7 Tips Sukses Ketika Menghadapi UNAS

LulusSMK.com - Persiapan ujian sebaiknya disiapkan minimal 3 bulan sebelum hari "H" supaya bisa belajar sedikit demi sedikit agar tidak memeras otak untuk bekerja keras. Persiapan fisik, mental serta terampil merupakan salah satu prinsip dan bekal utama untuk membantu kalian dalam menghadapi Unas/ Akhir Semester bagi SMP, SMK, ataupun SMK.

Banyak pelajar yang cukup cemas dan tegang ketika mereka mulai menghadapi ujian, karena mereka belum mempunyai persiapan dari awal. Oleh sebab itu berikut saya ingin membagikan sedikit tips  bagi anda agar tidak tegang dan bisa lulus SMP, SMK/SMK dengan nilai sempurna dalam menghadapi ujian Unas maupun Akhir Sekolah.

7 Tips Sukses Ketika Menghadapi UNAS

7 Trik Belajar Lulus Ujian Nasional Dan Akhir Sekolah

1. Trik Pertama : ( BELAJAR LEBIH AWAL)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yang harus anda siapkan yaitu belajar dari bulan lebih awal sebelum hari "H" ,agar kalian tidak terlalu mepet dan tergesah-gesah.

2. Trik Kedua : (MEMBACA)

Jangan biarkan buku pelajaranmu numpuk tanpa dibaca. Cicil sedikit demi sedikit merupakan tahap yang paling penting dalam menciptakan ingatan dalam waktu yang panjang sebelum ujian dimulai.

3. Trik Ketiga : (MERANGKUM)

Siapkan stabilo berwana atau pensil untuk menandai disetiap alinea yang penting saat anda mulai membaca buku pelajaran, agar bisa memahami sepenuhnya. Hal ini merupakan cara yang paling simpel agar anda lebih cepat mengingat dan merangkum disetiap paragraf penting yang anda baca dari buku pelajaran tersebut.

4. Trik Keempat : (MENGULANG)

Ulangi lagi mempelajari bahan pelajaran seminggu yang lalu. Ketika membaca buku dan catatanmu untuk kedua kalinya. Bacalah perbab atau perbagaiannya.

5. Trik Kelima : (MENANDAI)

Beri nomor dibagian hal-hal yang menurut anda penting untuk diingat. Gagasan sederhana ini sangat bermanfaat. Jika memberi nomor disetiap pokok, gagasan ataupun tindakan, kalian secara otomatis akan lebih mudah mengingatnya.

6. Trik Keenam : (BERKELOMPOK)

Belajar kelompok bersama teman sekelas dirumah maupun saat ada luang tentunya sangat membantu bagi anda untuk membahas banyak hal atas apa yang dipelajari oleh guru anda.

7. Trik Ketujuh : (JADWAL)

Jika kalian tidak cukup banyak waktu untuk belajar, maka kamu harus menyisahkan waktu untuk belajar. Sisihkan sedikit waktu dalam jumlah yang teratur agar kalian bisa menyesuaikan dengan kegiatan lain. Pertimbangkan saat liburan selama satu hari dihari minggu untuk mempelajari sesuatu yang ingin kalian pelajari. Dalam hal ini anda perlu membuat jadwal kegiatan 2 bulan sebelum ujian dimulai.

JANGAN LUPA HIBURAN DAN ISTIRAHAT

Trik diatas merupakan cara paling efektif dalam belajar sebelum ujian dilakasanakan. Belajar secara padat merupakan hal yang bisa membuat anda mudah stress dan emosional, oleh sebab itu anda perlu meluangkan waktu untuk menghibur diri serta otak anda. Berikut merupakan trik mudah dalam membagi waktu antara belajar dan refreshing supaya anda tidak terlalu fokus dalam memperkerjakan otak secara keras.

1. Jangan lupa mengisi perut

 Siapkan sedikit makanan sebelum belajar dimulai disaat anda belajar agar otakmu terawat baik anda tidak terlalu jenuh. Belajar dengan diserta cemilan serta minuman merupakan hal yang menurut saya salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi kemalasan.

2. Jangan lupa santai sebentar

Meregangkan otakmu sebenter setiap kali belajar. Otakmu membutuhkan darah dengan banyak kandungan supaya bisa belajar dengan baik. Cukup dengan berdiri saja dapat memberikan sedikitnya 25% untuk mendapatkan tambahan darah ke otak.

3. Pastikan cukup tidur

Walaupun setiap orang membutuhkan jumlah jam tidur yang berbeda. Beberapa orang membutuhkan tidur yang nyenyak diwaktu malam hari seminim-minimnya 7 jam. Ketika otak mulai lelah, dia tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Note : Itulah cara membagi waktu belajar dan refreshing supaya anda tidak terlalu kelalahan dalam belajar. Namun dalam penjelasan refreshing diatas anda juga tidak boleh menambah waktu refreshing yang berlebihan seperti bermain dan santai-santai saja.

Berikut itulah contoh yang harus anda hindari 1 bulan sampai 2 minggu sebelum ujian dimulai seperti contoh main game online seperti mobile legends. Hal ini bisa merusak otak anda dan anda bisa sia-sia belajar karena ketika ujian dimulai, semua pembahasan dan usaha anda mengingat semua materi pelajaran bisa hilang karena dirusak oleh permainan yang menurut saya merusak moral pendidikan anak bangsa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Sukses Ketika Menghadapi UNAS"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel