4 Tips Kerja Sampingan Sambil Kuliah Sampai Sukses

LulusSmk.com - Pelajar sekarang lebih mengutamakan pekerjaan untuk bekerja menjadi seorang karyawan dibandingkan bekerja menjadi seorang pebisnis sendiri. Pelajar yang telah lulus atau tamat dari Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan memilih mencari lowongan pekerjaan dipabrik swasta. Hal tersebut karena mereka belum mengenal manfaat keunggulan bisnis sendiri.

Bagi pelajar yang mampu untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya akan memilih melanjutkan kuliah. Hal ini memang diperlukan bagi pelajar yang memang bersungguh-sungguh mencari ilmu pendidikan untuk cita-cita di masa depan.


 4 Tips Kerja Sampingan Sambil Kuliah Sampai Sukses

Menjadi mahasiswa hanya untuk mencari gelar Sarjana sudah banyak dilakukan oleh keluarga yang mampu. Namun bagaimana untuk keluarga yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke universitas yang di idam-idamkan.

Nah bila anda adalah salah satu orang yang ingin melanjutkan sekolah kependidikan yang lebih tinggi, namun memiliki kendala soal keuangan yang dibutuhkan untuk membayar pendaftaran dan Spp kuliah, anda bisa melakukan tips-tips di bawah ini.

1. Memilih Kejuruan Kuliah

Dalam memilih jurusan tentunya sudah ada dalam minat dan keahlian yang ingin anda pelajari. Memilih jurusan tentu tidak asal-asalan, atau diluar jalan yang anda minati. Misalnya anda ingin menjadi seorang ahli komputer namun anda salah memilih dan mengambil jurusan lain. Hal tersebut akan membuat anda akan merasa bosan atau bingung saat dosen sedang memberi pelajaran yang diluar dari minat anda sendiri.

Nah untuk itu, sebelum anda mendaftar ke jenjang pendidikan teratas, tentukan terlebih dahulu bakat dan minat anda dalam memilih kejuruan kuliah. Disetiap kejuruan akan selalu berbada dalam mata pelajaran yang diajarkan oleh masing-masing dosen.  Dosen akan memberikan mata pelajaran dengan jalan dan tujuan yang tidak jauh berbeda dengan kejuruan yang anda pilih.


2. Mendaftar Kuliah Apapun Resikonya

Nah, kalau memang anda sangat menginginkan untuk melanjutkan kuliah maka lakukanlah selagi anda masih muda dan punya semangat yang tinggi. Masalah pembayaran memang sering menjadi halangan untuk pemuda-pemudi yang ingin kuliah. Hal tersebut membuat mereka menyerah dan memutuskan untuk selesai menjadi seorang pelajar.

Bagi lulusan SMA memang dianjurkan untuk melanjutkan ke pendidikan tertinggih yaitu kuliah. Hal tersebut memang menjadi prinsip bagi anak lulusan SMA dalam mencari karirnya. Berbeda dengan Pelajar SMK yang sudah dilatih dan diberi ilmu pendidikan untuk menjadi seorang yang berkarir dalam usaha dan bekerja. Pelajar SMK memiliki bakat karena dalam prinsipnya ingin menjadi seorang yang berkarir dibidang kejuruan yang sudah dipelajarinya.

Nah bagi anak lulusan SMA memang hal yang sudah wajar untuk melanjutkan kuliah. Untuk itu hal tersebut menjadi patokan utama dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan teratas. Apabila anda tidak punya biaya untuk meneruskan kuliah, hal yang harus anda lakukan adalah mencari ide dan cara supaya bisa kuliah.

Bertekat adalah satu kunci utama jika anda menginginkan kuliah. Resiko kuliah memang besar, namun apabila anda memang niat dan bersungguh-sungguh, segala resiko bisa anda hadapi dengan mudah.

3. Jalankan Kuliah Sambil Bekerja Sampingan

Tidak ada yang sulit dalam mencari penghasilan dalam memenuhi kebutuhan untuk biaya kuliah. Pendidikan adalah syarat paling utama jika anda ingin menjadi seorang yang sukses dimasa mendatang. Biaya untuk kuliah memang besar dan bisa sampai jutaan rupiah tergantung kejuruan dan universitas yang dipilih. Dalam memenuhi biaya tersebut tentu saja anda harus berusaha keras.

Biaya kuliah bisa anda cari sambil anda bekerja kepada orang lain atau berbisnis sendiri. Pekerjaan yang bisa anda jalankan tentu saja harus paruh waktu(part time). Hal tersebut karena anda adalah seorang mahasiswa yang punya kewajiban utama dalam belajar dan pekerjaan adalah hal nomer 2.

Pekerjaan yang bisa anda jalankan sambil kuliah yaitu kerja sampingan yang bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari 8 jam. Banyak kerja sampingan yang bisa anda cari di situs info loker update. Anda bisa mencari lowongan kerja di area tempat anda tinggal atau tempat yang dekat dengan universitas anda.

Bila anda tidak mampu membagi waktu untuk bekerja kepada orang lain, anda bisa melakukan hal yang kedua dengan syarat, anda harus punya modal.  Modal tersebut digunakan untuk bisnis dalam memenuhi kebutuhan biaya kuliah. Bisnis adalah cara paling dicari oleh banyak mahasiswa. Bisnis yang bisa dijalankan sambil kuliah yaitu Bisnis Online Shop. Anda bisa memulai berjualan Online Shop dengan modal seadanya.

Banyak Ide barang atau produk yang bisa dijual belikan dengan cara Online. Jika anda seorang mahasiswa Wanita tentu akan memilih ide berjualan fashion wanita yang sedang trend sekarang. Anda bisa menjual dan mempromosiakan barang jualan anda ke situs media sosial seperti facebook atau twitter. Anda juga bisa menjualnya di berbagai toko online Marketplace terpercaya di Indonesia seperti Bukapak dan Tokopedia.

4. Pertahankan Kuliah Anda

Nah dalam memepertahankan inilah yang paling sulit, karena bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah, akan merasakan bahwa dia akan selalu berpikiran dan memutuskan untuk berhenti kuliah. Hal tersebut karena mereka tidak punya pendirian dalam semangat kuliah dan memilih berputus asa.

Bagi anda yang punya semangat tinggi dalam mencari ilmu di universitas yang saat ini anda jalankan, maka lakukan hal-hal yang membuat anda selalu betah dan ingin terus mempertahankan kuliah anda. Hal yang harus anda lakukan adalah selalu berpikiran positif, punya angan-angan ingin sukses dimasa mendatang, berdoa dan selalu berusaha untuk mempertahankan kuliah.

Seorang mahasiswa yang punya kengingan untuk menjadi orang besar dikemudian hari, selalu berusaha apapun resiko yang akan menimpanya. Pertahankan dan terus belajar mencari ilmu menjadi prinsip paling utama. Jangan ragu-ragu sharing atau curhat tentang masalah anda kepada keluarga dan sahabat-sahabat terdekat anda. Setiap masalah, entah itu masalah ekonomi ataupun masalah pelajaran, akan selalu ada jalan keluarnya.


Penutup

Itulah beberapa Tips supaya anda bisa sukses dan bisa kuliah bagi keluarga yang kurang mampu. Masalah ekonomi menjadi halangan bagi seorang yang punya keinginan untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Tetapi semua itu perlu proses, yang perlu anda lakukan adalah selalu mencari solusi apapun kekurangan yang menjadi faktor halangan yang membuat anda tidak mau kuliah.

Setiap ide dan tips diatas akan membuat anda supaya bisa semangat untuk kuliah dengan beban yang anda miliki sekarang. Baik tidaknya tips dan solusi diatas, saya disini cuma sharing dengan kemampuan saya sendiri. Nasib seseorang tergantung dari orang itu sendiri dalam memilih jalannya.

Trimakasih telah berkunjung ke situs kami yang beralamat LULUSSMK.COM, semoga apa yang saya posting disini, bisa menjadi ide dan masukan yang akan mendorong anda untuk selalu semangat dalam meraih mimpi anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Kerja Sampingan Sambil Kuliah Sampai Sukses"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel