.25.000 = Rp. 25.000
  4. Pulsa Rp.50.000 = Rp. 48.900
  5. Pulsa Rp.100.000 = Rp.98.000
kalau ada orang yang beli pulsa 5K dengan harga pasok 7K, potongan saldo pulsa anda akan berkurang Rp.5.500, maka dengan harga yang anda pasok Rp.7.000 tersebut, maka anda akan mendapat keuntungan Rp.1.500 pertransaksi.

3. MENENTUKAN TEMPAT KONTER PULSA

Untuk menentukan tempat untuk bisnis konter pulsa sebetulnya cukup mudah. Hal yang harus anda perhatikn ialah dengan mencari tempat yang strategis, dimana tempat yang akan anda jadikan lahan bisnis bisa berkembang dengan adanya pelanggan yang datang mengahampiri konter anda setiap hari.

Tempat strategis untuk bisnis konter yaitu tempat yang baik dengan kondisi yang aman, nyaman dan ramai orang. Anda bisa mensurvei secara detail untuk bisa mendapatkan hasil tempat jualan yang pas. Bertanya kepada teman, saudara, orang tua serta melihat ke lokasi secara langsung tempat target untuk membuka usaha konter. Berkut ini merupakan contoh maupun saran tempat yang strategis untuk membuka usaha konter pulsa :
  1. Di Dalam keramaian pasar
  2. Di Ruko - ruko besar maupun kecil
  3. Di Samping Jalan Raya
  4. Di Samping Pom Bensin
  5. Di Samping Masjid
  6. Di Tempat Wisata dll
Namun tempat strategis yang saya bahas diatas merupakan tempat sewa. Melainkan jika rumah anda sudah berdekatan dengan tempat yang saya sebutkan diatas, maka membuka konter dari rumah anda sendiri akan lebih praktis dan hemat biaya. peluang hasil pendapatan anda bisa lebih maksimal, sebab anda tidak perlu modal lagi untuk menyewa ruko.

Membuka konter didepan rumah sendiri merupakan ide yang praktis dan tepat tanpa harus mengeluarkan modal lebih. Sedikit demi sedikit jika penjualan anda sudah bagus dan mendapatkan hasil yang maksimal,  maka anda dapat mengumpulkan modal lagi untuk melengkapi isi konter anda dengan menjual beragam aksesoris dan kelengkapan lainnya.


4. PERLENGKAPAN AWAL KONTER PULSA

Bagi anda yang ingin dan minat membuka konter pulsa namum belum tahu perlengkapan dalam membuka konter pulsa sebaiknya anda simak beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki oleh pengusaha konter pulsa.

Perlengkapan konter pulsa dan alat-alat pendukung seperti aksesoris dan lainnya ada banyak sekali. Berbagai alat dan perlengkapan yang ada di konter-konter besar yang memiliki modal besar dan lebih akan menyulitkan anda soal modal lagi.

Namun apabila anda cuma mampu melengkapi sedikit saja tidak ada salahnya kok. Dari banyak perlengkepan yang ada di konter pulsa cuma ada beberapa saja yang wajib di miliki oleh anda jika modal anda memang minim. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Etalase Kaca
  2. Banner Konter & Promosi
  3. Gantungan Aksesoris
  4. Perdana
  5. Aksesoris Hp Yang Umum (Charger & Handsfree saja)
Sedikit tapi laku itulah yang harus anda jual. Perlengkapan diatas cuma perlengkapan umum saja yang wajib anda miliki, Namun jika anda mempunyai modal lebih anda bisa mengisi beberapa aksesoris lainnya seperti Batre, Tempered, Silikon, Powebank, dan lain lain.

Dalam membuka konter pulsa sebetulnya perlengkapan pendukung seperti halnya aksesoris merupakan perlengkapan yang tidak perlu lengkap. Sebab bila anda coba-coba dan kulakan aksesoris yang jarang diperlukan orang, maka modal yang anda keluarkan sia-sia.


5. MEMBELI SALDO DAN MEMILIH DISTRIBUTOR SERVER PULSA

Anda tidak akan bisa berjualan jika tidak memiliki saldo kan. Konter Pulsa harusnya menjual pulsa bukan aksesoris saja. Saldo merupakan Hal pokok dan wajib jika anda menjalankan bisnis konter pulsa.

Untuk mendapatkan saldo hal yang harus kita punya adalah sebuah chip all operator, Dimana chip tersebut bisa melakukan transaksi di berbagai jenis operator. Kita cuma mempunyai Kartu Chip dimana kartu tersebut bisa diisi saldo untuk bisa transaksi di berbagi jenis operator layaknya seperti Simpati, As, Im3, Mentari, Xl, Trhree, Axis, Smartfreen dan lain lain.

Untuk mendapatkan chip tersebut ialah dengan cara mencari Distributor Penyedia Server Pulsa . Untuk mencari Penyedia Server Pulsa murah, anda bisa melalukan pencarian di beberapa konter terdekat didaerah anda. Beberapa penyedia server pulsa memiliki perbedaan masing-masing harga yang dipasok. Dalam hal ini kita harus lebih teliti mungkin untuk mencari dari beberapa konter penyedia server pulsa.

Namun Jika anda memiliki modal besar untuk bisa mengembangkan Bisnis Konter Pulsa anda tidak ada salahnya membuat Server Pulsa Sendiri. Untuk bisa menjalankan Bisnis Server Pulsa sendiri and harus memiliki beberapa chip khusus dimana chip tersebut cuma bisa bertransaksi cuma dengan 1 Chip Saja.

Misalnya anda mencoba membeli dan mendaftar chip Indosat, dimana untuk mencari chip dan mendaftar adalah dengan cara daftar langsung ke dealer MTronik langsung dengan syarat dan kententuan yang berlaku. Berikut Syarat jika anda mendaftar untuk mendapatkan chip Khusus dan resmi sebagai berikut :
  1. Mencari dan datang langsung ke Dealer Resminya
  2. Foto copy Ktp dan Kartu Keluarga
  3. Siapkan uang pendaftaran sekitar Rp.20.000 - Rp.50.000
  4. Siapkan uang Rp.500.000,- untuk mengisi Saldo Chip dengan ketentuan yang berbeda- beda tergantung dealer masing-masing didaerah anda.
Berikut ini adalah alamat Dealer masing-masing untuk mendapatkan chip resmi dan cara daftar serta cara penggunaan transaksi dari berbagai dealer :

1) M KIOS (Telkomsel)

Mkios Merupakan chip khusus untuk pengisian pulsa TELKOMSELseperti Simpati, As, Dan Hallo. MKIOS merupakan layanan isi ulang pulsa elektronik dari Telkomsel dengan menggunakan kode Ussd seperti halnya Anda melakukan cek saldo seperti contoh *888#. Kelebihan Transaksi isi ulang menggunakan chip MKIOS cuma memakan waktu 1 sampai 5 detik saja

*CARA TRANSAKSI MKIOS*
untuk cara bertransaksi Mkios cukup mudah dengan cara Telpon (*777*No Hp Tujuan*Nominal*Pin#) seperti Contoh: *777*08133344455*10*1234# Ok/Panggil.
Untuk Pembelian stok Mkios sistemnya bukan Deposit melaikan dengam sistem pembelian Stok, misalnya untuk membeli pulsa 5=20 biji, 10=20biji,20=20biji. Untuk mendapatkan chip Mkios kita bisa datang langsung ke dealer resmi milik telkomsel.

*Alamat Dealer MKIOS Jakarta*
  1. CV. AKAR DAYA, CABANG JAKARTA KOPEGTELGD.GRAHA XITRA CARAKAJL GATOT SUBROTO KAV 52 JAKARTA.
  2. PT. BIMASAKTI USINDO PERSADAPLASA GOLDEN BLOK A 16-17, JL.FATMAWATI NO.15 JAKARTA
  3. PT. CYBERTEL LAYAN MITRA GD.PATRA JASA JL.GATOT SUBROTO LT 19, RUAN 1943 KAV 32-34 JAKARTA
  4. PT. GRAHA PLANET NUSANTARA ITC ROXY MAS LT III NO 64 JAKARTA
  5. PT. MEGHANTARA MULTIMEDIA NUSANTARA JL.KH.M.MANSYUR NO 11 BLOK B 8-12 JAKARTA
  6. PT. PAGU FLEXINDO MOBILE JL.PAHLAWAN REVOLUSI NO 9A-B-C PONDOKBAMBU JAKARTA
  7. PT. PARASTAR ECHORINDOMANGGA DUA PLAZA BLOK E NO 15 JAKARTA
  8. PT. RATU PRIMA UTAMATAMAN RATU INDAH BLOK G4 NO 1A JAKARTA
  9. PT. REKA MITRAYASA KOMUNIKATAMA JL.PENJERNIHAN II NO 7 JAKARTA
  10. PT. SANEX TELEKOMUNIKASI INDONESIA JL.AGUNG TIMUR X BLOK N 1 NO 11-14 SUNTER JAKARTA
  11. PT. SARANA INSAN MUDA SELARASGD.LINA LT.2 ROOM 209JL.RASUNASAID KAV B7 JAKARTA
  12. PT. SASTRA INDAH MEGAMAS JL.PASAR PAGI I/60 JAKARTA
  13. PT. SEDAYU KURNIATAMA NUSA JL.PROKLAMASI NO 42 JAKARTA
  14. PT. SELULAR GRAHA PRIMA JL.DAAN MOGOT KM 1 NO 111 JAKARTA
  15. PT. TELESINDO SHOP JL.SUKARJO WIRYOPRANOTO 3A JAKARTA BARAT
  16. PT. TRI ELTRA WAHANA JL.MELAWAI RAYA NO 23 BLOK M JAKARTA
  17. PT. LINTAS GALAXY SELULARRUKO ROXY MAS BLOK D1 NO.22 JAKARTA


2) M TRONIK (Indosat)

M-tronik merupakan chip resmi milik operator Indosat seperti Im3, Mentari dan Star One. M-Tronik adalah layanan isi ulang elektronik untuk pelanggan indosat dengan menggunakan kode ussd seperti layaknya cek pulsa *123#. Harga yang ditawarkan oleh M Tronik cukup beragam tergantung daerah tempat tinggal anda.

*CARA TRANSAKSI MTRONIK*
Untuk transaksi m-tronik cukup mudah dengan cara telpon atau cek pulsa saja, misalnya bertransaksi ke pelanggan dengan nominal pulsa 5K : (*787*1*1*Nominal*No Tujuan*Pin#) seperti contoh *787*1*1*5*085645666777*121212# terus Ok/Panggil.

Dan untuk pembelian saldo M-Tronik saat ini berbeda dengan M-Kios sudah tidak lagi membeli 1 per 1 ataupun perstok tetatapi sistem yang ditawarkan Mtronik sejak 2017 sudah berubah dengan cara pengisian saldo Deposit layaknya seperti Chip all Operator.

*Alamat Dealer Resmi MTRONIK*
  1. PT.Grafika Utama
  2. PT.Tripoint Abadi
  3. PT.Nusapro Telemedia Mandiri
  4. CV.Rajasa Perdana
  5. PT.Trikomsel Multimedia
  6. PT.Sakalaguna Semesta
  7. PT.Dian Kencana Puri Prima
  8. PT.Banggai Raya Jakarta
  9. PT.Tri Tunggal Sentosa
Untuk alamat masing-masing dealer bisa anda dapatkan melalui Yellow Pages atau juga bisa menghubungi langsung melalui Customer Service Indosat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Komentar untuk "Cara Awal Membuka Usaha Konter Pulsa All Operator "

  1. Saya jual pulsa, tp g buka konter. Cm jual ke temn kantor sama tetangga rmh.

    BalasHapus
  2. Saya dulunya jual tapi banyak yang utang aduh parah

    BalasHapus
  3. Pengen Jualan Pulsa Tapi Takut Rugi :D

    BalasHapus
  4. Mau buka konter pulsa tapi saya tidak punya dana untuk sewa tempat dan perlengkapan nya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel