9 Tips Membeli Hp Baru Dan Bekes Agar Tidak Tertipu


LulusSmk.com - Handphone atau Smartphone adalah alat kominakasi yang modern di jaman sekarang, semua orang pasti sudah tahu apa itu handphone. Para remaja, anak-anak, orang dewasa, bahkan orang yang sudah lanjut usia menjadikan handphone sebagai kebutuhannya sehari hari.

Bebagai macam dan ragam handphone yang telah bereder ke seluruh nusantara banyak sekali variasi dan pilihannya. Dari yang speknya rendah , standart bahkan yang sudah memiliki spek yang tinggi.

Keunggulan dari handphone pun tidak cuma sebagai alat komukasi saja, bahkan sudah ada yang bisa dibuat untuk berbagai macam fungsi lain seperti main game, musik, video, dan bahkan bisa untuk melacak dengan fitur gps.

Oleh karena itu banyak orang yang tergiur untuk membeli handphone karena keunggulannya. Sebab dari itulah banyak juga orang yang bingung cara memilih dan mencari handphone supaya dikemudian hari kita tidak menyesal menggunakannya.

Bagi anda yang ingin membeli handphone jangan cuma melihat dari harga, fisik dan spek yang ditawarkan diiklan-iklan yang tersebar sekarang ini, karena sering sekali terjadi penipuan-penipuan orang yang tidak bertanggung jawab atas barang yang dijualnya. Berikut adalah beberapa tips membeli Hp bekas agar tidak tertipu oleh penjual saat cod maupun online :
 9 Tips Membeli Hp Baru Dan Bekes Agar Tidak Tertipu

Melihat Sisi Hardware Atau Fisik Pada Handphone

Sebelum anda deal membeli hp baru maupun bekas alanglah baiknya anda melihat dulu Hardware atau fisik oada hp tersebut. Untuk melihatnya anda cukup mudah namun anda harus detail dan teliti semaksimal mungkin agar tidak menyesal saat anda menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut adalah beberapa tips melihat sisi fisik dan hardware handphone agar tidak mudah tertipu saat membeli hp :

1. Melihat Dari Sisi Segel Atau Tidak

Lihat dengan teliti pada Segel Handphone biasa berada pada Baut. Cara melihat segel asli atau buatan konter itu susah, tapi kalau kita teliti caranya cukup mudah. Segel yang dibuat oleh pabrik orinya akan pas pada sela-sela lubangnya, terdapat simbol tulisan atau logo dari orinya, kalau yang polos biasanya warna tidak akan mudah rusak, blur atau bahkan berganti warna orinya, dan pada saat anda mau lepas segelnya akan langsung rusak dan terpotong. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak mengerti akan segel atau tidaknya pada hanphone.

2. Melihat Dari Fisik Kesing Hp Pernah Dibongkar Atau Tidak

Fisik handhone yang pernah dibongkar kesingnya cukup mudah, anda cuma melihat apakah pada sela-sela kesing terdapat renggangan atau tidak. Kalau kesing tersebut renggang sudah jelas sudah pernah di bongkar, dan lihat sela-sela pada kesing hanphone ada bekas cukitan atau tidak, biasanya orang yang kesusahan melepas kesing handphone akan meninggalkan jejak cukitan disela-selanya kecil bahkan bisa besar.


3. Melihat Dari Layar Lcd Ori Apakah Pernah Di Ganti Atau Tidak

Kalau anda ketahui lcd handphone yang ori atau sudah pernah diganti itu mudah, Anda cuma melihat sela-sela pada sisi lcd, biasanya kalau handphone smartphone layar sentuh akan rekat, kuat dan terlihat rapi di sisi lcdnya, jika lcd yang pernah diganti akan menimbulkan jejak, renggang atau bisa juga terdapat kotoron debu, atau juga bisa terdapat cukitan di sisi-sisi layar sentuhnya.

4. Melihat Dari Konektor Cas, Henset Dan Simcard

Banyak orang meremehkan dan melalaikan dari sisi konektor cas dan henset. Ori atau tidaknya konekter cas dan henset juga berpengaruh dari kinerja Handphone. Oleh sebab itu anda harus hati-hati dalam mencoba dan melihat konektor cas dan henset handhone agar anda tidak kecewa dikemuan hari.

Caranya cukup mudah, coba anda lihat dengan teliti dengan alat penerangan seperti senter apakah kuningan didalamnya terdapat lecet atau tidak, biasanya kalau handphone sudah pernah diganti atau pernah digunakan orang lain kuningan akan menghitam atau juga banyak kotoran didalamnya.

Sama halnya dengan Simcard jika kuningan pada tempat simcard terdapat lecet dan tidak wajar karena sudah pernah dibongkar-pasang kartu sim, kuningan tersebut akan menghitam.

5. Melihat Dari Batre Handphone Ori Atau Tidak

Anda juga harus tahu batre ori atau tidaknya pada Handphone, karena batre berpengaruh atas kinerja utama pada Handphone. Batre KW sudah banyak beredar dipasaran, Performa Batre Ori Dan Kw amat jauh berbeda terutama dari kestabila dan tidaknya saat anda henda mencharger.

Batre yang tidak stabil akan cepat boros dan tidak wajar saat digunkan atau bisa juga dikatakan batre sudah drop. Cara melihat Batre Handphone Ori atau tidaknya cukup mudah, caranya dengan melihat tulisan difisik lebel pada batre, Label batre Kw atau palsu akan terlihat cetakan tulisan yang tidak rapi, suram dan agak buram, kalau anda gosok perlahan-lahan dengan jari tulisan pada label akan mudah hilang karena label yang dibuatnya bukan asli dari pabrik resmi.


6. Melihat Dari Aksesoris Dan Dos Buku

Aksesoris Handphone Baru sudah pasti terdapat Cas Henset dan dos buku. Bila saat anda membeli handphone alangkah baiknya anda melihat mengecek kelengkapan pada handphone itu sendiri. Lihat lengkap atau tidaknya perlengakapan yang ada seperti cas, hansfree, buku panduan serta buku garansi pembeliannya.

Melihat Dari Sisi Software Sistem Pada Hanphone

Selanjutnya jika anda sudah melakukan pengecekan melalui sisi fisik maka selanjutnya anda juga harus melakukan beberapa pengecekan lagi, yaitu dengan melihat dan mengecek dari sisi software pada handphone tersebut. Handphone memiliki sistem operasi untuk menjalankan handhone bisa melakukan berbagai fungsi seperti sms, telpon, kamera, musik, layanan internet dan lain-lain.

Untuk pengecekan ini anda juga harus teliti dan jangan berburu-buru untuk meninggalkan sipenjual handphone tersebut. Berikut adalah beberapa tips mengecek handphone normal atau tidaknya dari sisi software dan sistem pada handphone yang ingin anda beli :


7. Melihat Imei Nomer Seri Handphone

Hal yang harus diketahu konsumen atau pembeli yaitu dengan melihat imei nomer pada handphone, banyak kejadian bila nomer imei handphone berbeda dengan dosbook, handphone samsung misalnya, sudah banyak beredar dipasaran bahwa handphone jenis samsung replika, superkopy atau kw berbeda imei aslinya dengan dosbook,  anda bisa melihat di website imei resmi samsung, jika handphone itu kw atau asli. Untuk mengetaui kegunaan imei pada handphone sobat bisa  Cari di google.


8. Mengetahui Rom Sistem Operasi Handphone

Rom juga berfungsi sebagai kinerja shoftware pendukung seperti signal, alat pemutar video, musik, dan lainnya, handphone terbaru seperti  smartphone yang memiliki rom seperti os android, os pada blackbarry os 10,os windows nokia microsoft, aplle iphone dan sebagainya, jika anda membeli handphone bekas, atau rusak dengan sistem software atau juga disebut dengan bootlop(gagal software).

Sobat harus waspada jika membeli handphone tersebut, karena tidak semua handphone bootlop bisa di software ulang atau dengan kata lain di flash ulang. Handphone bootlop atau gagal software bisa juga dikarenakan adanya kerusakan pada hardware atau sudah error dan sudah rusak. Kebanyakan dari hp yang gagal booting tersebut bisa juga dikarenakan ic emmc atau internal pada handphone yang tidak mampu untuk membaca.

9. Melihat Kunci Pada Handphone

Handphone rusak karena terkunci atau orang tersebuat menjualnya karena lupa kata sandi atau pola. Sobat juga harus mewaspadai handphone yang terkunci ini juga. Karena tidak semua handphone terkunci bisa di flash ulang, banyak sekali smartphone yang dijual di pasaran karena kerusakan shoftware dari masalah kunci.

Lupa kunci pada handphone jenis terntentu banyak sekali anda jumpai, seperti halnya hp iphone. Hp iphone yang terkunci banyak sekali menjualnya dengan harga yang murah, karana tukang service akan memberikan biaya yang mahal jika memperbaiki iphone yang terkunci. Untuk mencari pengertiannya dan mendalami masalah ini, sobat bisa mencarinya di google.
Itulah kenapa saya menjeleskan cara untuk membeli handphone dijaman sekarang ini, handphone semakin mahal dan biaya service pun mahal. Sobat harus berhati – hati jika membeli hp atau smartphone online atau dari teman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "9 Tips Membeli Hp Baru Dan Bekes Agar Tidak Tertipu"

  1. satu lagi bisa ditambah bg melihat tombol volume.kalok beli hp seken biasanya itu gx mau

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel