6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

LulusSmk.com - Peluang usaha kopi memiliki peningkatan yang sangat pesat. Banyak pengusaha memanfaatkan kopi sebagai usaha baginya. Banyak pengusaha memanfaatkan kopi dengan cara menjual wedang kopi berbagai kreatifitas, layaknya seperti kopi luwak.

Kopi luwak ini sudah menjadi incaran dari beberapa pengusaha kedai kopi. Meraka yang ingin membuka usaha kopi luwak ini terhalang karena Mahalnya biji kopi luwak. Tetapi anda tidak perlu cemas akan kegagalan jika menjual kopi biasa. Banyak cara menuju roma itulah yang anda jadikan kunci kesusksesan.

Untuk menjalakan dan membuka usaha warung kopi atau juga bisa disebut juga dengan nama warkop memang suatu pilihan usaha yang alternatif. Dikatakan alternatif karena usaha ini tidak banyak mengeluarkan biaya dengan modal yang besar dan mudah dijalankan bagi siapa saja yang berminat menjalakannya.

Disamping mudah dijalankan dan mudah dikelolahnya, banyak juga masyarakat dari anak muda sampai orang tua maupun dari laki-laki hingga perempuanpun banyak yang suka akan kenikmatan yang ada dalam kopi.

Pecinta kopi sendiri tidak menentukan waktu, kapan, tempat dan dimana, karena ngopi sendiri bisa dilakukan pada waktu pagi hari, siang hari maupun malam hari hingga tengah malam sekalipun sekaligus dapat dilakukan dimana saja seperti layaknya di kedai kopi atau warkop, di sawah, di rumah sendiri maupun di rumah rekan ataupun teman sekaligus .

Bagi masyarakat sendiri, kopi adalah bagian dari bahan pokok komsumsi setiap hari medeka. Maka tak heran juga banyak warung kopi yang berjajaran disamping jalan maupun di dalam kampung atau desa dan juga di tengah-tengah keramaian kota. Kenikmatan yang ada dalam kopi sendiri sudah menjadi bagian dari tradisi yang ada di indonesia sejak dulu hingga sekarang.


MANFAAT DARI KOPI

Dalam menjalankan bisnis kedai kopi sebaiknya anda harus mengetetahui dulu manfaat yang ada dalam kopi sehingga anda tidak khawatir untuk menjalankan dan menjualnya kepada komsumen. Di dalam rasa kopi yang nikmat adapula manfaat utama yang baik bagi tubuh anda senderi, seperti :
  1. Mencegah penyakit diabetes
  2. Mencegah penyakit kanker
  3. Mencegah penyakit jantung
  4. Menenangkan hati dan pikiran, serta
  5. Menambah stamina dalam tubuh
Kesehatan didalam kopi memang banyak manfaatnya, anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan untuk menjualnya kopi, karena kopi sendiri memiliki kandungan yang baik bagi tubuh manusia.

STRATEGI AMPUH MEMBUKA USAHA WARUNG KOPI

Bagi anda yang suka dengan berwirausaha, dan mencari ide jenis usaha yang tidak akan ada matinya, anda bisa membuka usaha kedai atau warung kopi dengan memasang wifi secara gratis untuk pelanggan.

Beberapa pengusaha kedai atau wadung kop memiliki ide dan strategi masing-masing. Strategi tersebut diperlukan untuk bisa menarik pengunjung agar kopi yang dijualnya laris. Membuka usaha kopi dengan cara memasang wifi gratis untuk menarik pengunjung memang dikatakan biasa saja, dan sudah tidak lagi asing lagi ditelinga masyarakat.

Namun tidak ada salahnya ide tersebut dibuat lebih menarik lagi dengan memberikan beberapa variasi unik untuk menarik pengunjung datang. Adapun beberapa cara dan ide menarik membuka usaha kopi dengan memberi variasi dalam menarik pengunjung sebagai berikut :


1. MEMILIH TEMPAT USAHA WARUNG KOPI

Membuka usaha juga tidak luput untuk menentukan tempat, karena tempat usaha merupakan hal yang paling utuma untuk menjalankan berbagai macam usaha supaya bisa berjalan dengan lancar.

Dengan cara memilih tempat yang ramai pengunjung haruslah dengan kerja keras serta melihat kondisi dan situasinya juga. Kondisi yang bersih dengan situasi yang nyaman untuk berjualan menjadikan tempat usaha anda akan diserbu komsumen.

Beberapa orang pengusaha melalaikan hal tersebut, Karena mereka beranggapan bahwa memilih tempat usaha warung kopi tidak ada efeknya. Anda bisa membayangkan sendiri kalau tempat anda bersih dan nyaman serta strategis pastinya pengunjung akan menyukainya dan tidak akan bosan untuk kembali lagi.

Namun sebaliknya jika tempat usaha yang anda tempati kotor dan jauh dari keramaian maka anda bisa bayangkan sendiri, apakah ada orang yang mau mengunjungi tempat usaha anda.

Jika dalam mencari tempat untuk usaha memang perlu dilakukannya. Maka anda harus menentukan ide tempat yang strategis serta unik untuk bisa menarik pengunjung agar pengunjung atau komsumen lebih nyaman dan tidak pernah kapok membeli dan datang kembali ketempat warung kopian anda lagi.

Cara memberikan tempat untuk pelanggan supaya nyaman memang tidak mudah karena anda harus pintar dalam memilih tempat strategis dan mudah dijangkau oleh komsumen. Tempat unik serta strategis bisa anda lakukan, supaya warung kopian anda berbeda dan memiliki keunikan tersendiri dari warung kopi lain. Berikut ini adalah contoh tempat dan ide unik untuk membuka usaha warung atau kedai kopi :

-Membuka Di Persawahan Atau Dekat Dengan Persawahan.

Belum mencoba cara ini, karena menurut anda cara ini kampungan atau norak. Kalau menurut saya adalah kreatif karena saya sendiri terasa lebih nyaman bila ngopi didekat persawahan.
6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Beberapa pengusaha kedai kopi memiliki cara masing-masing untuk membuat pelanggan bisa nyaman dengan suasana yang berbesa. Namun menurut saya ide membuka usaha warung kopi di dekat persawahan merupakan ide kreatif karena bisa memanfaatkan komsumen yang kelelahan setelah pulang kerja bisa lebih nyaman dengan ngopi disuasana yang segar serta nyaman.

Bagi para remaja dan abg sekarang yang sedang galau bisa saja menghampiri tempat usaha kopi anda karena mereka memilih tempat ngopi yang lebih nyaman dan dapat menghilangkan rasa galau dipikarannya serta bisa lebih nyantai dan betah berada di kopian dekat persawaan yang segar.


-Ngopi di tengah tengah kolam renang

Tempat kopian yang satu ini memang sangat jauh berbeda dengan yang lainnya. Membuka usaha kopian di tengah kolam renang memang unik jika anda jalankan. Beberapa orang yang suka tempat kopian ini memang tidak banyak, karena belum ada atau cuma sedikit saja pengusaha kedai kopian memilih suasana tempat yang khas serta menawan di pandang oleh beberapa kalangan pecinta kopi.

Tempat kopian ini bisa dikatakan aneh karena kopian ini di tempat yang tidak layak ditempati untuk usaha kopian atau kedai kopi. Tetapi jangan sangka tempat kopian disamping kolam renang ini tidak bisa laku jika di jadikan usaha warung kopi.

Orang memilih kopian di tahun modern sekarang cenderung bosan dengan tempat kopian yang cuma itu-itu saja. Orang berhak memilih tempat kopian sendiri untuk menikmati kopi yang diseduhnya.


6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Tempat kopian di tengah kolam bisa memberikan para pengunjung senang dan nyaman untuk nyantai setelah pulang kerja ataupun saat sedang liburan. Pengunjung akan menikmati kopi sekaligus bisa langsung berenang untuk menghilangkan rasa suntuk dan galau.


-Ngopi di tengah kolam pancing

Bagi para penggemar serta hobi mancing akan langsung bisa menikmati kopi sekaligus mancing di tengah atau samping kolam pancing. Membuka usaha kopian diempat yang unik ini bisa menjadikan usaha kopian anda lebih di sukai oleh banyak orang.

Bila anda mencoba tempat ini untuk ide usaha kopian anda menurut saya cocok juga, karena selain masyarat, saya sendiripun suka dan menikmati kopi sambil memancing.


6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Beberapa orang atau masyarakat yang memiliki hobi memancing ikan akan selalu berdatangan di tempat kopian anda karena mereka akan menyalurkan hobi mereka dengan cara yang berbeda yaitu sambil menikmati kopi.

Suasana yang nyaman serta tidak ramai akan membuat komsumen kopi tidak akan kapok untuk langganan menikmati kopi ditempat anda. Pengunjung yang menikmati kopi sambil memancil tersebut dapat menghilangkan rasa suntuk dan galau saat menyeduh kopi ditempat anda.

2. MEMILIH RASA USAHA WARUNG KOPI

Jika anda sedang mencari jenis kopi atau rasa yang enak serta unik, maka selanjutnya adalah dengan cara menentukan rasa kopi yang akan anda jual kepada pelanggan, supaya mereka menyukai kopi anda dengan rasa yang berbeda dengan jenis kopian lainnya. Karena menurut saya selain tempat yang nyaman perlu juga rasa kopi yang nikmat.


6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Dalam membuat dan mencari ide rasa kopi yang enak serta nikmat bisa anda coba dengan mencari resep kopi yang memiliki rasa berbeda dengan yang lainnya. Selain rasa kopi juga perlu anda ketahui bahwa kopi yang nikmat bisa memiliki variasi tambahan kopi yang unik.

Variasi didalam kopi mempunyai nilai tersendiri bagi para pencinta kopi, karena anda harus pintar dalam membuat rasa kopi serta bentuk didalam kopi. Berikut adalah contoh ide rasa kopi serta bentuk kopi dengan variasi tersendiri :


-Kopi Coklat Variasi Unik

dalam membuat kopi haruslah menentukan terlebih dahulu soal rasa kopi yang enak, salah satunya adalah dengan cara membuat kopi dengan memberikan tambahan coklat dengan variasi yang berbeda dengan kopi linnya.

Kopi coklat merupakan kopi bubuk dengan cara menuangkan air panas dan memberikan rasa coklat di dalamnya. Andapun bisa menuangkan kopi tersebut di dalam gelas dengan bentuk yang unik bervariasi.


-Kopi Jahe Variasi Unik

Yang kedua ini adalah cara membuat kopi jahe dengan rasa dan variasi yang unik serta enak. Kopi jenis jahe ini memiliki manfaat banyak bagi kesehatan, karena memiliki rasa yang alami bagi para penikmat kopi.

Cara pembuatannya pun sama dengan jenis kopi yang lainnya, yang menjadi perbedaan adalah rasa pencampuran jahe didalam kopi yang bisa membuat kopi tersebut lebih nikmat saat diminum. Anda bisa memberikan varisasi unik dengan menuangkan kopi jahe kedalam gelas serta memberikan jahe kecil didalamnya.


-Kopi Susu Variasi Unik

Siapa yang tidak suka dengan susu. Banyak masyarakat yang memiliki pilihan sendiri dalam menikmati rasa kopi. Dengan cara mencampurkan kopi dengan tambahan susu sapi atau kambing bisa anda lakukan.

Paduan rasa kopi dan susu ini bisa juga anda tambahkan dengan memberikan variasi yang unik dengan cara menuangkan kopi susu tersebut kedalam gelas yang unik serta bentuk yang berbeda dengan yang lainnya.


-Es Kopi /Cold brew Variasi Unik

Merupakan ide kreatif dari pembisnis kopi yang prakstis dengan campuran kopi dengan sedikit tuangan es. Penyajian es dingin dengan ide ini salah satu ide yang praktis dan mudah dilakukan.

Cara pembuatan kopi jenis ini cukup simpel, anda bisa membuatnya dari bubuk kopi dan air mendidih selanjutnya menyimpan kopi tersebut kedalam botol dan langsung dimasukan ke lemari es kurang lebih 12 jam.

-Kopi Mentega Variasi Unik

Sajian kopi ini lebih berasa nikmat dengan campuran mentega. Ide mencampurkan kopi dengan sedikit mentega membuat penikmat kopi ketagihan karena aroma yang lebih berasa serta mempunyai tekstur creamy dan yummi.


-Kopi Santan Variasi Unik

Pencampuran kopi dengan santan adalah ide kreatif yang jarang dilakukan oleh pembisnis. Dengan rasa yang lebih nikmat dengan campuran santan didalam kopi yang akan disajikan secara panas, menjadikan penikmat kopi selalu kegirangan dengan rasa yang lebih sempurna.

3. MEMBUAT KENYAMANAN USAHA WARUNG KOPI

Dalam membuat pengunjung atau komsumen bisa datang dan betah dengan kenyaman memang salah satu cara yang terpenting. Pengunjung adalah raja karena anda sebagai pemilik kedai kopi tersebut harus hati hati dalam memberikan kenyaman untuk para pelanggan yang datang.

Pelanggan bisa saja keluar langsung dan memilih kopian lainnya karena mereka merasa tidak nyaman dan betah di tempat anda.
6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Kenyaman dalam membuka usaha kopian tersebut meliputi banyak contoh, tetapi yang saya bahas sekarang adalah kenyamanan dalam kebersihan tempat anda. Misalhnya yang paling sering di lalaikan oleh pembisnis kopian adalah banyaknya kopi yang sudah diminum oleh pelanggan lain tidak langsung di ambil dan masih berserahkan di diaatas meja.

Hal ini dapat membuat pengunjung anda merasa jijik ataupun gerah karena adanya gelas sisa orang lain masih diatas meja. Beberapa orang yang mempunyai rasa yang suntuk akan langsung hilang bila anda bersih dalam menanggapi tempat usaha kopian anda. Jadi kebersihan merupakan salah satu nilai terpenting supaya pengunjung betah dan datang kembali setiap saat.


4. MEMILIH NAMA USAHA WARUNG KOPI

Membuka sebuah usaha haruslah memiliki nama tersendiri jika ingin di percaya ataupun dihafal nama usahanya oleh pengunjung. Nama dalam membuka usaha memang diperlukan karena pengunjung bisa datang karena sudah hafal dengan nama usahanya.

Nah, bagi anda yang ingin mencari nama unik dan gampang dihafal untuk usaha warung atau kedai kopi anda, maka anda harus mencari ide tersendiri dalam memilih nama agar terkesan lebih menarik.


6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Beberapa ide nama untuk usaha kedai kopi ini bisa menjadikan pengunjung datang karena mereka merasa penasaran dengan nama yang anda pasang dengan banner atau papan tersebut. Adapun ide nama menarik serta unik bagi anda yang ingin mencari nama untuk usaha kedai kopi atau warung kopi sebagai berikut :
  1. Kopi dengan nama rasa  : Kopi Rasa Jahat, Kopi Rasa Mercon, Kopi Rasa Artis, Kopi Rasa Mimpi, Kopi Rasa Pacar
  2. Kopi dengan nama unik : Kopi Senggol, Kopi Cubit, Kopi Dangdut, Kopi Goyang, Kopi Pangku, Kopi Setan, Kopi (Jepang,China,Jerman,Australia)
  3. Kopi dengan nama artis : Kopi Mbak Via Valen, Kopi Joshua, Kopi Iwan Fals, Kopi Nikita Mirzani, Kopi Ariel, Kopi Gotik.


5. MODIFIKASI RUANGAN USAHA WARUNG KOPI

Selanjutnya supaya bisnis anda lebuh disukai oleh pengunjung agar kedai kopian anda ramai adalah dengan cara mendesain ruangan atau tempat usaha warung kopi anda. Tips ini bisa anda gunakan dengan cara memberikan variasi yang unik serta menarik.

Pengunjung atau komsumen selain menikamati rasa kopi yang enak juga bisa betah dan tidak bosan, karena mereka akan nyaman dengan beberapa desain ruangan yang indah serta unik.
6 Strategi Membuka Usaha Warung Kopi Sukses

Adapun beberapa ide mendesain ruangan tempat usaha bisnis kopian sebagi berikut :
  1. Memberikan lampu kelap kelip ataupun warna warni
  2. Menambahkan bangku dan meja untuk pelanggan dengan cara mendesain atau memberikan kenyamanan yang enak di tempati.
  3. Menambah dan memberikan gambar-gambar di tembok dengan simpel dan menawan.
  4. Menambahkan dan memasang Wifi gratis untuk pengunjung agar betah dan nyaman selain menikmati kopi.
  5. Menambahkan Tv dan Salon atau juga bisa menambahkan layar tancap lcd proyektor untuk Nobar(Nonton Bareng).
  6. Memberikan Suasana yang rindang dengan menambahkan Bunga-bunga serta tanaman alami di sekitar ruangan kopian.

6. MEMBERIKAN PELAYAN USAHA WARUNG KOPI

Jika semua cara diatas bisa anda coba dalam membuka usaha kopi maka selanjutnya anda bisa memberikan pelayanan yang sopan. Yang harus anda lakukan supaya pelanggan merasa diperhatikan adalah dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan sopan untuk pengunjung.

Pengunjung tidak akan betah dengan tempat anda walaupun tempat anda sudah terkesan bagus dan rasa kopi anda susah enak. Pengunjung merasa senang dan betah bila mereka merasa diperhatikan oleh pelayanan yang baik serta sopan.

Tidak hanya baik dan sopan pengunjung akan sangat senang jika anda memberikan pelayanan yang cepat supaya pengunjung akan lebih senang dengan pelayanan yang cepat.


 6 Cara Sukses Membuka Usaha Warung Kopi

Dalam hal ini maka anda harus memiliki dan mencari strategi supaya pelanggan merasa suka dengan pelayanan yang anda berikan dengan cara memeberikan pelayan dari seorang cewek atau perempuan yang cantik.

Abg dan anak muda sekarang model sekarang lebih suka pelayanan dibandingan rasa kopi. Maka dari itu anda bisa mencoba mencari perempuan cantik untuk bekerja dengan anda agar bisnia anda sukses dan lancar.

Penutup

Cara diatas memang saya katakan cara baru dan pastinya cara yang unik serta menarik bila anda membaca dan memanfaatkan ide yang saya berikan ini untuk membuka kedai kopi anda agar bisa menarik pengunjung berdatangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel